Bukan Ketupat, Ini Makanan Paling Dicari Setelah Lebaran

Bakso, mie ayam, rujak adalah beberapa makanan yang justru paling dicari seusai Lebaran.

Bukan Ketupat, Ini Makanan Paling Dicari Setelah Lebaran
Image Source: kompas.com

Jika biasanya ketupat, opor, dan lauk pauk lainnya adalah makanan primadona di hari raya, maka makanan segar dengan cita rasa gurih menjadi pilihan banyak orang untuk disantap usai Lebaran.

Setelah Lebaran, sebagian orang akan mulai merasa bosan dengan makanan yang mengandung banyak santan, sehingga mereka beralih mencari jenis makanan atau jajanan lain. Lantas makanan apa saja yang paling banyak dicari setelah lebaran?

1. Bakso

Image Source: Vecteezy

Pernahkah kamu menyadari jika usai lebaran warung bakso lebih ramai dibandingkan hari biasanya? Banyaknya orang yang berburu makanan berkuah dan segar menjadi salah satu alasan mengapa bakso menjadi makanan paling banyak dicari.

Olahan daging yang kenyal dipadu dengan kuah bening yang gurih dan hangat, seperti oasis bagi sebagian orang setelah bosan menyantap makanan berat dan bersantan.

2. Mie Ayam

Image Source: Vecteezy

Sama seperti bakso, mie ayam juga menjadi makanan primadona setelah puasa dan Lebaran. Mie yang kenyal dengan limpahan toping daging ayam manis dan gurih, serta campuran sayuran rebus cukup mengenyangkan sebagai ganti menu ketupat dan lauk pauknya.

Kamu juga bisa menambahkan bakso atau pangsit sebagai toping tambahan pada semangkuk mie ayam yang nikmat.

3. Siomay

Image Source: sajiansedap.grid.id

Seporsi siomay lengkap dengan bumbu kacang yang kental, manis, dan pedas jadi pilihan selanjutnya saat orang-orang sudah bosan dengan hidangan Lebaran. Kombinasi siomay ikan, kentang, pare, tahu, telur, rebus, otak-otak, dan kol sangat pas disantap selagi hangat.

💡
Temukan wadah makanan cantik dan estetik di Sini!

4. Pempek

Image source: generasimaju.co.id

Makanan khas dari Palembang yang bisa kamu temui di berbagai tempat ini juga tidak ketinggalan menjadi santapan yang sering diburu seusai hari raya. Gurih dan kenyalnya pempek yang diguyur dengan kuah cuko pedas manis dan asam seolah menggoda lidah dan perut yang bosan dengan makanan santan.

5. Soto Ayam

Image source: masakanmama.com

Bukan soto berkuah santan, melainkan semangkuk soto dengan isian ayam suwir, soun, taoge, daun seledri yang diguyur kuah kaldu kuning yang bercita rasa gurih dan segar menjadi salah satu makanan yang banyak diburu orang setelah Lebaran.

Jangan lupa untuk menambahkan perasan jeruk nipis, sambal, dan taburan bawang goreng yang renyah.

6. Rujak

Image source: popmama.com

Terdiri dari potongan buah segar, seperti pepaya, mangga, kedondong bengkuang, jambu, dan lainnya, rujak cocok disantap pada siang hari yang panas dan terik. Cocol buah dengan sambal gula merah yang lengket dan legit.

Dari sejumlah daftar makanan yang ada di atas, mana yang sering kamu buru setelah Lebaran?

Sajikan makanan favoritmu dengan wadah cantik dan estetik yang bisa kamu dapatkan di JakartaNotebook.