Aksesoris Wajib Dimiliki Sobat Gowes

Tingkatkan keamanan bersepeda dengan melengkapi aksesoris pendukung. Bersepeda menjadi lebih aman dan nyaman di segala kondisi.

Aksesoris Wajib Dimiliki Sobat Gowes
Image Source: Unsplash

Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga yang mudah dan banyak manfaat. Dilansir dari berbagai sumber, bersepeda dapat menjaga kesehatan jantung, menurunkan resiko depresi, meningkatkan sistem imun tubuh dan juga meningkatkan kekuatan otot terutama otot kaki. Untuk membuat momen bersepeda kamu lebih menyenangkan dan lebih aman, ada baiknya kamu melengkapi sepeda dengan berbagai aksesoris di bawah ini.

1. Lampu Depan dan Belakang Sepeda

Image Source: JakartaNotebook

Bersepeda lebih aman dengan menambahkan aksesoris lampu depan dan belakang untuk sepeda, kegunaannya akan sangat terasa pada saat bersepeda di sore atau malam hari. Dengan menambahkan lampu depan kamu bisa lebih berhati-hati saat melintasi jalan yang minim pencahayaan. Lampu belakang juga membuat pengendara kendaraan lain lebih waspada akan keberadaan kamu di jalan.

2. Klakson/Bel Sepeda

Image Source: JakartaNotebook

Beberapa sepeda tidak dilengkapi dengan aksesoris peringatan seperti bel/klakson. Oleh karena itu kamu bisa menambahkan sendiri bel/klakson agar dapat memberikan tanda peringatan saat bersepeda. Aksesoris satu ini dapat membantu kamu saat melintasi area yang cukup ramai untuk memberikan tanda saat kamu akan melintas. Kamu dapat memilih klakson manual atau klakson elektronik sesuai dengan kebutuhan kamu.

3. Tas Sepeda

Image Source: JakartaNotebook

Tas sepeda ini dapat digunakan untuk membawa beberapa perlengkapan pada saat bersepeda, seperti obat-obatan P3K dan aksesoris lainnya yang mungkin berguna pada saat melakukan perjalanan dengan sepeda. Tas sepeda juga memiliki banyak model untuk ditempatkan di sepeda seperti di sadel, setang ataupun di rangka bodi sepeda.

4. Holder Botol Minum

Image Source: JakartaNotebook

Bersepeda dengan menempuh jarak yang jauh tentunya akan membuat kamu lelah. Kamu bisa mengembalikan energi yang terbuang setelah menggowes sepeda dengan minum air. Tentunya akan sangat merepotkan jika di sekitar area gowes tidak ada yang menjual air minum. Oleh karena itu, kamu bisa membawa sendiri botol minum dan diletakkan di holder botol sepeda pada rangka sepeda.

5. Helm Sepeda

Image Source: JakartaNotebook

Tidak ada yang tahu apa yang mungkin terjadi saat kamu sedang menggowes sepeda. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk selalu melindungi daerah-daerah penting pada tubuh kamu, salah satunya kepala. Kamu bisa melindungi kepala kamu dari benturan yang mungkin terjadi dengan menggunakan helm khusus sepeda. Selain memberikan keamanan, menggunakan helm sepeda juga dapat membuat tampilan kamu lebih keren.

***

Selain yang disebutkan di atas, kamu masih bisa menambahkan aksesoris sepeda lainnya sesuai dengan kebutuhan sehingga momen bersepeda kamu lebih aman dan nyaman. Menurut sobat gowes apalagi yang harus dibawa atau dilengkapi saat bersepeda?