Band Lucy dan Musiknya yang Membuat Para Pendengar Kembali ke Masa Anak-Anak

Kalimba, alat musik yang sederhana dan mampu menghasilkan suara lembut. Cocok banget buat jadi hobi di sela-sela kesibukan.

Band Lucy dan Musiknya yang Membuat Para Pendengar Kembali ke Masa Anak-Anak
Photo by Simon Noh / Unsplash

Siapa sih yang bisa hidup tanpa musik? Segala aspek kehidupan kita mulai dari suara mikrofon abang roti yang lewat pagi buta, tahu bulat sore-sore, sampai iklan di TV atau kendaraan umum yang hampir semuanya memakai iringan musik untuk melengkapi segala aktivitasnya.

Terlebih lagi buat kita yang seharian kerja di depan komputer, hampir nggak mungkin untuk nggak ditemenin playlist yang bikin kita tetep melek dan buat mood naik lagi. Nah, alasan kenapa kita mendengarkan musik terutama saat sedang berkegiatan yang monoton adalah untuk mengatur suasana hati dan nostalgia.

Kalian pasti punya daftar lagu wajib yang sering banget diputar, kan? Musiknya berputar bersamaan dengan suasana hati dan kenangan masa lalu. Salah satu Band asal Korea Selatan yang lahir dari ajang pencarian bakat Super Band, LUCY yang berasal dari nama anjing yang tinggal dekat dengan tempat latihan mereka, merupakan band yang membawakan lagu dengan tema masa anak-anak. Selain itu, uniknya mereka memiliki anggota yang memainkan biola, loh.

Band ini terdiri dari 4 orang anggota di antaranya dari Cho Wonsang (sebagai pemain bass, produser, dan vokalis), Cho Sangyeop (sebagai pemain gitar dan vokalis), Shin Gwangil (sebagai pemain drum dan vokalis), serta Shin Yechan (sebagai pemain biola) ini selalu sukses membawakan tema masa anak-anak yang dikemas secara brilian. Coba lihat penggalan salah satu lagu mereka yang berjudul ‘Snooze’.

But you don’t have to be an adult
(Sometimes, we can be childish)
We are gold and feel this freedom
When you thought you could do everything
(Remember those times)
We were golden feel our childhood

Selain liriknya yang mengajak kita untuk nggak melupakan semangat saat masa anak-anak, permainan biola dari Shin Yechan nggak kalah keren pada video klip Snooze. Seolah membawa kita yang di umur dewasa ini kembali ke saat di mana kita bisa berlari bebas dan tertawa karena hal kecil.

Lucy Band playing violin
Image Source: Youtube

Karena musik sendiri merupakan bagian dari kehidupan kita yang nggak pernah bisa dipisahkan, kalian bisa banget untuk membuat musik sendiri. Mulai buat lantunan lagu sederhana menggunakan gitar atau kalimba yang tersedia pada Jakartanotebook. Kalimba sendiri merupakan alat musik yang berasal dari Afrika dan mulai terkenal karena bentuknya yang kecil, sederhana, dan suara lembut yang dihasilkannya, cocok banget kan buat jadi hobi di sela-sela kesibukan.

Buat kalian yang bingung untuk memilih jenis kalimba apa yang paling sesuai, bisa banget simak rekomendasi pilihan berikut ini!

1. Cega Kalimba Thumb Piano Musical Toys 17 Note Sound Deer Design

Image Source: JakartaNotebook

Kalimba ini memiliki desain dengan pahatan yang unik, serta dilengkapi dengan 17 not yang akan menambah variasi suara yang dihasilkan. Kalimba ini terbuat dari bahan kayu sehingga terlihat berkelas dan mahal. Bahan stringnya terbuat dari metal yang tidak mudah rusak.

2. Cega Kalimba Thumb Piano Musical Toys 17 Note Sound Crane Design

Image Source: JakartaNotebook

Kalimba yang memiliki desain kotak dengan pahatan unik, membuatnya berbeda dari kalimba lainnya. Kalimba ini juga memiliki 17 buah notasi nada, sehingga Anda dapat menggunakan not tinggi ke rendah untuk memainkan variasi suara yang merdu.

3. Cega Kalimba Thumb Piano Musical Toys Acrylic 17 Key Note

Image Source: JakartaNotebook

Tidak seperti kalimba pada umumnya, kalimba yang satu ini memiliki material dan model yang unik. Bagian akriliknya memiliki bentuk menyerupai kepala karakter populer Disney, yakni Mickey Mouse.

Terdapat 17 notasi nada yang dapat Anda mainkan serta kreasikan untuk menghasilkan suara indah. Kalimba ini terbuat dari bahan akrilik transparan sehingga terlihat berkelas dan mahal. Bahan stringnya terbuat dari besi yang tidak mudah rusak dan awet. Terdapat kayu pada kedua sisi yang menghubungkan antara bahan akrilik dan string. Perpaduan ketiga bahan tersebut dijamin membuat alat musik ini awet serta dapat digunakan untuk jangka panjang.

4. Wishmore Kalimba Mbira Thumb Piano Musical Toys 17 Note Sound

Image Source: JakartaNotebook

Buat kalian yang suka barang dengan kesan klasik, bisa banget mempertimbangkan kalimba ini. Pada bagian tubuhnya terdapat lubang lingkaran dan 4 lubang persegi panjang sehingga suara yang dihasilkan menjadi lebih nyaring. Balutan warna yang dipadukan juga membuatnya tampil dengan unik seolah terlihat seperti radio.

5. Afecto Kalimba Thumb Piano Musical Toys 17 Note Sound

Image Source: JakartaNotebook

Ukiran yang ada di sekitar lubang resonansi membuat kalimba yang satu ini memiliki kesan unik dengan sentuhan warna kayu polos sehingga membuatnya terlihat sederhana namun bermakna. Cocok banget untuk kamu yang mencintai konsep minimalis.

Itulah 5 rekomendasi alat musik kalimba yang bisa banget kalian jadikan pertimbangan untuk mulai memainkan lantunan lagu dan kenangan kalian sendiri!