5 Barang Kecil yang Bisa Selamatkan Kamu dalam Keadaan Darurat

Ada beberapa barang yang dirancang untuk digunakan dalam keadaan darurat. Apa saja barang-barang tersebut?

5 Barang Kecil yang Bisa Selamatkan Kamu dalam Keadaan Darurat
Image Source: Unsplash

Keadaan darurat atau emergency dapat terjadi pada siapa saja dan kapan saja tanpa adanya peringatan terlebih dahulu. Oleh karena itu, tidak ada salahnya apabila kita selalu waspada dan memiliki persiapan apabila terjadi kejadian tersebut dalam hidup kita.

Namun, biasanya kita terkendala oleh ukuran barang yang tidak sesuai dengan kapasitas beban bawaan kita. Oleh karena itu, artikel ini akan merangkum 5 barang kecil yang dapat kamu bawa setiap saat dan dapat membantu kamu dalam keadaan darurat.

1. Gantungan Kunci Pisau Lipat

Image Source: JakartaNotebook

Pisau lipat merupakan salah satu alat survival yang dapat membantu kamu dalam menghadapi situasi darurat. Pisau dapat digunakan untuk merobek pakaian apabila tersangkut, memotong benda-benda, dan kebutuhan lainnya.

Bentuk pisau lipat yang minimalis dapat membuatnya selalu dibawa dan disandingkan dengan kunci rumah atau kendaraan. Oleh karena itu, gantungan kunci pisau lipat dapat selalu menemani aktivitas kamu dan digunakan saat dibutuhkan.

2. Glass Breaker / Pemecah Kaca

Image Source: JakartaNotebook

Pemecah kaca akan sangat membantu kamu ketika terjebak dalam situasi darurat, terutama ketika kamu berada di kendaraan umum. Dengan bentuk yang kecil, glass breaker dapat memecahkan kaca kendaraan dengan cepat sehingga kamu dapat keluar dari kendaraan saat terjebak. Dengan desain minimalis yang dipadukan dengan gantungan kunci membuat pemecah kaca ini dapat selalu kamu bawa saat beraktivitas.

3. Korek Api Gantungan Kunci

Image Source: JakartaNotebook

Berbeda dengan korek pada umumnya, korek api survival dibuat agar tahan dalam berbagai kondisi. Biasanya, korek api untuk keperluan survival menggunakan bahan magnesium untuk membuat percikan api sehingga dapat digunakan saat dibutuhkan.

Jika terjebak, kamu dapat membuat tanda dengan memanfaatkan asap yang dihasilkan dari pembakaran benda di sekitar pada saat darurat, seperti daun-daun kering, kain, dan sebagainya.

4. Peluit Survival

Image Source: JakartaNotebook

Pada saat darurat, peluit dapat menjadi penolong untuk memberikan informasi akan keberadaanmu. Jika kamu dalam kondisi terjebak dan tidak memungkinkan untuk berteriak, maka peluit dapat menjadi solusinya. Kamu dapat meniup peluit sehingga orang lain dapat menemukan lokasimu dan memberikan bantuan.

5. Senter LED

Image Source: JakartaNotebook

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa penerangan akan sangat membantu dalam keadaan darurat. Senter selalu dapat diandalkan dalam berbagai kondisi untuk menerangi area yang akan kamu lewati ataupun memberikan tanda ke orang di sekitar kamu. Bentuk senter yang minimalis dapat selalu dibawa ke mana saja kamu beraktivitas dan dapat digunakan selagi dibutuhkan.

***

Itulah beberapa rekomendasi barang yang dapat membantu kamu dalam keadaan darurat. Berkat bentuknya yang sangat kecil tentunya memudahkan kamu untuk selalu membawa alat-alat khusus di saku celana. Harapannya, semoga kita semua dijauhkan dari segala mara bahaya dan selalu diberikan keselamatan.