4 Jenis Sendok dengan Fungsinya

Tahukah Anda bahwa setiap sendok memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda? Apa saja? Simak artikel berikut.

4 Jenis Sendok dengan Fungsinya
Image Source: freepik.com

Sendok merupakan salah satu alat makan yang sering digunakan oleh banyak orang. Sendok memiliki banyak bentuk dan ukuran serta fungsi yang berbeda-beda. Bentuk-bentuk ini bisa dibedakan berdasar besar kecilnya, panjang pendeknya bagian pegangan, maupun lebar sempitnya ujung sendok. Jika dilihat dari segi fungsi, sendok yang digunakan untuk menyantap soup tentu berbeda dengan yang digunakan untuk makan es krim, makan nasi, ataupun yang digunakan untuk menikmati minuman kopi atau teh. Berikut ini 4 jenis sendok dengan fungsinya.

1. Dinner Spoon

Image Source: JakartaNotebook

Merupakan sendok makan yang paling umum digunakan untuk menyantap hidangan nasi. Bagian ujung sendok berbentuk bulat lonjong dengan panjang rata-rata 18 cm dan pada umumnya terbuat dari bahan stainless steel. Ada banyak variasi dari jenis dinner spoon ini, khususnya pada bagian gagang sendok yang terdapat berbagai motif hiasan untuk mempercantik tampilan.

2. Soup Spoon

Image Source: JakartaNotebook

Soup spoon merupakan salah satu sendok yang dirancang untuk menikmati hidangan soup. Ujungnya berbentuk bulat dan lebih cekung, memiliki tangkai lebih pendek daripada dinner spoon, dan sebagian besar juga terbuat dari bahan stainless steel.

3. Tea Spoon

Image Source: JakartaNotebook

Sendok ini memiliki bentuk seperti dinner spoon namun ukurannya lebih kecil. Alat makan ini dibuat untuk menikmati berbagai minuman panas, misalnya minuman teh, kopi, kopi susu ataupun coklat.

4. Ice Cream Spoon

Image Source: JakartaNotebook

Sendok es krim merupakan salah satu alat makan yang digunakan untuk menikmati hidangan es krim. Sendok ini biasanya memiliki bentuk yang beragam, ada yang berbentuk bulat, datar, bahkan ada yang berbentuk menyerupai sekop pasir. Selain dari bentuknya yang beragam, sedok es krim ini juga memiliki banyak ragam bahan yang digunakan, mulai dari bahan stainless steel, bahan kayu (ice cream stick), maupun plastik.

***

Demikian beberapa insight baru tentang 4 jenis sendok umum dengan fungsinya. Semoga Anda dapat memilih sendok yang benar sesuai dengan penggunaan. Jika masih bingung, Anda juga dapat membeli set perlengkapan makan. Kunjungi JakartaNotebook untuk melihat jenis sendok lainnya dan dapatkan harga murah serta kualitas berkelas.