Balisong, Sebuah Pisau Lipat yang Memiliki Segudang Trik Menarik

Apakah Anda tahu bahwa ada pisau yang biasanya digunakan untuk menampilkan trik. Penasaran pisau apa? Yuk simak artikel ini!

Balisong, Sebuah Pisau Lipat yang Memiliki Segudang Trik Menarik
Source Image: JakartaNotebook

Apabila Anda pernah bermain game FPS bertajuk Counter Strike: Global Offensive, pasti Anda familiar dengan pisau yang satu ini. Pisau ini dikenal dengan banyak nama, ada yang menyebutnya pisau kipas, butterfly knife atau pisau kupu-kupu, dan yang paling terkenal adalah balisong.

Selayaknya sebuah pisau, balisong sangat umum digunakan sebagai alat bela diri seperti pisau lipat pada umumnya. Karena memiliki bentuk yang minimalis dan ringkas sehingga dapat disimpan di saku celana. Balisong merupakan pisau dengan bentuk unik yang berasal dari Filipina. Karena memiliki dua gagang yang dapat berputar sehingga mampu menyembunyikan bilah pisau di dalamnya saat keadaan tertutup.

Secara sejarah memang banyak sumber yang meyakini bahwa pisau ini berasal dari Filipina, karena selain sebagai alat bela diri, balisong kerap digunakan sebagai pisau cukur sebelum pisau cukur konvensional berkembang di negara tersebut. Namun, ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa pisau lipat ini berasal dari Perancis antara tahun 1500 dan 1700, dengan alasan karena menyerupai alat ukur di negara tersebut yang bernama “Pied Du Roi” atau yang berarti kaki raja.

Di beberapa negara, pisau ini termasuk senjata ilegal dan dibatasi penggunaannya lantaran dikhawatirkan digunakan untuk tindakan kriminal atau semacamnya. Bahkan di negara asalnya pun, Filipina, pisau balisong sudah jarang ditemui.

Seiring berjalannya waktu, balisong banyak digunakan untuk estetika guna menjadi sebuah pertunjukan atau atraksi karena banyak trik yang dapat dilakukan dengan bermodalkan satu tangan saja. Trik yang biasa dilakukan adalah membuka dan menutup balisong secara cepat dengan satu tangan. Namun, trik ini sangat berisiko untuk dilakukan karena tangan dapat terluka apabila terkena bilah pisau.

Oleh karena itu, mereka yang ingin piawai menggunakan balisong biasanya menutup bilah pisaunya dengan isolasi saat memperdalam trik. KNIFEZER selaku brand yang memproduksi beragam jenis pisau juga memproduksi balisong khusus untuk trik.

Balisong training knife ini tidak memiliki bilah pisau yang tajam sehingga Anda dapat memperdalam trik tanpa takut terluka. Bahkan, ada juga yang berbentuk sisir. Selain dapat digunakan untuk belajar trik balisong, dapat digunakan juga untuk merapikan rambut, dan dapat Anda masukkan ke saku celana karena ukurannya yang kecil.

Balisong kini menjadi pisau yang beralih fungsi, dari alat bela diri menjadi alat atraksi. Kalau Anda sendiri bagaimana? Apakah tertarik untuk memiliki balisong dan mempelajari triknya?