Apakah di Era Sekarang Kita Masih Butuh Flashdisk?

Untuk penyimpanan data, saat ini orang-orang lebih memilih menyimpannya secara online. Untuk itu, apakah flashdisk masih diperlukan?

Apakah di Era Sekarang Kita Masih Butuh Flashdisk?
Image Source: Unsplash

Flashdisk merupakan salah satu media penyimpanan populer jika kita berbicara 10 hingga 15 tahun lalu. Biasa digunakan untuk menyimpan data pribadi seperti tugas sekolah sampai pekerjaan. Jika dulu Anda merupakan pengguna setia flashdisk, maka Anda harus mengenal nama Dr. Fujio Masuoka, pria asal negara Jepang yang merupakan penemu flashdisk.

Beliau lah yang berjasa mengembangkan media penyimpanan berukuran portable tersebut. Apabila Anda tidak tahu, flashdisk pada saat itu tidak secanggih sekarang yang bisa menyimpan berbagai file dengan kapasitas penyimpanan mencapai ratusan gigabyte. Pasalnya, di awal kemunculannya, flashdisk hanya dapat menyimpan data maksimal 8 Mb dengan kecapatan transfer hanya mencapai 12 Mb/s. Tentu saja sangat lama bukan?

Ketika memasuki era seperti sekarang di mana terdapat media penyimpanan berbasis online seperti google drive, apakah flashdisk masih bisa dapat diandalkan? Jawabannya simak di bawah ini ya!

1. Dapat Menjadi Backup Data Penting

Image Source: Unsplash

Maraknya pembobolan data pribadi beberapa tahun belakangan membuat Anda harus berpikir dua kali untuk menyimpan data pekerjaan dan hal penting lainnya di google drive. Untuk itu, penggunaan flashdisk kami rasa masih penting terutama sebagai media untuk backup data penting guna berjaga-jaga jika laptop atau komputer Anda rusak.

2. Memiliki Ukuran yang Lebih Simpel

Image Source: Unsplash

Selain flashdisk, media penyimpanan data eksternal di era sekarang juga ada hard disk, yang memiliki ukuran lebih besar dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar juga. Namun, apabila Anda termasuk orang yang tidak mau repot dan cukup simpel, flashdisk tetap masih cocok untuk Anda karena memiliki ukuran minimalis.

Anda bisa membawa 2 sampai 3 flashdisk sekaligus untuk memisahkan antara data pribadi, data kerjaan dan data kuliah, dibanding menggunakan satu hard disk yang berisi tumpukan file, tentu saja akan lebih repot mencarinya.

3. Mudah Dibawa Bepergian dan Disimpan

Image Source: Unsplash

Sudah seyogyanya bahwa barang berukuran minimalis akan bersifat portabel yang dapat dengan mudah dibawa ke mana pun serta disimpan di dalam tas. Ketika Anda meeting dengan klien dan ingin memaparkan materi, Anda cukup membawa flashdisk saja.

Selain itu, Anda bisa menyimpan playlist favorit untuk dimainkan di mobil saat sedang melakukan perjalanan, dibanding mendengarkan radio atau memutar layanan musik streaming yang akan menghabiskan kuota.

4. Dapat Dibaca Langsung dari Smartphone

Image Source: Unsplash

Salah satu spesifikasi dari USB 2.0 atau generasi kedua adalah membuat perangkat smartphone dapat bertindak sebagai host master. Dengan kata lain Anda dapat membaca serta mengedit file langsung di smartphone. Untuk itu, Anda harus mencari flashdisk OTG. Hal ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang harus bekerja mobile dan diharuskan untuk mengedit file namun laptop kehabisan daya.

***

Kehadiran flashdisk sejak awal memang sudah banyak membantu kita dalam kegiatan sehari-hari. Perkembangan media penyimpanan pun makin beragam, canggih, serta fleksibel di luar besarnya kapasitas file atau data yang dapat disimpan. Dari keempat hal di atas, dapat dikatakan bahwa flashdisk masih memiliki peran di era sekarang meskipun tidak begitu vital seperti beberapa tahun lalu. Anda sendiri apakah masih menggunakan flashdisk?