Bento Box, Bekal Ala Jepang Buat Ide Jualan Makanan!

Suka makan bento bekal ala Jepang? Simak faktanya dan peluangnya sebagai ide jualan makanan yang menguntungkan!

Bento Box, Bekal Ala Jepang Buat Ide Jualan Makanan!

Sudah pernah bikin bekal ala Jepang ini belum, Jaknoters?

Bento merupakan salah satu jenis makanan berupa bekal ala Jepang dalam kotak. Saat dulu, bento box mungkin belum terlalu familiar di negara-negara selain Jepang. Namun kini, seringkali dijumpai orangtua yang membawakan anaknya bekal ala Jepang a.k.a bento box ini. Bahkan bukan hanya untuk anak-anak, menyiapkan bento box untuk suami atau pun orang-orang terdekat dengan penuh cinta memang menyenangkan.

Asal-usul Bekal Ala Jepang

Sejak tahun 1568,  warga Jepang mulai mengenal gaya hidup untuk makan di luar rumah. Nah, bekal makanan yang biasa dibawa itu mereka letakkan ke dalam kotak kayu. Setelah itu kebiasaan ini mulai menjadi kebiasaan makan yang bahkan dilakukan dalam hanami atau upacara minum teh di Jepang. Saat memasuki tahun 1600 hingga 1800-an, kebudayaan membuat bento box semakin meluas di kalangan rakyat Jepang. Bahkan ketika piknik atau berwisata bersama, mereka selalu membawa bekal ala Jepang ini pada pinggang mereka.

Bento Box, Bekal Ala Jepang Buat Ide Jualan Makanan! | Sumber: shutterstock

Ada 2 jenis bento box di Jepang

Bento box memiliki terdiri dari dua jenis. Pertama, koshikobento. Bento jenis ini adalah yang berisi onigiri serta diletakkan dipinggang. Kedua, makunouchi bento. Dinamakan seperti itu karena bekal ala Jepang ini dibawa saat menonton pertunjukkan noh dan kabuki yang dimakan pada waktu pergantian layar panggung.

Budaya makan bento box ini sempat menghilang

Ditengah populernya bekal bento box di Jepang, pada tahun 1912 - 1926 tepatnya saat perang dunia pertama terjadi, kebiasaan membawa bekal ini dihentikan karena munculnya gerakan sosial yang melarang membawa bekal ke sekolah. Hal ini disebabkan karena adanya kesenjangan sosial antara orang berada dan rakyat biasa. Namun setelah itu bento box kembali populer di tahun 1980-an.

Menjadikan bento box sebagai ide berjualan makanan di Indonesia

Bento Box, Bekal Ala Jepang Buat Ide Jualan Makanan! | Sumber: JakartaNotebook

Indonesia merupakan salah satu negara yang suka dengan jenis makanan bento box. Nah, oleh karena itu hal ini bisa jadi peluang bisnis ide jualan makanan menjanjikan. Bisnis jualan makanan bento box ini dapat dikatakan sangat cemerlang dan menguntungkan. Seperti yang kita ketahui bento box dihidangkan dengan lengkap dan cantik mulai dari karbohidrat hingga serat. Hal ini tentu membuat jualan bento box memiliki banyak peminat.

Temukan berbagai pilihan kotak makan unik dengan harga termurah di JakartaNotebook!

Masalah modal pun tidak jadi masalah, karena ide jualan makanan ini hanya membutuhkan modal kecil, bahkan bisa dibuat homemade dengan standar kebersihan yang meyakinkan dan baik. Dan yang terpenting, ide jualan makanan bento box ini cocok dijalankan oleh siapa saja yang suka berkreasi.