Beberapa Hal yang Perlu Anda Siapkan Menjelang lebaran

Ada banyak persiapan yang harus Anda lakukan menjelang lebaran tiba. Apa saja yang harus dipersiapkan?

Beberapa Hal yang Perlu Anda Siapkan Menjelang lebaran
Source Image: Unsplash

Hari Raya Idul Fitri menjadi momen yang selalu dinanti ketika bulan ramadhan datang. Berpuasa 30 hari kemudian disambut hari lebaran, ibarat sebuah hal yang telah lama dirindukan nan dinantikan. Maka dari itu, hari lebaran kerap disebut sebagai hari kemenangan.

Ketika menjelang lebaran, tentu ada beberapa hal yang biasa dilakukan karena akan ada banyak tamu yang datang ke rumah mulai dari saudara jauh hingga tetangga. Tentu saja, tampilan rumah harus dirapikan agar sedap dipandang dan terlihat indah.

Kira-kira hal apa lagi yang harus Anda lakukan menjelang lebaran? Simak penjelasan berikut ini.

1. Hias Rumah Agar Lebih Indah

Source Image: Unsplash

Mempersiapkan momen lebaran bisa Anda awali dengan menghias interior rumah. Tampilan interior yang unik dan indah akan membawa kesan tersendiri bagi tamu yang datang berkunjung terutama di momen spesial seperti lebaran.

Anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk membeli perabotan baru, namun dapat Anda lakukan dengan menambahkan sedikit hiasan atau pajangan. Tentu saja yang masih selaras dengan tema rumah Anda.

Untuk itu, kami sangat merekomendasikan menambah hiasan yang juga memiliki manfaat lain seperti humidifier, karena alat pelembab udara memiliki beberapa desain yang menarik sehingga cocok dijadikan sebagai sebuah pajangan sekaligus menjada kelembapan ruangan. Manfaat yang diberikan sangat bagus bagi kesehatan seperti mengatasi kulit kering, pilek hingga sakit tenggorokan. Apabila Anda sudah memiliki humidifier, maka dapat diganti dengan memakai sarung bantal dan taplak meja untuk dekorasi pada ruang tamu.

2. Kue Lebaran Sebagai Hidangan

Source Image: Unsplash

Rasanya tidak afdol menjelang lebaran apabila tidak mempersiapkan kue lebaran, baik itu membelinya dari toko atau membuat sendiri karena kue lebaran sangat identik sebagai hidangan yang disuguhkan di setiap rumah. Tak heran, hampir setiap rumah menyediakan kue seperti nastar, kastengel, kue putri salju dan lain-lain.

Agar kue lebaran tidak melempem saat dihidangkan maka Anda harus menggunakan toples kedap udara, agar kue lebaran masih enak saat disantap. Pastikan toples di rumah Anda memiliki kapasitas dan jumlah yang cukup, dan hindari meletakkan kue di atas piring dengan ditutup tisu atau kain, karena mudah dihinggapi kotoran seperti debu serta serangga.

3. Siapkan Ketupat Sebagai Menu Utama

Source Image: Unsplash

Kombinasi ketupat dan opor ayam merupakan suatu perpaduan spesial nan menarik ketika disantap saat lebaran, terutama setelah shalat Ied. Tentu saja menu utama yang satu ini harus Anda persiapkan dan jangan sampai luput dari perhatian. Karena ketupat identik menjadi makanan wajib bagi para umat muslim khususnya di Indonesia saat lebaran.

Selain mempersiapkan ketupat, Anda juga tidak boleh kelupaan mempersiapkan alat makan yang cukup, seperti sendok, garpu hingga piring. Pasalnya, tamu yang datang bisa jadi melebihi alat makan yang Anda miliki di rumah saat ini. Belum lagi, saudara jauh yang menyempatkan diri untuk berkunjung. Maka dari itu, siapkan ketupat beserta alat makan yang lebih saat lebaran tiba.

4. Mengganti Furnitur yang Telah Usang

Source Image: Unsplash

Apabila terdapat furnitur yang sudah usang di rumah maka Anda dapat menggantinya sebagai persiapan menjelang lebaran. Biasanya furnitur atau perabotan yang perlu diganti adalah sofa, meja, kursi, hingga karpet yang letaknya berada di ruang tamu.

Namun, apabila dapat direstorasi maka sangat disarankan untuk merestorasi terlebih dahulu guna menghemat pengeluaran Anda. Tetapi apabila tidak dapat direstorasi, maka sangat direkomendasikan untuk membeli yang baru untuk penggunaan jangka panjang.

5. Membersihkan Rumah Secara Menyeluruh

Source Image: Unsplash

Menjelang lebaran tidak melakukan bersih-bersih adalah hal yang sia-sia, karena kegiatan yang satu ini sudah menjadi agenda wajib yang biasa dilakukan. Tidak hanya pada ruang tamu, namun juga pada ruangan lain seperti ruang keluarga, kamar tidur hingga dapur.

Untuk itu, beberapa hari menjelang lebaran Anda harus mengosongkan satu hari guna fokus membersihkan rumah seperti mengepel, menyapu hingga membersihkan langit-langit agar bersih secara menyeluruh. Saat mengepel, sangat disarankan menggunakan kain pel microfiber karena dapat menyerap air dan kotoran dengan baik sehingga Anda dapat membersihkan seisi rumah dengan cepat.

***

Itu beberapa hal yang perlu Anda persiapkan menjelang lebaran, selain itu masih ada beberapa hal lain sebenarnya yang bisa Anda siapkan. Salah satunya membeli baju baru agar tampak lebih menawan di hari lebaran. Kalau Anda sendiri bagaimana? Apakah sudah siap menyambut lebaran?