Buat Minuman Terasa Lebih Creamy dengan Milk Frother

Apakah Anda lebih suka menikmati kopi dengan rasa creamy? Anda bisa menyiasatinya dengan melakukan proses frothing menggunakan milk frother.

Buat Minuman Terasa Lebih Creamy dengan Milk Frother
Source Image: JakartaNotebook

Untuk membuat minuman terasa lebih creamy ternyata sangat mudah. Anda hanya perlu menambahkan buih susu ke minuman Anda. Buih susu biasanya digunakan untuk membuat campuran kopi agar lebih lezat dan nikmat. Terdapat salah satu alat untuk membuat buih susu agar pas ketika dicampur dengan kopi, alat itu adalah milk frother.

Bagi para barista, tentu saja alat ini sudah tidak asing lagi karena biasa digunakan untuk membuat berbagai jenis kopi seperti cappucino, caffe latte, dan mochaccino. Milk frother berfungsi untuk mengocok susu dengan tingkat kocokan yang pas agar dapat menghasilkan busa. Kecepatan pengocokan pun dapat memengaruhi tekstur serta kepadatan busa susu.

Terdapat beragam jenis milk frother mulai dari manual hingga elektrik. Perbedaan antara keduanya terletak dari cara kerjanya, cara kerja milk frother manual adalah dengan mengocok susu di wadah yang biasanya sudah termasuk dalam paket pembelian. Kemudian, Anda akan mengocoknya menggunakan sebuah penyaring yang dipompa untuk menghasilkan busa. Karena tidak menggunakan listrik, proses pembuatan buih susu atau frothing membutuhkan waktu serta tenaga. Akan tetapi, buih susu yang dihasilkan dapat setingkat mesin espresso apabila Anda melakukannya dengan teknik yang benar.

Source Image: JakartaNotebook

Seiring berkembangnya zaman, milk frother hadir dengan cara kerja elektrik yang lebih praktis, instan, dan tidak memakan waktu. Milk frother elektrik sangat mudah digunakan karena Anda hanya perlu menekan tombol untuk membuatnya bekerja. Selain itu, terdapat beberapa alat yang kecepatannya dapat diatur, hal ini akan membantu Anda dalam menentukan tingkat kepadatan buih susu.

Milk frother elektrik ini memiliki dua tipe yang biasanya beredar di pasaran. Ada yang berbentuk tangkai dan ada juga yang berbentuk menyerupai teko. Milk frother dengan bentuk tangkai dapat dengan mudah disimpan atau dibawa, namun Anda memerlukan wadah saat melakukan frothing. Sedangkan yang berbentuk teko, memiliki ukuran yang lebih besar namun proses frothingnya dapat dilakukan langsung di dalam termos tersebut sehingga Anda tinggal mencampurnya dengan kopi.

Source Image: JakartaNotebook


Buih susu sendiri biasanya dipakai untuk membuat latte art bagi para barista agar bentuk kopi semakin menarik. Selain itu, buih susu pun biasa digunakan untuk menetralisir rasa pahit yang terdapat pada kopi.

Nah, kini Anda sudah mengetahui beragam jenis dan kegunaan dari milk frother itu sendiri. Anda lebih menyukai milk frother jenis manual atau elektrik?