10 Alat Masak Listrik untuk Anak Kos, Hidup Makin Mudah

Hidup yang serba simple adalah impian anak kos. Itulah mengapa, alat masak listrik hadir agar kamu bisa memasak dengan mudah, cepat, dan nyaman.

10 Alat Masak Listrik untuk Anak Kos, Hidup Makin Mudah
Image Source: Freepik

Salah satu tantangan menjadi anak kos yang hidup mandiri dan jauh dari keluarga adalah memasak. Waktu dan ruang yang terbatas acapkali membuat anak kos mencari cara yang lebih efisien dan praktis untuk menyiapkan makanan sehari-hari seperti membeli makanan.

Padahal cara yang dianggap efisien tersebut nyatanya bisa sangat menguras kantong. Nah, untuk kamu yang ingin menghemat namun tetap bisa makan makanan enak, sebenarnya bisa membuatnya sendiri di kamar kos.

Tidak perlu khawatir repot akan segala peralatan yang besar dan banyak, kamu bisa menggunakan alat masak listrik untuk mengolah dan menyajikan hidangan lezat serta sehat tanpa perlu menghabiskan banyak waktu plus energi.

Rekomendasi Alat Masak Listrik

Kamu yang tertarik untuk coba masak sendiri di rumah dan ingin mencari referensi alat masak apa saja yang bisa digunakan di tempat kos, gak ada salahnya untuk simak ulasan alat-alat masak listrik di bawah ini. Dijamin hidupmu akan lebih mudah dan menyenangkan sebagai anak kos.

1. Rice Cooker: Sahabat Sejati Anak Kos

Rice Cooker: Sahabat Sejati Anak Kos
Image Source: JakartaNotebook

Salah satu alat masak listrik yang praktis serta serbaguna adalah rice cooker atau pemasak nasi. Mudah digunakan serata dibersihkan, kamu bisa memasak berbagai jenis nasi beserta lauk pauk lainnya dengan mudah tanpa harus terjebak di dapur selama berjam-jam.

Beberapa rice cooker modern, seperti Rice Cooker dari Jiashi bahkan dilengkapi dengan fitur tambahan di mana kamu bisa bereksperimen untuk memasak sup, bubur, dan lain-lain. Hemat watu dan juga energi, kamu dapat melakukan kegiatan lainnya selama rice cooker bekerja

Harga terjangkau dan tersedia dalam berbagai ukuran, menjadikan rice cooker primadona untuk urusan dapur. Jadi, pastikan kamu memasukkan rice cooker dalam daftar belanja saat mempersiapkan peralatan untuk hidup mandiri sebagai anak kos, ya!

2. Teko Elektrik: Air Panas dalam Sekejap

Teko Elektrik: Air Panas dalam Sekejap
Image Source: JakartaNotebook

Memiliki teko elektrik untuk anak kos merupakan bentuk investasi kecil yang sangat berharga. Mengapa? Karena kamu bisa membuat teh, kopi instan, mie instan, atau minuman panas lainnya tanpa harus menunggu lama dengan teko elektrik.

Penggunaan teko elektrik cukup mudah, kamu hanya perlu menambahkan air ke dalam teko, menyalakan tombol daya, dan dalam hitungan menit air panas telah tersaji.

Sebagai alat multifungsi, teko elektrik juga bisa digunakan untuk memanaskan susu hingga membuat sup instant, lho. Selain hemat energi dan juga biaya listrik, teko elektrik biasanya juga dilengkapi dengan fitur keamanan seperti mati otomatis setelah air mendidih atau perlindungan dari kekeringan.

3. Panci Listrik: Buat Aneka Hidangan Tanpa Ribet

Panci Listrik
Image Source: JakartaNotebook

Dibandingkan memasak menggunakan kompor gas konvensional, panci listrik adalah solusi untuk kamu yang ingin memasak berbagai hidangan secara praktis dan juga serbaguna, terutama jika ruangan kosmu terbatas atau tidak memiliki area dapur.

Alat masak listrik yang satu ini dapat digunakan sangat mudah, kamu hanya perlu menghubungkan kabel daya ke stopkontak, menekan tombol operasi, dan memasukkan bahan masakan ke dalam panci untuk mulai proses memasak.

Beberapa panci listrik biasanya dilengkapi dengan pengatur suhu yang bisa diatur, sehingga kamu bisa memasak tumisan, sup, hingga gorengan dengan nyaman dan mudah. Alat serbaguna ini cocok dimiliki anak kos karena ukurannya yang kompak sehingga mudah disimpan ketika tidak digunakan.

TaffHOME Lemari Plastik DIY Multifungsi Wardrobe Storage Box 6 Pintu - LBXJ019 - Black - JakartaNotebook.com
TaffHOME Lemari Plastik DIY Multifungsi Wardrobe Storage Box 6 Pintu - LBXJ019 termurah. Dapatkan dengan mudah TaffHOME Lemari Plastik DIY Multifungsi Wardrobe Storage Box 6 Pintu - LBXJ019 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

4. Blender: Kreasi Minuman dan Makanan

Blender
Image Source: JakartaNotebook

Selain buat kantong boncos, jus atau smoothie yang kamu beli di luar sana belum tentu sehat karena kandungan gula di dalamnya. Sebuah solusi untuk anak kos agar bisa menikmati minuman segar dengan sehat adalah dengan memiliki blender.

Mudah digunakan, dibersihkan, dan tentu memiliki harga yang terjangkau, blender menjadi alat listrik krusial yang perlu dimiliki oleh anak kos untuk menghasilkan hidangan yang praktis, efisien, dan juga cepat tanpa mengubah nutrisi dalam kandungan bahan yang digunakan.

5. Air Fryer: Masak Apapun dengan Sehat

 Air Fryer: Masak Apapun dengan Sehat
Image Source: JakartaNotebook

Anak kos yang hidup mandiri dan sering sibuk pasti mencari solusi praktis untuk urusan masak. Nah, alat masak listrik yang satu ini bisa menjadi jawaban karena menawarkan beberapa keunggulan.

Dibandingkan menggoreng biasa, air fryer menggunakan aliran udara panas berkecepatan tinggi untuk memasak makanan. Ini meminimalkan penggunaan minyak, sehingga makanan jadi lebih rendah lemak dan kalori. Bagi anak kos yang sadar kesehatan dan ingin berhemat, ini tentunya nilai plus.

6. Grinder Elektrik: Haluskan Bahan Masakan

Grinder Elektrik:  Haluskan Bahan Masakan
Image Source: JakartaNotebook

Bumbu bubuk di pasaran terkadang terlalu halus atau terlalu kasar. Alih-alih memberi bumbu bubuk, Anda bisa menggunakan grinder elektrik, seperti grinder multifungsi dari Vladdin ini.

Dengan grinder elektrik, Anda bisa menghaluskan ketumbar hingga biji kopi. Membeli bubuk kopi yang belum dihaluskan juga lebih ekonomis. Anda juga bisa mengatur tingkat kehalusannya sesuai kebutuhan menu masakan.

7. Mini Chopper: Tak Perlu Mengulek Lagi

Mini Chopper: Tak Perlu Mengulek Lagi
Image Source: JakartaNotebook

Mencacah bahan masakan kin jadi lebih mudah dengan mini chopper. Meski berukuran mini, alat masak listrik inilah yang akan membantu para anak kos untuk mengolah berbagai masakan.

Anda bisa mencacah daging, sayur, dan lain sebagainya dengan mudah. Tak perlu lagi melakukannya secara manual menggunakan tangan. Mini chopper juga akan membantu Anda menghasilkan potongan yang merata.

8. Vacuum Sealer: Makin Awet Makin Hemat

Bahan makanan yang cepat membusuk bisa membuat kantong kita kering. Itulah mengapa Anda membutuhkan vacuum sealer agar bahan makanan dapat disimpan dengan lebih lama.

Vacuum sealer, seperti merk Taffware memiliki kemampuan untuk menghilangkan udara untuk menekan pertumbuhan jamur dan bakteri. Bahan makanan pun jadi jauh lebih awet untuk digunakan di kemudian hari.

9. Kompor Listrik: Solusi Masak Praktis

Image Source: JakartaNotebook

Beberapa tempat kos tidak memiliki akses atau fasilitas dapur untuk memasak. Bahkan di antaranya tidak memberikan izin untuk menggunakan kompor konvensional di kamar kos.

Lalu bagaimana jika kamu ingin memasak tetapi tidak menggunakan kompor konvensional? Kompor listrik adalah jawabannya.

Kompor listrik merupakan alternatif yang praktis dan aman, terutama untuk kamu yang ingin memasak di ruangan terbatas seperti kamar kos. Aman digunakan karena tidak melibatkan nyala api langsung, kompor listrik bisa digunakan dengan nyaman karena adanya pengatur suhu yang bisa diatur.

Dibandingkan kompor konvensional yang menggunakan gas, kompor listrik lebih hemat energi karena tidak ada panas yang terbuang sehingga pengeluaran bulananmu lebih hemat.

PDQ Humidifier Aromatherapy Oil Diffuser Double Spray 3.3L - K7 - Pink - JakartaNotebook.com
PDQ Humidifier Aromatherapy Oil Diffuser Double Spray 3.3L - K7 termurah. Dapatkan dengan mudah PDQ Humidifier Aromatherapy Oil Diffuser Double Spray 3.3L - K7 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

10. Kulkas Kecil

Kulkas Kecil
Image Source: JakartaNotebook

Meski kulkas bukanlah alat masak dalam arti tradisional, namun memiliki kulkas kecil atau lemari pendingin merupakan suatu keharusan bagi anak kos. Kamu bisa menyimpan dan menjaga bahan-bahan masakan mulai dari sayur, daging, hingga buah-buahan agar tetap segar.

Kamu juga bisa menyimpan minuman dingin seperti air, jus, atau minuman ringan lainnya di kulkas. Kehadiran kulkas kecil turut membantumu mengorganisir makanan serta minuman, sehingga kamar kos lebih rapi dan bersih.

Itulah beberapa alat masak listrik yang cocok dan wajib masuk daftar barang yang perlu disiapkan oleh anak kos. Dengan alat-alat ini, hidupmu sebagai anak perantauan akan lebih nyaman, tenang, dan tentu menyenangkan.

Kamu tidak perlu mengkhawatirkan ruang untuk kompor atau biaya gas yang merepotkan sehingga lebih hemat. Jadi, tak perlu khawatir tentang masak-memasak yang rumit meski di kos.

Jika kamu butuh peralatan untuk menunjang kehidupan di perantauan dengan harga yang terjangkau dan berkualitas, seperti pengering sepatu, lemari, rak sepatu, kipas, dan lainnya bisa mendapatkannya JakartaNotebook.

Yuk, belanja sekarang!