Berbagai Manfaat Ampas Kopi untuk Kehidupan Sehari-Hari

Kalau mendengar kata kopi, pasti Anda membayangkan rasa, aroma, serta kenikmatannya. Lantas bagaimana dengan ampas kopi? Apa yang Anda bayangkan?

Berbagai Manfaat Ampas Kopi untuk Kehidupan Sehari-Hari
Source Image: Unsplash

Kalau mendengar kata kopi, pasti Anda membayangkan rasa, aroma, serta kenikmatannya. Lantas bagaimana dengan ampas kopi? Apa yang Anda bayangkan? Pasti biasa saja dan tidak terlintas ada hal istimewa bukan? Namun, dilansir dari berbagai sumber ternyata ampas kopi yang biasa dibuang para barista di wadah atau knock box tersebut memiliki manfaat untuk kehidupan sehari-hari lho. Berikut ini beberapa manfaat dari ampas kopi.

1. Menghilangkan Bau Tak Sedap

Source Image: Unsplash

Aroma kopi yang kuat dan khas ternyata dapat digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap di tangan Anda. Seperti menghilangkan bau amis setelah memegang ikan maupun daging. Caranya cukup dengan menuangkan ampas kopi di tangan, gosok-gosok, lalu bilas hingga bersih.

2. Pengharum Ruangan Alami

Source Image: Unsplash

Apabila Anda kerap mencium bau yang tidak sedap di rumah Anda, tak perlu repot ke supermarket dengan membeli pengharum ruangan yang tidak menjamin tahan lama. Cukup letakkan ampas kopi pada wadah di ventilasi udara. Ampas kopi dapat menyerap bau tidak sedap di ruangan seperti bau asap rokok, bau masakan, hingga bau hewan peliharaan. Ruangan Anda pun akan segar dengan aroma kopi.

3. Mengusir Serangga

Source Image: Unsplash

Banyak serangga yang masuk ke rumah seperti semut hingga kecoa? Lagi-lagi ampas kopi juga ampuh untuk mengatasi hal tersebut karena memiliki kandungan senyawa beracun bagi serangga. Anda dapat meletakkan ampas kopi di beberapa area yang kerap didatangi serangga.

4. Mengatasi Sel Kulit Mati

Source Image: Unsplash

Meskipun sebagai residu, ternyata penelitian menyatakan kalau kandungan kopi dapat meningkatkan kesehatan kulit secara berkala. Kopi mengandung senyawa antioksidan yang dapat mengobati sel kulit mati serta mengurangi penuaan dini sel tubuh.

Kini Anda sudah tahu kan beragam manfaat yang ditawarkan oleh residu kopi. Nah, kira-kira ampas kopi yang berada di knockbox Anda akan digunakan untuk apa? Semoga bermanfaat ya!