Alat Workout di Rumah untuk Pemula: Nama dan Fungsinya

Workout menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilakukan untuk kesehatanmu di jangka panjang. Mulailah dengan melakukan kegiatan workout di rumah saja. Yuk, lakukan hidup sehat sebagai investasi di masa tua!

Alat Workout di Rumah untuk Pemula: Nama dan Fungsinya
Photo by Boxed Water Is Better / Unsplash

Belakangan ini, banyak orang yang memilih untuk berolahraga atau workout di rumah ketimbang pergi ke pusat olahraga. Beberapa alasannya bisa jadi karena tidak punya banyak waktu atau lebih nyaman berada di rumah semenjak pandemi melanda. Workout memang bisa dilakukan di mana saja. Terlebih banyak alat yang bisa digunakan untuk menunjang sesi workoutmu di rumah.

Sebelum membeli alat workout, kamu harus mempertimbangkan tujuanmu dalam melakukan workout. Misalnya, untuk mengurangi berat badan atau menambah massa otot di bagian tubuh tertentu. Agar lebih jelas, artikel ini akan membantumu memahami nama dan fungsi dari berbagai alat workout di rumah untuk pemula.

1. Tali Skipping

Image Source: JakartaNotebook

Skipping merupakan permainan masa kecil yang bisa dijadikan gerakan workout di rumah. Untuk menunjang gerakan workout ini, kamu bisa menggunakan alat yang biasa disebut dengan tali skipping atau jump rope. Gerakan skipping bisa melatih otot betis, paha, bokong, bisep, bahu, hingga otot perutmu.

Tidak hanya bertali, kamu bahkan bisa melakukan skipping dengan alat skipping cordless yang menggunakan pemberat sehingga tidak bersuara dan cocok digunakan di ruang sempit.

2. Resistance Band

Image Source: JakartaNotebook

Resistance band terkadang berbentuk pita ataupun tali. Meskipun terlihat sederhana, alat elastis ini memiliki berbagai manfaat yang mirip seperti dumbell. Dengan menariknya, kamu dapat melatih berbagai otot tergantung posisi penggunaan.

Resistance band memiliki berbagai macam model dan bentuk, untuk resistance band berbentuk pita kamu bisa gunakan untuk melatih otot paha. Sementara penggunaan resistance band berbentuk tali yang jauh lebih fleksibel, dapat kamu gunakan untuk mulai melatih otot dari tubuh atas hingga bawah.

3. AB Wheel Roller

Image Source: JakartaNotebook

Pejuang ABS tidak boleh melewatkan alat workout yang satu ini. Alat beroda dengan dua buah handle ini disebut AB wheel roller. Kamu dapat menggunakannya dengan gerakan maju-mundur untuk memperkuat otot perutmu.

Tidak hanya itu, saat menggunakan AB wheel woller, otot tangan, bahu, paha, serta punggung bawah juga ikut diperkuat. Dapatkan tubuh yang ideal dengan AB wheel roller.

4. Sit-Up Stand dan Bench

Image Source: JakartaNotebook

Gerakan sit-up terkenal dapat memperkuat otot abdomen atau perut. Beberapa orang mungkin kesulitan berkonsentrasi saat melakukan gerakan sit-up karena kaki yang ikut melayang-layang atau naik ke atas. Untuk mengatasinya, sit-up stand dapat digunakan sebagai penahan kaki.

Ada juga penahan yang dilengkapi dengan dudukan, yakni sit-up bench. Bagian dudukannya dibuat melengkung sehingga mampu memperbaiki postur tubuh saat melakukan gerakan sit-up.

5. Pull-Up Bar

Image Source: JakartaNotebook

Untuk menambah massa otot di bagian tangan dan punggung, gerakan pull-up dapat menjadi pilihan. Karena membutuhkan tumpuan yang kuat, gerakan pull-up biasanya dilakukan di pusat kebugaran.

Namun, kamu juga dapat melakukannya di rumah dengan menggunakan alat yang disebut pull-up bar. Tidak hanya berbentuk stand, ada juga pull up bar yang dipasang di antara daun pintu sehingga tidak menghabiskan banyak tempat.

6. Push-Up Stand

Image Source: JakartaNotebook

Saat melakukan gerakan push-up, tangan bisa saja tergelincir dan cedera. Untuk menghindari risiko tersebut, kamu bisa menggunakan alat workout yang disebut push-up stand. Alat ini berbentuk seperti handle yang biasanya dilengkapi lapisan bantalan.

Umumnya, alat ini dijual sepasang untuk tangan kanan dan kiri. Dengan push-up stand, gerakan push-up akan terstimulasi dan lebih stabil untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

7. Matras

Image Source: JakartaNotebook

Alat yang wajib dimiliki untuk menemanimu workout adalah matras. Matras adalah alas yang berfungsi untuk melindungi anggota tubuh dari kemungkinan cedera akibat benturan langsung dengan lantai.

Banyak matras yang dilengkapi dengan material anti selip sehingga cocok digunakan untuk gerakan-gerakan olahraga lantai agar lebih stabil. Bantalan pada matras juga membuatmu makin nyaman saat workout.

Mengetahui nama dan fungsi dari alat workout di rumah untuk pemula ini akan memudahkanmu memilih alat yang tepat. Kamu tentunya tidak wajib memiliki seluruh alat tersebut. Namun, beragam alat tersebut dirancang untuk membantu gerakan workout semakin efisien dan aman. Sangat cocok untuk kamu yang lebih suka berolahraga di rumah ketimbang pergi ke pusat kebugaran.