5 Alasan Kenapa Kamu harus Denger Musik Tiap Hari !

Gimana sih hidup kamu kalau tanpa musik? Biasa aja atau kayak ada yang hilang? Yuk simak untuk tau manfaat apa aja sih yang kita peroleh dari mendengarkan musik?

5 Alasan Kenapa Kamu harus Denger Musik Tiap Hari !
“Life without Music is Unthinkable” - Leonard Bernstein
foto : ilustrasi

Emang ga terpikirkan banget ya kalau hidup tanpa musik.. Ada yang bisa?

Buat sebagian besar orang, hal pertama yang bakal dilakukan ketika patah hati untuk menghibur diri salah satunya ya.. dengerin musik. Terus hasilnya ya ngga lain dan ngga bukan antara makin mewek atau moodnya kembali membaik.

Kok bisa ya musik punya kekuatan seperti itu?

Ternyata musik memang mempunyai hal-hal tertentu di dalamnya yang sangat bermanfaat untuk manusia, khususnya kesehatan mental.

Yuk kita bahas satu per satu manfaatnya!

  1. Bikin Happy!

Bukan cuma bisa bikin kamu senyum-senyum sendiri. Dari hasil penelitian, musik ternyata memang bisa mempengaruhi otak kita dengan membantu produksi hormon dopamine (hormon yang bisa bikin kamu merasa gembira).

2. Memperkuat Ingatan

Jika kamu pernah menyaksikan film dokumenter “A Story Of Music & Memory”, kamu pasti mengetahui manfaat musik pada pasien yang menderita Alzheimer dan demensia (pikun). Para pasien tersebut diberi terapi musik, dan hasilnya mereka memiliki respons yang baik pada musik yang mereka dengar, khususnya musik yang mereka sukai. Selain itu, musik juga bisa membuat seseorang lebih pintar. Beberapa penelitian mengatakan kalau kamu memainkan musik klasik seperti Mozart, kamu bisa menjadi lebih pintar, khususnya kecerdasan verbal.

3. Menumbuhkan Semangat

Ketika kamu sedang berolahraga sambil mendengarkan musik yang bersemangat, kamu pasti terbawa bersemangat. Contohnya seorang pelari yang mendengarkan musik bertempo cepat pasti kecepatan lari mereka pun akan meningkat. Hal sebaliknya terjadi ketika mereka berlari dengan musik yang menenangkan atau tanpa musik sama sekali.

4. Mengurangi rasa lapar

Apa? Musik bisa membantumu mengurangi rasa lapar?

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Georgia Tech University, kalau kamu mendengar musik lembut di tempat yang redup cahayanya, kalori yang ada di tubuh kamu akan berkurang.

Jadi, kalau kamu ingin menurunkan berat badan, daripada pusing ikutan diet yang kadang-kadang nggak realistis dan membahayakan, mending olahraga sambil dengerin musik deh. Tapi ga instant ya!

5. Membantu Penyembuhan

Kamu pernah ga pas sakit terus berbaring sambil dengerin musik yang kamu suka? Entah mengapa memang setealh mendengarkan musik itu rasa akitnya jadi berkurang loh. Kok bisa? Ternyata musik juga membantu mengeluarkan hormon kortisol yang akan melawan efek dari stres bahkan membantu pasien yang menderita kanker dengan musik yang menenangkan.

Nah, buat kamu yang insomnia atau susah tidur juga, kamu bisa banget dengerin musik klasik sebelum tidur, pasti nyenyak deh!

Nah.. banyak banget kan guys manfaat musik. Apa kamu sudah pernah merasakan salah satu manfaatnya? Kalau belum, coba aja salah satu tips di atas dan buktikan sendiri. Selamat mencoba!

Untuk mendapatkan produk-produk musik dari JakartaNotebook, kamu bisa langsung klik ke sini ya!