Alasan Mengapa Emas Begitu Berharga

Seperti yang kita ketahui emang merupakan barang yang berharga. Namun apa alasannya? Berikut kami rangkum untuk Anda.

Alasan Mengapa Emas Begitu Berharga
Image Source: freepik.com

Emas merupakan logam yang paling banyak dicari dari sejak zaman dahulu. Sejak bertahun-tahun yang lalu, emas selalu diidentikan dengan konsep kekayaan. Bahwa ketika seseorang dianggap kaya, maka orang lain pasti akan melihat seberapa banyak emasnya.

Berharganya emas sebagai penyimpan nilai cenderung unik. Ini karena emas sendiri sebenarnya bukan termasuk logam yang sangat langka. Memang sekarang ini emas bukan lagi alat tukar yang efektif setelah adanya uang, namun masih banyak orang yang menganggap emas sebagai benda berharga setara bahkan lebih dari uang. Oleh karenanya, berikut ini alasan kenapa emas berharga.

1. Faktor Sejarah

Image Source: Pexels

Ribuan tahun silam, eksistensi emas sudah diakui di mana-mana. Emas menjadi alat bayar atau mata uang yang berlaku di seluruh dunia. Bahkan walau pada saat ini banyak mata uang di setiap negara, emas tetap punya nilai tersendiri.

2. Emas Tidak Dapat Diproduksi

Image Source: Pexels

Berbeda dengan uang yang bisa saja dicetak meski punya risiko tinggi yaitu terjadi inflasi atau mengikis nilai mata uang itu sendiri, emas merupakan aset yang tahan inflasi. Harganya pun dari waktu ke waktu cenderung naik. Bahkan saat krisis terjadi, emas sering dicari karena ketahanannya terhadap terjangan inflasi. Selain tak bisa diproduksi, hal yang bikin emas berharga karena ia sulit ditemukan. Hanya ada beberapa tambang emas di dunia yang jumlahnya bisa dihitung lewat jari.

3. Dapat Dipakai untuk Berbagai Bidang

Image Source: Pexels

Tidak hanya melambangkan kekayaan, tapi unsur emas juga menunjang banyak bidang dalam kehidupan. Contohnya dapat dipakai di bidang industri, bidang kesehatan, bidang elektronik, dan lain-lain. Emas bisa digunakan sebagai aksesori untuk mempercantik diri. Sudah disinggung di awal, bila emas adalah simbol kekayaan. Dengan menggunakan perhiasan emas, secara tak langsung Anda akan tampil lebih percaya diri dan meningkatkan gengsi di mata orang lain.

4. Sebagai Investasi

Image Source: Pexels

Emas jadi jenis investasi paling aman. Banyak pengamat mengemukakan, bila emas merupakan instrumen investasi yang minim risiko. Artinya jika berinvestasi emas, kerugian yang didapatkan peluangnya sangat kecil. Terlebih emas nilainya terus naik, sehingga jika investasi emas dilakukan secara konsisten Anda akan mendapatkan keuntungan.

Membeli emas sekarang jauh lebih mudah karena terdapat jenis digital sehingga dapat Anda pantau melalui smartphone Anda. Namun, untuk Anda yang masih mengumpulkan emas secara konvensional baik tipe batangan maupun perhiasan, alangkah baiknya menyimpan emas di tempat yang aman. Anda dapat menyimpan emas batangan pada kotak brankas yang memiliki daya tahan yang baik sehingga tidak mudah dirusak. Anda juga dapat menggunakan kotak perhiasan dan tempat gantungan perhiasan jika Anda ingin menaruh secara casual perhiasan agar mudah saat digunakan kembali.

***

Demikianlah beberapa insight yang mungkin saja menginspirasi Anda untuk mulai investasi pada emas. Setiap investasi tentu saja memiliki resiko namun jika Anda tidak memulai sedari dulu akan membuat Anda susah kedepannya.