Apa Itu Karang Taruna? Kenali Fungsi, Tujuan & Tugasnya

Jadi lembaga yang bermanfaat bagi anak muda, yuk, bahas tentang apa itu karang taruna! Kenali apa saja fungsi, tugas, dan tujuan lembaga satu ini.

Apa Itu Karang Taruna? Kenali Fungsi, Tujuan & Tugasnya
Image Source: Blogger/Desa Cibeet

Remaja merupakan salah satu kelompok yang sangat dibutuhkan dalam tatanan masyarakat. Memiliki semangat dan potensi yang tinggi, perlu adanya organisasi atau wadah khusus yang memungkinkan mereka mengembangkan kemampuannya.

Selain ekstrakurikuler dan organisasi di sekolah, kamu juga bisa mengikuti organisasi sosial lain untuk meningkatkan keterampilan berorganisasi dan bersosialisasi seperti karang taruna.

Berbeda dari organisasi yang ada di sekolah, karang taruna biasanya diikuti oleh pemuda pemudi dari wilayah tertentu dan bertanggung jawab untuk membantu meningkatkan kesejahteraan warga di wilayahnya.

Penasaran dengan organisasi sosial satu ini? Yuk, kenali lebih dekat apa itu karang taruna beserta fungsi, tugas, dan tujuannya.

Definisi Karang Taruna

Definisi Karang Taruna
Image Source: Tribun

Mengutip Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), karang taruna adalah tempat untuk berkumpulnya para pemuda.

Sedangkan jika merujuk pada Pasal 1 angka 14 Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 5 Tahun 2007 tentang Pedoman Penataan Lembaga Kemasyarakatan (Permendagri 5/2007), karang taruna adalah lembaga kemasyarakatan yang menjadi wadah pengembangan generasi muda, yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk masyarakat, terutama generasi muda di wilayah desa/kelurahan atau komunitas adat sederajat.

Dari kedua definisi ini, kita bisa memahami karang taruna merupakan lembaga atau organisasi tempat berkumpulnya generasi mudah yang bergerak di bidang kesejahteraan sosial. Seluruh kegiatan pada organisasi ini dilakukan berdasarkan kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial para anggotanya.

Yekee Kantong Plastik Sampah dengan Tali Disposable Bag 5 Roll - YK50 - Multi-Color - JakartaNotebook.com
Yekee Kantong Plastik Sampah dengan Tali Disposable Bag 5 Roll - YK50 termurah. Dapatkan dengan mudah Yekee Kantong Plastik Sampah dengan Tali Disposable Bag 5 Roll - YK50 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Anggota karang taruna terdiri dari pemuda dan pemudi mulai dari usia 11 hingga 40 tahun dengan pengurus berusia 17 hingga 35 tahun. Meski rentang usianya beragam, seluruh anggota organisasi memiliki hak dan kewajiban yang sama tanpa membedakan asal keturunan, suku, jenis kelamin, kedudukan sosial, dan agama.

Fungsi Karang Taruna

Fungsi Karang Taruna
Image Source: Tumpi.id

Menjadi sarana bagi para pemuda pemudi di suatu wilayah untuk berkembang, fungsi karang taruna meliputi banyak hal yang berfokus untuk meningkatkan kesejahteraan. Beberapa dungsi karang taruna, diantaranya:

  1. Sebagai penyelenggara terlaksananya usaha kesejahteraan sosial;
  2. Penyelenggara kegiatan pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat;
  3. Penyelenggara pemberdayaan masyarakat, terutama bagi generasi muda di lingkungannya, baik secara komprehensif, terpadu, terarah, dan berkesinambungan;
  4. Penyelenggara kegiatan dalam hal pengembangan jiwa kewirausahaan bagi generasi muda di lingkungannya;
  5. Penanaman pengertian, memupuk, dan meningkatkan kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial generasi muda;
  6. Penumbuhan dan pengembangan semangat kebersamaan, jiwa kekeluargaan, kesetiakawanan sosial, dan memperkuat nilai-nilai kearifan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI);
  7. Pemupukan kreativitas generasi muda untuk dapat mengembangkan tanggung jawab sosial yang bersifat rekreatif, kreatif, edukatif, ekonomis, produktif, dan kegiatan praktis lainnya dengan mendayagunakan segala sumber dan potensi kesejahteraan sosial di lingkungannya secara swadaya.
ISFRIDAY Cangkul Garu Garukan Tanah Gardening Rake Stainless Steel - ISF20 - Silver - JakartaNotebook.com
ISFRIDAY Cangkul Garu Garukan Tanah Gardening Rake Stainless Steel - ISF20 termurah. Dapatkan dengan mudah ISFRIDAY Cangkul Garu Garukan Tanah Gardening Rake Stainless Steel - ISF20 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Beberapa fungsi ini menunjukkan pentingnya karang taruna dalam membentuk generasi muda yang kreatif dan positif. Selain itu, eratnya rasa persaudaraan di dalamnya membuat setiap anggota organisasi ini lebih terbuka sehingga dapat mencegah munculnya berbagai perilaku buruk di kalangan remaja.

Tujuan Karang Taruna

Tujuan Karang Taruna
Image Source: Contohproposal.net

Dibuat sebagai organisasi sosial untuk membantu lingkungan di sekitarnya, berikut beberapa tujuan karang taruna menurut Permensos 77/HUK/2010 tentang Pedoman Dasar Karang Taruna yang harus kamu ketahui.

  • Pertumbuhan dan perkembangan setiap anggota masyarakat yang berkualitas, terampil, cerdas, inovatif, berkarakter, serta memiliki kesadaran dan tanggung jawab sosial dalam mencegah, menangkal, menanggulangi, dan mengantisipasi berbagai masalah kesejahteraan sosial, khususnya generasi muda;
  • Pengembangan usaha menuju kemandirian setiap anggota masyarakat, terutama generasi muda;
  • Pengembangan kemitraan yang menjamin peningkatan kemampuan dan potensi generasi muda secara terarah dan berkesinambungan;
  • Kualitas kesejahteraan sosial setiap anggota masyarakat, terutama generasi muda di desa/kelurahan secara terpadu, terarah, menyeluruh, dan berkelanjutan.

Berdasarkan uraian ini dapat disimpulkan bahwa tujuan karang taruna adalah untuk membantu memecahkan masalah dan mendidik generasi muda menjadi pribadi yang disiplin dan mandiri.

Tugas Karang Taruna

Jika dirangkum dari definisi, fungsi, dan tujuannya, tugas utama karang taruna adalah membantu membangun generasi muda yang berkualitas sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tentunya pelaksanaan tugas ini dibantu oleh pemerintah serta komponen masyarakat lainnya.

Semua kegiatan atau program yang dijalankan bersifat preventif, rehabilitatif, dan dapat mendukung perkembangan potensi generasi muda yang ada di lingkungan sekitar.

Kepengurusan Karang Taruna

Kepengurusan Karang Taruna
Image Source: Kementrian Sosial

Jadi salah satu organisasi pemuda yang memiliki banyak tanggung jawab. Karang taruna memerlukan struktur kepengurusan untuk memudahkan pembagian tugas antar anggota.

Berada pada tingkat desa, umumnya para pengurus karang taruna juga berasal dari pemuda dan pemudi dari desa atau kelurahan. Namun, kamu juga bisa menemukan pengurus organisasi ini pada tingkat kecamatan hingga nasional yang disatukan dalam Forum Karang Taruna (FKT).

Berbeda dari pengurus tingkat desa yang bertugas sebagai pelaksana, pengurus pada tingkat kecamatan hingga nasional bertugas untuk mengembangkan dan menguatkan koneksi antara karang taruna dan organisasi atau instansi lainnya.

Adapun fungsi yang diemban oleh Forum Karang Taruna, seperti:

  1. Penyelenggara kemitraan program dengan instansi sosial dan teknis;
  2. Penyelenggara mekanisme pengambilan keputusan organisasi;
  3. Pengelola sistem informasi dan komunikasi;
  4. Pemberdayaan, pengembang, dan penguat sistem jaringan kerjasama antara karang taruna dengan pihak lain yang terkait;
  5. Penyelenggara konsolidasi dan sosialisasi kebijakan;
  6. Penyelenggara koordinasi dan konsolidasi kegiatan penanggulangan permasalahan sosial, termasuk dengan unit teknis tersendiri;
  7. Pemelihara kesetiakawanan sosial, konsistensi, dan citra organisasi;
  8. Penyelenggara sistem dan koordinasi pengembangan SDM dan kaderisasi karang taruna;
  9. Penyelenggara sistem dan koordinasi pendampingan dan advokasi karang taruna;
  10. Penyelenggara sistem dan koordinasi pengembangan pelayanan kesejahteraan sosial dan kegiatan ekonomi.

Karang taruna berperan penting sebagai organisasi yang dapat mengembangkan keterampilan dan potensi generasi muda dalam lingkup desa. Selain fokus menjalankan tugasnya, bergabung dengan organisasi ini juga dapat memperluas pengetahuan di berbagai bidang.

Tentunya kamu juga bisa mendapatkan teman dan koneksi baru yang bermanfaat untuk kehidupanmu ke depan. Gimana? Tertarik bergabung dengan organisasi pemuda ini?