3 Alasan Kenapa Kita Harus Memakai Seragam Sekolah

Kamu pernah nggak sih bertanya-tanya alasan kenapa kita harus memakai seragam sekolah? Yuk, temukan jawabannya di sini!

3 Alasan Kenapa Kita Harus Memakai Seragam Sekolah
Image Source: freepik

Untuk kamu dan sebagian besar anak-anak Indonesia, menggunakan seragam sekolah selama masa wajib belajar 12 tahun adalah suatu keharusan. Kamu pasti tidak asing dengan aktivitas membeli seragam baru di pasar atau koperasi sekolah.

Layaknya seragam pada umumnya, baju ini memiliki standar dan aksesoris wajib seperti topi, dasi, panjang kaos kaki, logo kemeja, hingga warna bawahan yang ditentukan berdasarkan tingkat sekolah dari SD, SMP, dan SMA.

Beberapa taman kanak-kanak pun menyeragamkan tas dan buku yang dibawa berdasarkan kurikulum dan standar yang sudah ditetapkan oleh sekolah atau yayasan.

Tapi, pernah nggak sih kamu bertanya kenapa kita harus menggunakan seragam saat sekolah?

Alasan Memakai Seragam Sekolah

Alasan Menggunakan Seragam Sekolah
Image Source: freepik

Meski sudah jadi pakaian wajib yang digunakan saat sekolah, mungkin masih banyak dari kita yang bertanya-tanya alasan kenapa kita harus memakai seragam sekolah.

Nyatanya, selain Indonesia, beberapa negara Asia lain, seperti Thailand, Korea Selatan, India dan Jepang juga masih mewajibkan penggunaan seragam sekolah, lho. Penasaran dengan jawabannya? Simak ulasan ini sampai akhir, ya!

1. Memangkas Waktu Bersiap

Setiap individu tentunya memiliki preferensi dan karakter yang ingin ditampilkan, salah satu caranya adalah lewat gaya berpakaian. Inilah yang menyebabkan banyak siswa menghabiskan banyak waktu untuk memutuskan pakaian apa yang akan dikenakan ke sekolah hari itu.

Penggunaan seragam akan memangkas waktu siswa untuk menyiapkan baju dan perlengkapan sekolah lainnya sehingga mereka tidak terlambat sampai ke sekolah. Adanya jadwal seragam yang jelas juga mencegah siswa saltum atau salah kostum karena sudah hafal dengan baju yang digunakan setiap harinya.

Zanjia Setrika Uap Genggam Garment Steamer Iron - GT-306LW - White - JakartaNotebook.com
Zanjia Setrika Uap Genggam Garment Steamer Iron - GT-306LW termurah. Dapatkan dengan mudah Zanjia Setrika Uap Genggam Garment Steamer Iron - GT-306LW murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

2. Meningkatkan Fokus Belajar

Tren pakaian yang silih berganti ditambah dengan media sosial tentu akan memberikan tekanan tambahan pada anak untuk terus tampak keren dan stylish, terutama jika mereka tertatik pada dunia mode dan fashion.

Mengizinkan siswa menggunakan pakaian pilihannya sendiri dapat mengurangi fokus saat belajar. Hal ini terjadi karena mereka lebih tertarik untuk mengikuti perkembangan tren daripada apa yang diajarkan di kelas. Selain itu, kebijakan ini juda dapat menimbulkan persaingan dan kesenjanganstatus sosial ekonomi.

Lain halnya jika sekolah mengharuskan siswanya menggunakan seragam. Meski terdengar sederhana, cara ini dapat menciptakan lingkungan berlajar yang kondusif sehingga mereka dapat berprestasi lebih baik secara akademis.

Konsentrasi siswa akan meningkatkan karena berkurangnya gangguan, seperti bagaimana penampilan mereka atau bagaimana orang lain melihat mereka. Tindakan perundungan pun dapat dicegah karena semua siswa menggunakan baju yang sama.

3. Memberikan Identitas

Dengan memakai seragam sekolah, identitas dan peran siswa dalam masyarakat atau kelompok akan lebih mudah dikenali. Perbedaan warna di tiap tingkatanny membantu masyarakat untuk mengontrol perilaku siswa di luar sekolah.

Adanya motif atau model seragam khas dari tiap sekolah juga membuat siswa lebih bertanggungjawab dalam bersikap dan melakukan berbagai aktivitas baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah.

Seragam biasanya menekankan tampilan smart look atau profesional. Selain itu, seragam pada tiap negara biasanya ditentukan sesuai dengan norma-norma kesopanan yang berlaku, seperti seragam sekolah di Indonesia yang mewajibkan penggunaan rok panjang.

Retractable Clothes Hanger Gantungan Baju Lipat - LD145 - White - JakartaNotebook.com
Retractable Clothes Hanger Gantungan Baju Lipat - LD145 termurah. Dapatkan dengan mudah Retractable Clothes Hanger Gantungan Baju Lipat - LD145 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Pro dan Kontra Memakai Seragam Sekolah

Pro dan Kontra Penggunaan Seragam Sekolah
Image Source: Pinterest

Tidak seperti karakter dalam kartun di mana murid sekolah seperti Nobita, Shizuka, Gian, dan Suneo yang bebas memilih pakaian sekolah, kita diwajibkan untuk menggunakan pakaian yang sama dengan teman-teman lainnya.

Meski sudah dijelaskan beberapa alasan kenapa kita harus memakai seragam sekolah, tapi pasti kamu pernah merasa iri dan membayangkan kalau bisa berangkat ke sekolah dengan baju bebas, bukan?

Sebenarnya, kebijakan ini memang selalu menjadi topik pembahasan yang menarik karena akan selalu ada pro dan kontra dari berbagai kalangan. Berikut beberapa pro dan kontra memakai seragam sekolah dari siswa dan orang tua.

1. Keamanan Anak

Keamanan Anak
Image Source: prostooleh

Banyak yang beranggapan kalau memakai baju seragam sekolah, anak menjadi lebih aman.

Hal ini karena seragam menunjukkan kesederhanaan dan tidak menampilkan materi, serta menunjukkan identitas sekolah dapat dengan mudah dikenali meski di tengah kerumunan orang sekali pun.

Namun, sisi kontra beranggapan bahwa penggunaan seragam justru dapat meningkatkan kemungkinan pelecehan dan tindakan kriminal pada anak karena dianggap sebagai pihak yang lemah.

2. Biaya yang Harus Dikeluarkan

Biaya yang Harus Dikeluarkan
Image Source: gpointstudio

Bagi mereka yang setuju untuk memakai seragam, menganggap bahwa dengan langkah ini dapat mengurangi pengeluaran karena harga seragam yang terjangkau dan tidak ada beban untuk menggunakan merek pakaian tertentu yang sedang tren.

Sementara yang menolak cara ini beranggapan bahwa adanya seragam bertentangan dengan pemikiran bahwa hak menerima pendidikan harus diberikan secara gratis.

Kebijakan seragam membuat beberapa keluarga harus mengeluarkan uang lebih untuk membeli model yang sesuai. Belum lagi jika harus membeli seragam baru setiap tahunnya. Selain itu, terdapat beberapa sekolah yang menerapkan standar khusus, seperti penggunaan logo, topi, dan dasi.

Hal ini diperparah karena adanya hukuman untuk siswa yang memakai baju seragam sekolah yang tidak sesuai dengan standar sekolah.

JD Smart Frog Gantungan Pengering Baju Dryer Hanger Laundry - KW-GYQ01C - White - JakartaNotebook.com
JD Smart Frog Gantungan Pengering Baju Dryer Hanger Laundry - KW-GYQ01C termurah. Dapatkan dengan mudah JD Smart Frog Gantungan Pengering Baju Dryer Hanger Laundry - KW-GYQ01C murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

3. Menghemat Waktu dan Tenaga Petugas Sekolah

Menghemat Waktu dan Tenaga Petugas Sekolah
Image Source: rawpixel.com

Pendukung kebijakan memakai seragam berpendapat jika cara ini bisa menjadi aturan resmi yang wajib dipatuhi sehingga menghemat waktu untuk melakukan pemeriksaan pada siswa.

Lain halnya dengan menggunakan pakaian bebas yang membuat petugas sekolah harus menghabiskan lebih banyak waktu untuk memeriksa kesesuaian model, kelengkapan, dan aksesoris baju yang digunakan dengan atuaran sekolah.

Siswa yang melanggar aturan berpakaian ini pun dapat menerima poin pelanggarana atau hukuman dari pihak sekolah.

Dengan menggunakan seragam, siswa dapat belajar dengan tenang dan fokus, serta mencegah tenaga sekolah membuang banyak waktu untuk melakukan pemeriksaan.

Alasan memakai seragam sekolah memang jadi hal yang menarik untuk dibahas. Meski banyak argumen yang meragukan kebijakan ini, tapi pada dasarnya penggunaan seragam tentu dilakukan untuk memudahkan semua pihak, termasuk orang tua.

Semoga artikel ini bisa menjawab rasa penasaran kamu, ya!