Hidroponik, Cara Modern Membudidayakan Tanaman

Hidroponik adalah metode budidaya tanaman yang tidak menggunakan tanah sebagai media tanamnya, melainkan menggunakan larutan nutrisi khusus.

Hidroponik, Cara Modern Membudidayakan Tanaman
Sumber: Freepik/Jcomp

Apakah kamu sedang penat dan stres karena tuntutan pekerjaan? Atau sedang merasa burnout karena aktivitas sehari-hari yang itu-itu saja dan terasa sangat membosankan?

Jangan khawatir! Kini, banyak metode yang dapat dilakukan untuk mengusir stres, mulai dari cara profesional, hingga yang paling sederhana. Salah satu cara sederhana tersebut adalah berkebun.

Berkebun dapat membantu mengusir stres sebab proses memegang tanah saat berkebun, dapat memicu pelepasan serotonin di otak. Hormon tersebutlah yang akan membuat perasaan lebih rileks dan bahagia.

Nah, kalau kamu ingin mencoba berkebun tetapi tidak memiliki lahan yang cukup di rumah atau di kosan, hidroponik adalah pilihan yang sangat tepat. Sebab hidroponik tidak perlu menggunakan media tanah. Menarik sekali bukan?

Sebelum memulainya, ada baiknya untuk mengetahui lebih dalam mengenai konsep, manfaat, dan jenis tanaman apa saja yang dapat ditanam dengan teknik hidroponik berikut ini, yuk!

Apa Itu Hidroponik?

Apa Itu Hidroponik
Sumber: Medical View Point

Hidroponik adalah sebuah metode budidaya tanaman yang tidak menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Sebaliknya, hidroponik menggunakan larutan nutrisi khusus yang diberikan langsung kepada akar tanaman.

Metode hidroponik memanfaatkan air sebagai media utama yang mengandung nutrisi esensial yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh. Nutrisi ini disesuaikan dengan kebutuhan tanaman, sehingga tanaman dapat tumbuh dengan optimal.

SPSCL Grow Light LED Full Spectrum Phytolamp EU Plug SMD 2835 265V 45W - BL-001 - No Color - JakartaNotebook.com
SPSCL Grow Light LED Full Spectrum Phytolamp EU Plug SMD 2835 265V 45W - BL-001 termurah. Dapatkan dengan mudah SPSCL Grow Light LED Full Spectrum Phytolamp EU Plug SMD 2835 265V 45W - BL-001 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Dalam sistem hidroponik, tanaman ditempatkan dalam wadah atau sistem yang dirancang khusus, seperti bak, pipa, atau wadah berlubang, di mana akar tanaman tersebut terendam dalam larutan nutrisi.

Menanam dengan teknik hidroponik merupakan cara yang ramah lingkungan sebab prosesnya menggunakan bahan-bahan alam dan tidak menggunakan pestisida yang berlebihan. Oleh karena prosesnya yang organik, sayur dan buah hasil budidaya hidroponik pun cenderung lebih sehat.

Hidroponik sangat cocok untuk daerah perkotaan atau lahan yang terbatas. Tanaman dapat ditanam di dalam ruangan, di atap, atau bahkan di dalam kontainer-kontainer yang disesuaikan.

Manfaat Hidroponik

Manfaat Hidroponik
Sumber: Carribean Insight

Hidroponik memiliki sejumlah manfaat, antara lain:

  1. Penggunaan air yang lebih efisien. Dalam sistem hidroponik, air dan nutrisi dialirkan langsung ke akar tanaman yang kemudian dapat dikumpulkan, disaring, dan digunakan kembali. Hal ini berarti air tidak terbuang begitu saja ke lingkungan.
  2. Pertumbuhan cepat. Tanaman hidroponik cenderung tumbuh lebih cepat sebab nutrisi dapat diatur secara tepat dan konsisten.
  3. Peningkatan hasil panen. Oleh karena kondisi lingkungan yang terkontrol dengan baik, hidroponik dapat menghasilkan panen yang lebih besar per unit luas jika dibandingkan dengan pertanian konvensional.
  4. Penggunaan ruang yang lebih efisien. Hidroponik dapat diterapkan di ruang terbatas seperti dalam ruangan, sehingga memungkinkan untuk menanam tanaman atau bertani di tempat-tempat yang tidak memiliki lahan yang cukup.
  5. Kontrol yang lebih baik terhadap penyakit dan hama. Dalam sistem hidroponik, risiko terkena penyakit dan terserang hama cenderung lebih rendah karena lingkungan tumbuh yang lebih steril dan terkontrol. Selain itu, budidaya yang dilakukan di dalam ruangan membuatnya terhindar dari serangan serangga dan burung.
  6. Tidak bergantung pada tanah. Tanaman hidroponik tidak bergantung pada kualitas tanah, sehingga dapat diterapkan di daerah dengan tanah yang tidak memiliki kualitas terlalu baik atau terkontaminasi.
  7. Pengurangan penggunaan pestisida. Lingkungan tumbuh yang lebih terkendali membuat tanaman hidroponik terhindar dari risiko serangan hama dan penyakit dapat diminimalkan. Hal ini tentu dapat mengurangi ketergantungan pada penggunaan pestisida dan pupuk kimia yang dapat mencemari tanah dan air tanah.
  8. Mengurangi dampak pemanasan global. Hidroponik dapat meminimalkan penggunaan energi dalam mengolah tanah, transportasi, dan penyimpanan, sehingga dapat mengurangi dampak pemanasan global.
  9. Kualitas produk yang lebih baik. Sistem hidroponik memungkinkan kontrol yang lebih baik terhadap pemberian nutrisi, sehingga hasil panennya seringkali lebih berkualitas dan konsisten.
  10. Potensi keuntungan ekonomi. Dengan produksi yang lebih efisien dan lebih cepat, hidroponik memiliki potensi untuk memberikan keuntungan ekonomi yang lebih besar kepada petani dan produsen makanan.
DQOK Grow Light LED USB Flexible Phytolamp 3 Color Spectrum 40W 5V 4 - LD7448 - Black - JakartaNotebook.com
DQOK Grow Light LED USB Flexible Phytolamp 3 Color Spectrum 40W 5V 4 - LD7448 termurah. Dapatkan dengan mudah DQOK Grow Light LED USB Flexible Phytolamp 3 Color Spectrum 40W 5V 4 - LD7448 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Meskipun hidroponik memiliki banyak manfaat, penting untuk diingat bahwa hidroponik tidak selamanya cocok untuk semua jenis tanaman dan semua kondisi lingkungan. Keberhasilan hidroponik tergantung pada pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang sistem tersebut.

Jenis Tanaman Hidroponik

Jenis Tanaman Hidroponik
Sumber: tsketch.in

Hidroponik dapat digunakan untuk menanam berbagai jenis tanaman, termasuk sayuran, buah-buahan, herba, dan bunga. Beberapa jenis tanaman yang sering ditanam dalam sistem hidroponik antara lain:

  1. Selada. Selada adalah salah satu tanaman hidroponik yang paling umum. Jenis-jenis seperti selada romaine, selada air, dan selada daun merah sering tumbuh dengan baik dalam sistem hidroponik.
  2. Tomat. Tomat juga merupakan tanaman buah yang populer dalam hidroponik. Varietas cherry dan anggur seringkali lebih cocok untuk pertumbuhan dalam wadah hidroponik.
  3. Peterseli, mint, dan herba lainnya. Herba seperti peterseli, mint, oregano, dan basil tumbuh sangat baik dalam sistem hidroponik. Mereka sering digunakan dalam masakan dan dapat tumbuh dengan cepat.
  4. Stroberi. Buah stroberi dapat ditanam dalam sistem hidroponik rakit apung atau dalam wadah yang sesuai.
  5. Bunga. Beberapa jenis bunga juga dapat ditanam dalam hidroponik antara lain bunga matahari, bunga pelargonium, dan bunga melati.
  6. Ketimun. Ketimun juga merupakan tanaman yang baik untuk hidroponik. Ketimun khususnya cocok untuk sistem vertikal karena mereka dapat merambat.
  7. Paprika dan Cabai. Paprika merah, hijau, dan kuning serta cabai juga dapat ditanam dalam hidroponik.
  8. Daun-daunan lainnya. Selain selada, tanaman seperti bayam, kangkung, dan daun bawang juga sering ditemukan dalam sistem hidroponik.

Perlu diingat bahwa setiap jenis tanaman memiliki persyaratan yang berbeda untuk nutrisi, cahaya, suhu, dan tingkat kelembapan. Oleh karena itu, penting untuk memahami kebutuhan lingkungan serta nutrisi jenis tanaman yang akan ditanam.

Nah, jika tertarik mencoba hidroponik di rumah, kamu tak boleh lupa menyiapkan alat berkebun yang cocok, seperti TDS, lampu tanaman, dan banyak lainnya yang pasti murahnya di JakartaNotebook.