8 Tradisi Kenaikan Isa Almasih yang Biasa Dilakukan Umat Kristiani

Penasaran apa saja yang dilakukan oleh umat Kristiani saat memperingati Kenaikan Isa Almasih? Yuk, intip 8 tradisi Kenaikan Isa Almasih berikut ini.

8 Tradisi Kenaikan Isa Almasih yang Biasa Dilakukan Umat Kristiani
Image Source: Pexels/SevenStorm JUHASZIMRUS

Hari kenaikan Isa Almasih 20204 jatuh pada Kamis, 9 Mei. Hari Kenaikan Isa Almasih atau Hari Kenaikan Yesus Kristus merupakan salah satu hari besar keagamaan yang dirayakan oleh umat Kristen dan Katolik.

Hari Kenaikan Isa Almasih adalah adalah peristiwa di mana Yesus Kristus atau Isa Almasih naik ke surga dalam wujudnya yang kekal, setelah kebangkitan-Nya dari kematian. Peristiwa ini diyakini oleh umat Kristen sebagai salah satu dari lima peristiwa penting dalam kehidupan Yesus.

Ada banyak tradisi Kenaikan Isa Almasih yang biasanya dilakukan oleh umat Kristiani untuk merayakan hari tersbut. Perayaannya biasanya dilakukan oleh keluarga atau kerabat dekat.

Lalu, apa saja tradisi Kenaikan Isa Almasih yang biasa dilakukan? Jika penasaran, yuk simak artikel di bawah ini.

8 Tradisi Kenaikan Isa Almasih

Jadi hari sakral yang dirayakan seluruh umat Kristen dan Katolik di seluruh dunia, berikut beberapa tradisi Kenaikan Isa Almasih:

1. Melakukan Misa di Gereja

Melakukan Misa dan Pelayanan di Gereja
Image Source: Pexels/cottonbro studio

Layaknya momen keagamaan lainnya, Kenaikan Isa Almasih dirayakan umat Kristen dan Katolik dengan mengadakan Misa di Gereja, Termasuk dalam kategori Hari Raya, Misa untuk merayakan peristiwa ini dibuat lebih meriah dengan nyanyian puji syukur.

Umat Kristiani akan melakukan Misa atau Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh pastor sebagai pemimpin dan umat yang berpartisipasi. Selain itu para pemuda juga melakukan pelayanan dengan doa bersama, menyanyikan lagu rohani, serta berdiskusi tentang makna peristiwa penting ini.

2. Puasa dan Penyangkalan Diri

Puasa dan Penyangkalan Diri
Image Source: Pexels/MART PRODUCTION

Tradisi selanjutnya yang sering dilakukan adalah dengan melakukan puasa dan penyangkalan diri. Kegiatan ini dilakukan sebagai refleksi spiritual untuk merenungkan makna kenaikan Kristus ke surga, keberadaan Roh Kudus dalam hidup orang percaya, dan panggilan untuk hidup yang kudus dan saleh.

3. Pelayanan di Gereja

Pelayanan di Gereja
Image Source: Pexels/RDNE Stock project

Pelayanan di gereja juga merupakan salah satu tradisi Kenaikan Isa Almasih. Yang dilakukan saat pelayanan adalah pengajaran Al-Kitab, khotbah, melakukan renungan dan doa, hingga menyanyikan lagu-lagu pujian yang berkaitan dengan kenaikan Yesus Kristus untuk memuliakan dan menghormati-Nya.

4. Pertunjukan Tari dan Drama

Pertunjukan Tari dan Drama
Image Source: TheGreatPassionPlay

Tradisi selanjutnya untuk memeriahkan Hari Kenaikan Isa Almasih adalah dengan adanya pertunjukan tarian dan drama di gereja. Pertunjukan ini dapat menggambarkan secara visual dan dramatis kisah tentang kenaikan Yesus Kristus ke surga setelah kebangkitan-Nya, serta pesan-pesan rohani yang terkandung dalam peristiwa tersebut.

Melalui gerakan tari dan dialog dramatis, pertunjukan ini dapat membawa pengalaman spiritual yang mendalam bagi para penonton, memperkuat iman mereka, dan menginspirasi umat Kristiani untuk meneladani teladan Kristus dalam kehidupan sehari-hari, seperti kesetiaan, pengorbanan, dan pelayanan kepada sesama.

5. Kegiatan Amal

Kegiatan Amal
Image Source: Pexels/RDNE Stock project

Tradisi Kenaikan Isa Almasih selanjutnya adalah melakukan kegiatan amal. Kegiatan amal biasanya dilakukan dengan mengunjungi rumah sakit, panti asuhan, panti jompo, dan memberikan bantuan makanan atau pakaian kepada mereka yang membutuhkan sebagai bentuk kasih dan solidaritas umat Kristiani.

6. Menyalakan Lilin

Menyalakan Lilin
Image Source: Pexels/Ronaldo R&K

Menyalakan lilin saat Hari Kenaikan Isa Almasih memiliki makna simbolis yang dalam. Kenaikan Isa Almasih merupakan peristiwa penting dalam kepercayaan Kristen yang menandai kemenangan Kristus atas kematian dan kenaikan-Nya ke surga. Menyalakan lilin dapat menjadi simbol kebangkitan dan kenaikan-Nya ke surga.

Faroot Candle Holder Kaca Tempat Lilin Romantic Dinner 10cm Model Gantung - F001 - Transparent - JakartaNotebook.com
Faroot Candle Holder Kaca Tempat Lilin Romantic Dinner 10cm Model Gantung - F001 termurah. Dapatkan dengan mudah Faroot Candle Holder Kaca Tempat Lilin Romantic Dinner 10cm Model Gantung - F001 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

7. Refleksi Roh Kudus

Refleksi Roh Kudus
Image Source: Pexels/cottonbro studio

Saat refleksi roh kudus pada hari Kenaikan Isa Almasih, umat Kristen biasanya melakukan meditasi atau kontemplasi tentang makna kenaikan Isa Almasih dan bagaimana hal itu memengaruhi iman dan kehidupan mereka. Selain itu, umat Kristiani juga membaca dan merenungkan ayat-ayat Alkitab yang berkaitan dengan kenaikan Isa Almasih dan peran Roh Kudus.

8. Makan Bersama

Makan Bersama
Image Source: Pexels/Julia M Cameron

Meski bukan termasuk rangkaian perayaan resmi, makan bersama setelah melakukan Misa dan pelayanan sudah jadi tradisi di Indonesia. Meski tidak semeriah hari besar lain, makan bersama merupakan tradisi Kenaikan Isa Almasih yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat dekat.

Umumnya makanan yang disajikan adalah makanan lokal khas Indonesia. Namun, kamu juga bisa melakukan kegiatan barbeque menggunakan alat panggang yang simple dan praktis di rumah.

Hari Kenaikan Isa Almasih merupakan waktu yang tepat untuk mendekatkan diri pada Yesus Kristus serta berkumpul bersama keluarga. Semoga di hari yang suci ini setiap langkah kita selalu diiringi kedamaian dan kesejahteraan.