7 Penyebab AC Bocor & Cara Tepat Mengatasinya

Jadi masalah yang dihadapi banyak orang, berikut beberapa penyebab AC bocor dan cara mengatasinya yang wajib kamu ketahui!

7 Penyebab AC Bocor & Cara Tepat Mengatasinya
Image Source: Freepik

AC atau Air Conditioner merupakan salah satu senjata yang digunakan banyak orang untuk mengatasi panasnya iklim tropis di indonesia. Suhu yang hangat dan lembap seringkali membuat kita kesulitan beraktivitas. Kondisi ini semakin parah saat musim kemarau dimana suhu udara bisa mencapai 35 derajat Celcius.

Pentingnya alat elektronik satu ini membuat AC bocor jadi masalah yang umum ditemukan. Meski umum terjadi, tentu masalah ini sangat mengganggu, terutama untuk kamu yang banyak beraktivitas di dalam ruangan.

Bolehkah AC Bocor Dinyalakan?

Bolehkah AC Bocor Dinyalakan?
Image Source: Freepik

Saat mengalami masalah satu ini mungkin kamu bertanya

Bolehkah AC bocor dinyalakan?

Jawabannya tidak. AC yang bocor tidak bisa menghasilkan udara dingin sehingga saat dinyalakan alat ini hanya akan menghembuskan angin hangat yang membuat kondisi ruangan semakin panas.

Selain itu menyalakan AC saat sedang bocor juga bisa memperparah kerusakan di dalamnya. Maka lebih baik hindari menyalakan alat elektronik ini saat sedang bocor.

TaffHOME Cover Angin AC Adjustable Windshield Deflector - WB588 - White - JakartaNotebook.com
TaffHOME Cover Angin AC Adjustable Windshield Deflector - WB588 termurah. Dapatkan dengan mudah TaffHOME Cover Angin AC Adjustable Windshield Deflector - WB588 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Penyebab AC Bocor yang Sering Ditemui

Penyebab AC Bocor yang Sering Ditemui
Image Source: Freepik

Tinggal di negara tropis seperti Indonesia membuat kita tak bisa lepas dari AC. Agar tidak kelabakan saat melihat air menetes dari alat elektronik ini, berikut beberapa penyebab AC bocor yang sering ditemui.

1. Filter AC Kotor dan Tersumbat

Penyebab utama yang membuat AC bocor adalah filter kotor dan tersumbat. Berbeda dari kipas angin, bagian dalam AC dilengkapi filter untuk memastikan udara yang keluar tetap bersih.

Filter kotor dan tersumbat membuat aliran udara yang masuk dalam AC berkurang sehingga suhu evaporator turun dan membeku. Saat dimatikan, es pada bagian evaporator mencair dan tidak dapat ditampung oleh saluran pembuangan. Tambahan air inilah yang menyebabkan kebocoran.

2. Kompresor AC Rusak

AC tersusun dari berbagai bagian yang berfungsi untuk menghasilkan udara dingin, salah satunya kompresor. Kompresor bekerja dengan memompa freon ke seluruh bagian AC agar suhunya tetap dingin.

Saat kompresor rusak, suhu di dalam AC meningkat yang membuat aliran air di dalamnya terganggu. Aliran yang tidak lancar inilah yang menyebabkan air menetes keluar dari AC.

3. Saluran Pembuangan Berlumut

Digunakan sebagai alat untuk menyalurkan sisa air dalam dalam AC, saluran pembuangan biasanya dipasang pada tembok bagian dalam dan luar ruangan. Perbedaan suhu air dan udara disekitarnya membuat saluran pembuangan lembap dan jadi tempat yang tepat untuk lumut.

Jika pipa tidak rutin diganti, banyaknya lumut yang tumbuh pada saluran pembuangan dapat menyumbat dan membuat air dari dalam AC mencari sela atau celah lain agar bisa keluar.

4. Pemasangan yang Kurang Tepat

Pemasangan yang salah atau kurang tepat juga bisa jadi penyebab AC bocor. AC harus dipasang pada kemiringan tertentu agar air dapat mengalir ke saluran pembuangan dan bekerja dengan baik.

Namun beberapa orang mungkin belum mengetahui aturan tidak tertulis ini. Akibat air pembuangan luber dan keluar dari bagian samping atau bawah AC.

5. Koil Kondensor Rusak

Kondensor pada AC berfungsi untuk membuang udara panas serta mengubah freon dari gas menjadi cair. Jika komponen ini rusak, bisa dipastikan kebocoran tidak mungkin dihindari. Umumnya komponen ini rusak karena tersumbat debu atau kotoran lainnya.

6. Kebocoran Freon

Freon atau zat pendingin digunakan untuk mendinginkan udara yang berasal dari luar AC. Zat ini harus diubah menjadi cair terlebih dahulu agar bisa digunakan. Kebocoran pada freon membuat bagian dalam AC membeku dan angin yang dihasilkan panas.

Jika tidak segera ditangani, kondisi ini bisa membuat bongkahan es mencair yang jadi penyebab bocornya AC.

7. Tetesan Air di Celah AC

Kebocoran juga bisa disebabkan oleh adanya tetesan air yang keluar dari celah kecil pada AC. Kecilnya celah pada AC membuat banyak orang kesulitan menemukan sumber tetesan air ini. Masalah ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari enam hal yang sudah disebutkan di atas hingga aneka masalah lain pada AC.

Taffware HUMI Kipas Air Cooler USB Mini Air 7 Color LED Light - K-F009 - Black - JakartaNotebook.com
Taffware HUMI Kipas Air Cooler USB Mini Air 7 Color LED Light - K-F009 termurah. Dapatkan dengan mudah Taffware HUMI Kipas Air Cooler USB Mini Air 7 Color LED Light - K-F009 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Cara Mengatasi AC Bocor

Cara Mengatasi AC Bocor
Image Source: Pixabay

Jika sedang mengalami masalah ini, tak perlu panik karena ada beberapa cara mengatasi AC bocor yang bisa kamu lakukan.

  • Matikan AC dan cabut kabelnya dari sumber listrik. Cara ini dilakukan untuk menghentikan tetesan atau aliran air serta mencegah terjadinya arus pendek
  • Cari sumber air. Kamu bisa menggunakan senter atau alat bantu lain untuk memudahkan melihat celah sempit pada AC
  • Bersihkan filter AC yang sudah kotor atau tersumbat debu dan kotoran.
  • Ganti freon AC secara rutin
  • Bersihkan bagian dalam pipa dari lumut dan ganti secara berkala
  • Perbaiki kompresor AC agar suhu AC tetap terjaga
HOUSEEN Cover Angin AC Adjustable Air Conditioner Windshield Deflector - YH-JJ-80 - White - JakartaNotebook.com
HOUSEEN Cover Angin AC Adjustable Air Conditioner Windshield Deflector - YH-JJ-80 termurah. Dapatkan dengan mudah HOUSEEN Cover Angin AC Adjustable Air Conditioner Windshield Deflector - YH-JJ-80 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

AC bocor tidak hanya membuat kita repot dengan membersihkan tetesan airnya, tapi juga mengurangi produktivitas yang membuat pekerjaan menumpuk. Agar masalah ini tidak terulang, pastikan kamu rutin melakukan servis setiap 2-3 bulan sekali untuk mencegah kerusakan lainnya, ya!