Ban Tubeless vs Ban Biasa, Mana yang Lebih Untung?

Anda yang memiliki kendaraan apakah menggunakan ban tubeless atau ban biasa? Apa saja kelebihan dan kekurangan dari keduanya?

Ban Tubeless vs Ban Biasa, Mana yang Lebih Untung?
Image Source: Unsplash

Ban merupakan komponen penting saat berkendara. Hadir dengan merk yang beragam tentunya akan membuat Anda bingung memilih ban yang mana untuk kendaraan Anda. Terdapat dua tipe ban di pasar otomotif yaitu ban biasa atau tubetype dan ban tubeless. Sebelum menentukan ban mana yang ingin digunakan, ada baiknya Anda mengetahui perbedaan keduanya.

Berikut JakartaNotebook rangkum beberapa aspek dari keduanya.

1. Harga Ban

Perbedaan yang pertama adalah harga. Ban tubeless diketahui lebih mahal daripada versi biasa. Meski lebih mahal, ada berbagai keuntungan yang bisa dirasakan. Ban tubeless hanya perlu diganti jika sudah menipis. Jika tertancap benda tajam seperti paku, Anda bisa melakukan penambalan sendiri dengan cepat menggunakan lem khusus. Hal tersebut berbanding terbalik dengan ban biasa yang jika sudah tertusuk benda tajam akan langsung bocor dan harus dibawa ke tukang tambal ban.

2. Material Ban

Kedua jenis ban ini sama-sama menggunakan material karet. Namun, ban tubeless memiliki lapisan fluid sealant yang mempertahankan kerapatan ban. Sementara itu ban biasa menggunakan ban dalam atau inner tube. Fluid sealant dinilai bagus untuk membuat ban tubeless tidak mudah bocor karena secara otomatis akan merapatkan bagian yang terkena benda tajam.

3. Komponen Ban

Komponen ban tubeless hanya terdiri dari ban dan velg saja. Namun untuk ban biasa jauh lebih banyak. Ada komponen ban dalam, velg, ban luar, flap, hingga lock ring. Versi tubeless memang lebih simpel, namun tetap modern karena didukung lapisan fluid sealant sebagai pengganti ban dalam.

4. Daya Tahan Ban

Dengan jargon anti bocor yang dimiliki ban tubeless membuatnya lebih kuat dari sisi daya tahan. Karakter ban tubeless lebih kokoh hingga cocok untuk berbagai jenis medan jalan. Namun, ada perbedaan yang kali ini membuat ban biasa terlihat lebih unggul. Ban biasa lebih mampu meredam berbagai jenis getaran karena ada tambahan bantalan dari ban dalam.

5. Kenyamanan Ban

Ban biasa dengan tekanan yang keras tetap mampu membawa rasa nyaman selama berkendara. Ini berbeda dengan ban tubeless yang apabila terlalu banyak tekanan angin akan menjadi sangat tidak nyaman. Begitu pula ketika melewati jalanan yang basah dan licin karena hujan.

6. Kebocoran Ban

Perbedaan ban tubeless dan ban biasa juga ada dari sisi kebocoran. Jika ban tubeless tertancap benda tajam, Anda tinggal melepaskannya lalu menutup lubang dengan cairan antibocor, sehingga ban bisa digunakan kembali. Berbanding terbalik dengan ban biasa yang memang lebih riskan langsung bocor ketika tertancap benda tajam.

***

Demikian perbedaan ban tubeless dan ban biasa yang mungkin saja akan menambah insight sebelum Anda memutuskan untuk membeli.

Anda juga dapat mencoba menambal ban dengan membeli peralatan tambal ban dan kompresor untuk sekadar berjaga-jaga saat berkendara. Semoga bermanfaat.