Catat! 9 Perlengkapan Haji Wanita yang Wajib Dibawa

Jika kamu ingin pergi iabah ke tanah suci, jangan lupa untuk membawa perlengkapan haji wanita berikut ini.

Catat! 9 Perlengkapan Haji Wanita yang Wajib Dibawa
Image Source: ArabNews

Sebentar lagi akan memasuki waktu dimana umat muslim melakukan ibadah haji di tanah suci. Ibadah haji biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama, lebih lama dari ibadah umroh, untuk itu jemaah harus mempersiapkan mental dan fisik untuk pergi ke tanah suci.

Tak hanya mental dan fisik saja, perlengkapan haji juga harus dipersiapkam dengan matang agar ibadah haji bisa dilakukan dengan nyaman. Perlengkapan haji wanita dan pria tentunya berbeda satu sama lain, dan di artikel ini JakartaNotebook akan memberi informasi tentang apa saja perlengkapan haji wanita yang perlu dibawa.

9 Perlengkapan Haji Wanita yang Tak Boleh Ketinggalan

Agar ibadah haji dapat dilakukan dengan nyaman dari awal hingga akhir, ini dia daftar perlengkapan haji wanita yang harus dibawa saat berada di tanah suci.

1. Baju Ihram

Baju Ihram
Image Source: zamzam.com

Perlengkapan haji wanita yang tidak boleh ketinggalan tentunya adalah baju ihram. Kamu bisa meyiapkan baju ihram sebanyak 2 set, satu untuk yang langsung dipakai dan satu lagi untuk ganti. Mengenakan ihram merupakan syarat sahnya ibadah haji. Jamaah haji harus memakai ihram sebelum memasuki miqat, batas wilayah yang menandai dimulainya ihram.

Selain baju ihram, kamu juga harus menyiapkan pakaian lainnya seperti baju atasan non ihram, rok atau celana panjang, hijab, hingga jaket untuk mengantisipasi cuaca dingin.

2. Dokumen Penting

Dokumen Penting
Image Source: Pexels/Porapak Apichodilok

Perlengkapan yang satu ini tentunya tidak boleh ketinggalan, karena jika sampai tertinggal, kamu akan kesulitan atau bahkan tidak bisa ibadah ke tanah suci. Perlengkapan haji wanita selanjutnya yang harus dibawa adalah dokumen-dokumen penting seperti passport, SPMA (Surat Panggilan Masuk Asrama), buku panduan haji, bukti setor warna biru, dan buku kesehatan.

Agar mudah membawa passport dan dokumen penting lainnya, kamu bisa menggunakan passport kulit untuk memberikan kemudahan akses saat kamu mengurus berbagai dokumen. Jadi kamu tidak perlu mencari-carinya di tas.

3. Alas Kaki

Alas Kaki
Image Source: Pexels/Athena Sandrini

Karena di tanah suci kamu akan lebih banyak berjalan kaki, maka membawa alas kaki yang nyaman merupakan kunci untuk ibadah yang lancar. Kamu bisa menggunakan alas kaki paling nyaman yang kamu miliki. Direkomendasikan untuk menggunakan sandal gunung karena praktis dan kuat.

4. Obat-obatan

Obat-obatan
Image Source: Pexels/Pixabay

Kesehatan selama ibadah haji merupakan salah satu yang harus selalu diutamakan, untuk itu kamu jangan lupa untuk membawa obat-obatan, khususnya untuk kamu yang memiliki penyakit. Obat-obatan ini bisa kamu simpan di dalam kotak obat agar lebih praktis dan mudah dibawa ke mana saja.

Walaupun kamu tidak sakit, penting untuk membawa obat-obatan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

5. Tas Kecil

Tas Kecil
Image Source: Pexels/Richard Cascaes Figueiredo

Tak hanya koper dan tas besar, kamu juga membutuhkan tas kecil untuk dibawa dan menyimpan berbagai kebutuhanmu. Tas kecil bisa kamu manfaatkan untuk menyimpan ponsel, obat-obatan, tissue basah, dan lainnya. Tas kecil akan memudahkan kamu untuk mengakses berbagai barang yang kamu butuhkan dengan mudah.

6. Peralatan Mandi

Peralatan Mandi
Image Source: Pexels/Cup of Couple

Kemungkinan kamu akan mendapatkan berbagai perlengkapan mandi dari hotel tempat kamu menginap, namun jika kamu memiliki peralatan mandi khusus seperti sabun mandi atau shampoo, kamu wajib membawanya dari rumah. Agar lebih praktis, kamu bisa menggunakan travel toiletries.

Jika kamu juga ingin membawa berbagai make-up atau skincare, kamu juga bisa menggunakan tas make up untuk menyimpan berbagai kebutuhan skincare dalam satu wadah.

7. Pembalut dan Pantyliner

Pembalut dan Pantyliner
Image Source: Pexels/Karolina Grabowska

Siklus datang bulan wanita kerap kali tidak teratur, untuk itu pembalut merupakan perlengkapan haji wanita yang wajib untuk dibawa. Selain pembalut, kamu juga wajib membawa pantyliner untuk menjaga kebersihan saat beribadah agar lebih maksimal. Kamu bisa menyimpannya di tas kecil yang selalu kamu bawa agar selalu siap ketika kamu membutuhkannya.

8. Masker dan Kacamata Hitam

Masker dan Kacamata Hitam
Image Source: Pexels/lalesh aldarwish

Masker dan kacamata hitam perlu dibawa saat haji karena kondisi lingkungan yang mungkin berbeda dengan kondisi sehari-hari. Selama ibadah haji, jamaah akan berada di tengah-tengah kerumunan orang dari berbagai negara yang berbeda, sehingga risiko terpapar penyakit atau polusi udara dapat meningkat. Masker dapat membantu melindungi saluran pernapasan dari debu, polusi udara, atau penyebaran penyakit.

Selain itu, sinar matahari yang terik juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau kerusakan pada mata. Kacamata hitam dapat membantu melindungi mata dari sinar matahari langsung dan mengurangi efek silau, sehingga membuat perjalanan haji lebih nyaman.

9. Pelembap Bibir dan Sunscreen

Pelembap Bibir dan Sunscreen
Image Source: Pexels/Moose Photos

Udara di tanah suci yang lebih panas dari Indonesia kemungkinan akan membuat bibir menjadi kering dan kulit terbakar sinar matahari terik. Untuk menghindarinya, maka kamu juga harus membawa pelembab bibir dan sunscreen atau tabir surya. Tidak hanya sekali, tapi pelembap bibir tan sunscreen harus digunakan selama beberapa kali agar bibir tetap lembap dan kulit terlindungi dari sinar matahari yang terik.

Semua perlengkapan haji wanita di atas pastikan kamu bawa saat ingin pergi ke tanah suci ya. Bawa perlengkapan sekucupnya namun tetap bisa memenuhi semua kebutuhanmu selama di tanah suci.