Bagaimana Cara Membentuk Kelompok Belajar yang Tepat?

Belajar bersama teman jauh lebih seru dan menyenangkan. Yuk, buat kelompok belajar!

Bagaimana Cara Membentuk Kelompok Belajar yang Tepat?
Photo by Akson / Unsplash

Tahukah kamu apa saja keuntungan yang bisa kamu ambil dari belajar kelompok? Sebenarnya ada banyak keuntungan dari membentuk kelompok belajar. Selain lebih santai, kamu juga bisa mengenal teman-teman kamu lebih dekat. Namun, bagaimana cara membentuk kelompok belajar yang tepat?

Strategi Baru dalam Penguasaan Materi

Image Source: Freepik

Sadar atau tidak, setiap kelompok belajar memiliki metode tersendiri yang dianggap paling efektif. Semua ini tergantung dari siapa yang mengikuti kelompok belajar tersebut. Menurut jurnal yang dikeluarkan oleh Sandoval-Lucero (2012), sebuah kelompok belajar dapat memahami materi lebih mudah, memiliki niat lebih untuk belajar, serta mampu menemukan strategi yang tepat untuk menguasai materi belajar.

Ada banyak metode yang bisa kamu coba di setiap sesi belajar kelompok. Mulai dari hafalan, mentoring, merangkum, menjawab soal, dan masih banyak lagi. Semua tergantung kesepakatan dari kamu dan teman belajar kelompokmu. Pastikan juga kamu mencoba berbagai strategi hingga menemukan satu hal yang paling cocok.

Dengan strategi belajar yang tepat, kamu dan teman-temanmu akan memiliki motivasi lebih untuk menguasai materi. Motivasi lebih dan metode belajar yang tepat akan membuatmu semakin mudah untuk menguasai materi pembelajaran.

Lebih Seru dengan Teman

Image Source: Freepik

Belajar bersama teman-teman kamu pastinya jauh lebih seru dibandingkan dengan belajar di kelas. Kenapa? Jurnal dari Chiong & Jovanovic, 2012, mengungkapkan bahwa dukungan teman-teman saat belajar kelompok dapat memudahkan penguasaan materi belajar.

Belajar kelompok menjadi lebih seru dan menyenangkan karena kamu bisa bercanda dan melakukan interaksi sosial lainnya yang tidak bisa dilakukan saat belajar di kelas. Selain itu, kamu juga lebih leluasa untuk merespon, bertanya, serta menyanggah argumen saat sedang mendiskusikan materi.

Berbeda dengan belajar ditemani guru, kamu tidak perlu takut untuk dimarahi atau mendapatkan pengurangan nilai. Dengan proses belajar yang lebih luwes, maka proses penguasaan materi akan lebih mudah. Setiap orang di kelompok belajarmu akan berusaha untuk membantu satu sama lain.

Persiapan yang Matang

Image Source: Freepik

Walaupun belajar kelompok terkesan lebih menyenangkan, ada banyak persiapan yang harus kamu lakukan. Salah satu jurnal mengenai belajar kelompok yang dikeluarkan di University of Copenhagen, 2012, mengungkapkan bahwa persiapan yang matang sangat dibutuhkan untuk kegiatan belajar kelompok yang efektif. Lalu, apa saja yang harus kamu persiapkan?

Sebelum kamu membentuk kelompok belajar, pastikan kamu memiliki teman yang tertarik untuk melakukan belajar kelompok. Anggota kelompok belajarmu tidak harus teman-teman dekat. Kamu bisa mengajak siapa saja yang memang serius untuk belajar, serta ingin mempelajari materi yang relatif sama atau berkaitan.

Setelah anggota kelompok belajar terkumpul, kalian bisa menentukan waktu dan tempat. Saat menentukan tempat, usahakan pilih tempat yang nyaman untuk belajar. Perhatikan juga jarak yang harus kalian tempuh. Jangan lupa tentukan materi belajar yang ingin kamu bahas. Terakhir, pilihlah metode belajar yang cocok untuk kelompok belajarmu.

Tips Tambahan yang Bisa Kamu Lakukan

Image Source: Freepik

Ada beberapa kegiatan tambahan yang bisa membuat kegiatan belajarmu lebih efektif. Pertama, kamu bisa membawa buku catatan. Nantinya, catatan tersebut bisa dibandingkan dengan catatan teman belajar kelompok kamu.

Kedua, kamu bisa menyelipkan istirahat-istirahat kecil saat belajar. Waktu istirahat ini bisa kamu manfaatkan untuk makan, ke kamar kecil, ataupun bermain game. Dengan begitu, kamu bisa benar-benar memanfaatkan waktu belajar dengan maksimal. Selain itu, otak menjadi lebih fresh karena ada waktu istirahat.

Dan yang terakhir, kamu bisa melakukan review di akhir sesi belajar. Luangkan waktu setidaknya 15 menit untuk sesi ini. Pada sesi ini kamu bisa melakukan sesi tanya jawab. Dengan begitu, kamu akan memiliki pemahaman yang lebih baik lagi.

Nah, sekarang kamu paham kan, bagaimana cara membentuk kelompok belajar yang baik? Kamu bisa menggunakan tips-tips di atas untuk membentuk kelompok yang pas dengan kebutuhanmu.