4 Alasan Motor Lebih Disukai Dibandingkan Mobil

Menggunakan mobil memang lebih nyaman, tapi nyatanya motor lebih disukai dibandingkan kendaraan mobil. Yuk, simak alasannya.

4 Alasan Motor Lebih Disukai Dibandingkan Mobil
Image Source: Freepik

Kemacetan sudah tidak dapat terhindarkan jika Anda hidup di kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Setiap harinya, Anda bisa menggunakan berbagai sarana transportasi untuk berkendara, salah satunya kendaraan umum.

Sayangnya banyak masih banyak kendala yang harus Anda hadapi saat menggunakan kendaraan umum, sehingga banyak orang yang menggunakan mobil sebagai kendaraan sehari-hari.

Meski lebih nyaman bukan berarti bepergian dengan mobil bebas dari masalah. Anda tetap bisa terjebak macet selama berjam-jam. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang beralih menggunakan motor untuk berkendara.

Alasan Motor Lebih Disukai oleh Banyak Orang

Motor dinilai lebih efisien untuk menyusuri padatnya jalanan, terutama di waktu-waktu macet seperti jam pulang kerja. Berikut adalah beberapa hal yang jadi alasan mengapa motor lebih disukai oleh banyak orang.

1. Mobilitas yang Lebih Efisien

Mobilitas yang Lebih Efisien
Image Source: Pexels

Motor umumnya hadir dengan ukuran yang lebih kecil daripada mobil. Modelnya yang ramping juga membuat kendaraan ini mampu menerjang macet dan melewati gang sempit tanpa khawatir lecet.

Selain itu, motor juga memerlukan ruang parkir yang lebih sedikit dan dapat diakses ke area yang lebih sulit dijangkau oleh mobil, sehingga Anda bisa lelbih leluasa saat memarkirkannya.

2. Konsumsi Bahan Bakar yang Irit

Konsumsi Bahan Bakar yang Irit
Image Source: Pexels

Dirancang agar lebih praktis digunakan motor dibekali dengan tangki bahan bakar yang lebih kecil sehingga Anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam saat berkendara.

Bahkan motor keluaran terbaru juga telah menggunakan berbagai teknologi eSP dan PGM-FI yang membuat peforma mesinnya lebih bertenaga serta lebih irit menggunakan bahan bakar.

3. Biaya Lebih Terjangkau

Biaya Lebih Terjangkau
Image Source: Pexels

Alan utama banyak orang lebih menyuaki motor dibandingkan mobil adalah biayanya yang lebih terjangkau.

Saat ini, harga mobil kelas menengah hampir 10 kali lebih mahal jika dibanding motor matic dengan kualitas terbaik. Perbedaan harga yang mencolok ini tentu membuat mayoritas orang lebih memilih menggunakan motor.

Selain itu, biaya perawatan, asuransi, serta pajak yang dibebankan juga jauh lebih rendah jika dibandingkan kendaraan roda empat, sehingga membuat motor jadi pilihan terbaik bagi banyak orang.

4. Fleksibilitas dalam Penggunaan

Fleksibilitas dalam Penggunaan
Image Source: Pexels

Jika berbicara tentang fleksibilitas, tentu motor juaranya. Kendaraan ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari transportasi sehari-hari hingga mengirim barang.

Bahkan Anda juga bisa memodifikasi motor dengan berbagai aksesoris agar makin garang dan bisa digunakan untuk touring dan offroad melintasi medan pegunungan yang ekstrim hingga jalanan pantai yang licin.

Meski lebih efisien, motor juga punya beberapa kekurangan, seperti sistam keamanan rendah, risiko kecelakaan lebih tinggi, dan kapasitas terbatas.

Oleh karenanya, pastikan Anda memakai perlengkapan yang lengkap agar tetap aman saat berkendara. Jika belum menemukan produk yang tepat, tak ada salahnya mengintip beberapa rekomendasi perlengkapan berkendara dari JakartaNotebook berikut:

TaffSPORT Sarung Tangan Motor Tactical Mechanix Off Road - XT07 - Black

Beli Sekarang

BYB Helm Motor Half Face Double Visor Helmet XL - BYB-730 - Black

Beli Sekarang

HEROBIKER Masker Motor Full Face Ala Ninja - HR45 - Black/Gray

Beli Sekarang

Caitemay Intercom Helm Motor Headset Helmet Bluetooth 5.0 1 PCS - E1 - Black

Beli Sekarang

Rhodey Pole Jas Hujan Motor L - T1 - Black

Beli Sekarang

Itu dia beberapa alasan mengapa motor lebih disukai dibandingkan mobil. Ukuran yang lebih kecil serta ramping membuat kendaraan ini lebih leluasa menyusuri berbagai jenis jalanan. Setelah membaca artikel ini apakah Anda tertarik beralih menggunakan motor?