Beberapa Alasan Kenapa Anda Harus Memiliki Obeng Set

Ternyata ada banyak sekali alasan Anda harus menyimpan set obeng di rumah. Apa saja alasannya? Simak penjelasan berikut.

Beberapa Alasan Kenapa Anda Harus Memiliki Obeng Set
Image Source: Unsplash

Meskipun Anda bukan orang selalu menggunakan obeng dalam kegiatan sehari-hari seperti halnya tukang reparasi alat elektronik, namun terdapat beberapa alasan yang membuat Anda harus memiliki obeng terutama obeng set. Pasalnya dalam beberapa kesempatan pasti Anda akan membutuhkan alat ini.

Lalu, selanjutnya apa saja alasan Anda harus memiliki obeng set di rumah? Berikut beberapa alasannya.

1. Mengencangkan Baut yang Kendur

Image Source: Unsplash

Pasti Anda memiliki alat elektronik atau beberapa barang yang setelah beberapa tahun, posisi bodinya terbuka akibat baut yang mulai kendur. Mengatasi hal tersebut tak mungkin membuat Anda memanggil tukang reparasi, bukan? Karena persoalan tersebut seharusnya dapat dikerjakan dengan mudah. Untuk itu, memiliki obeng set sangatlah membantu mengatasi hal seperti ini. Karena obeng set biasanya menyediakan beragam jenis kepala obeng yang dapat Anda gunakan.

2. Memudahkan Anda Saat Memasang Baut

Image Source: Unsplash

Salah satu hal yang sederhana namun terasa menyulitkan adalah memasang baut menggunakan obeng yang kerap terlepas atau tidak mengunci dengan mata obeng. Hal tersebut akan membuat Anda berulang kali mencari baut yang jatuh ke lantai.

Masalah itu dapat diatasi dengan Anda memiliki obeng set yang memiliki fitur magnetik. Bagian mata obeng akan menempel dengan baut atau mur sehingga saat memasang atau mengencangkan pun jauh lebih mudah.

Salah satu obeng set yang memiliki fitur magnetik adalah Taffware 2025. Obeng set ini hadir dengan 24 kepala obeng yang sangat lengkap, mulai dari kepala obeng plus, triangle, star, hingga asterisk. Terbuat dari paduan aluminium padat sehingga dijamin awet dan tahan lama.

3. Melakukan Reparasi Dadakan

Image Source: Unsplash

Dalam satu kesempatan pasti Anda pernah menjadi tukang reparasi dadakan untuk mereparasi alat elektronik. Hal ini biasanya didasari dengan kerusakan yang mendasar, kemudian Anda mencoba mencari tahu lewat internet atau menonton Youtube dan mendapatkan tuntunan solusi yang mudah.

Agar hal tersebut dapat dilakukan maka Anda harus memiliki seperangkat alat obeng set. Karena tidak mungkin untuk mereparasi alat elektronik (terutama di komponen bagian dalam) jika tidak menggunakan obeng.

4. Merakit Furnitur

Image Source: Unsplash

Ini menjadi alasan paling utama mengapa Anda harus memiliki obeng set. Di saat Anda membeli furnitur seperti meja, kursi, hingga lemari yang perlu dirakit atau isitlahnya barang DIY (Do It Yourself) otomatis membuat Anda harus memiliki obeng.

Bermodalkan obeng plus dan minus saja belum tentu cukup, karena terdapat beberapa ukuran baut atau mur yang harus disesuaikan dengan kepala obeng. Untuk itu, memiliki obeng set merupakan hal yang tepat.

***

Itu beberapa alasan kenapa Anda harus memiliki obeng set. Karena peralatan yang satu ini termasuk ke dalam alat perkakas dasar yang seharusnya tersedia di rumah Anda.

Memilih obeng set pun tidak bisa sembarangan, Anda harus mencari tahu kelengkapan set yang ditawarkan dengan melihat jenis kepala obeng yang ditawarkan. Karena kelengkapan kepala obeng sangat membantu Anda ketika membuka baut atau mur khusus atau yang tidak bisa dibuka dengan obeng plus maupun minus.

Selain itu, perhatikan apakah obeng tersebut bersifat magnetik atau tidak dan material apa yang digunakan. Kalau material yang digunakan adalah paduan aluminium atau CR-V, maka dapat menjadi opsi untuk Anda memiliki obeng tersebut karena kedua material tersebut terkenal akan ketahanannya sehingga dijamin awet untuk penggunaan jangka panjang.