12 Cara agar Kamar Tidak Pengap, Ampuh & Nyaman

Rasa pengap membuat ruangan kurang nyaman. Ini cara agar kamar tidak pengap yang bisa dilakukan, mulai dari sirkulasi hingga aspek interior.

12 Cara agar Kamar Tidak Pengap, Ampuh & Nyaman
Image Source: Freepik/2429225401

Tidak hanya kenyamanan, kamar yang pengap dan bau bisa membuat kepala menjadi pusing. Ternyata ada banyak hal yang menyebabkan kamar menjadi pengap, mulai dari desain hingga perabotan.

Oleh karena itu, di bawah ini kami paparkan beberapa cara agar kamar tidak pengap yang bisa kamu coba. Temukan cara yang paling sesuai dan cocok untuk masalah kamar pengapmu.

Cara Agar Kamar Tidak Pengap

Solusi harus sesuai dengan permasalahan. Kamu bisa mencoba menelaah problem di kamar mu dan mencari cara agar kamar tidak pengap di bawah ini.

1. Pasang Exhaust Fan

Pasang Exhaust Fan
Image Source: Freepik/amixstudio

Keadaan ruangan yang panas dan kurang sirkulasi udara sering disebabkan oleh kurangnya sistem ventilasi yang baik. Jika kamarmu tanpa jendela, solusinya dapat ditemukan dengan pemasangan exhaust fan.

Exhaust fan berfungsi sebagai alat untuk mengurangi kelembapan dan panas dalam ruangan, membantu menciptakan ventilasi udara yang lebih baik. Cara agar kamar tidak pengap ini setidaknya membutuhkan biaya Rp100-300.000.

2. Pakai Lampu Watt Rendah

Pakai Lampu Watt Rendah
Image Sourc: Freepik/Freepik

Cara agar kamar tidak pengap meski tanpa AC bisa didapatkan dengan menggunakan lampu LED dengan watt yang rendah karena cenderung mengeluarkan suhu panas di ruangan.

Kamu juga bisa mengurangi penggunakan lampu di siang hari dengan membuka pintu kamar selebar-lebarnya agar cahaya dari luar dapat masuk ke dalam kamar. Ini juga dapat meningkatkan sirkulasi udara di ruangan.

3. Tempatkan Tanaman Hijau

Tempatkan Tanaman Hijau
Image Source: Freepik/rawpixel.com

Jika cara agar kamar tidak pengap sebelumnya terasa rumit untuk diimplementasikan, kamu dapat mencoba tips yang lebih sederhana, yaitu menempatkan tanaman hijau agar suhu kamar tidak menjadi panas.

Tanaman tersebut dapat menyerap udara panas yang terperangkap di dalam ruangan, menurunkan suhu, menghasilkan oksigen segar, dan menciptakan suasana yang lebih sejuk.

4. Memasang Cermin

Memasang Cermin
Image Source: Freepik/Freepik

Kamar yang terasa pengap juga bisa jadi karena minimnya cahaya. Kelembapan yang terkumpul inilah yang membuat ruangan menjadi pengap dan bau. Oleh karena itu, memasang kaca bisa menjadi solusi.

Cermin dapat memantulkan cahaya dari jendela atau lampu ruangan. Nantinya, ruangan akan menjadi lebih terang dan tidak pengap.

5. Gunakan Dehumidifier

Deleaboa Dehumidifier 2 in 1 Moisture Absorber Anion Purification 1 L - H2102 - Black - JakartaNotebook.com
Deleaboa Dehumidifier 2 in 1 Moisture Absorber Anion Purification 1 L - H2102 termurah. Dapatkan dengan mudah Deleaboa Dehumidifier 2 in 1 Moisture Absorber Anion Purification 1 L - H2102 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Biasanya, ketidaknyamanan udara yang terasa pengap disebabkan oleh tingkat kelembapan udara yang tinggi. Untuk mengatasi permasalahan ini di kamar tidur, kamu dapat memanfaatkan perangkat yang disebut dehumidifier.

Sesuai dengan namanya, perangkat ini dirancang untuk menarik kelembapan dari udara di suatu ruangan, mengkondensasikannya menjadi air, dan kemudian mengembalikan udara yang sudah kering ke dalam ruangan tersebut.

6. Cat Dinding Warna Putih

 Cat Dinding Warna Putih
Image Source: Freepik/wuttichai

Kamu dapat memilih cat berwarna putih untuk kamar yang memiliki ruang terbatas, dengan tujuan memberikan ilusi ruang yang lebih luas dan lapang. Selaraskan juga warna perabotan dengan warna cat pada dinding kamar.

Untuk menciptakan atmosfer yang lebih sejuk di kamar, pertimbangkan pilihan warna dari kelompok hijau muda, biru muda, hingga tosca. Elemen warna ini membuat kesan nyaman dan minimalis.

7. Gunakan Penyerap Bau

Gunakan Penyerap Bau
Image Source: Freepik/Freepik

Udara pengap biasanya disertai dengan bau apek yang tidak sedap. Jadi, dengan mengurangi bau apek di dalam kamar, rasa pengap pun akan berkurang. Berikut cara mudah yang bisa dilakukan:

  • Cuka. Semprotkan cuka ke udara, lalu diamkan.
  • Kopi. Tempatkan ampas kopi di wadah terbuka, lalu diamkan.
  • Karbon aktif. tempatkan karbon aktif (activated charcoal) di wadah plastik terbuka, lalu diamkan.

8. Atur Posisi Kipas Angin

Xiaomi Mijia Kipas Angin Lantai Standing Fan Adjustable Smart App - BPLDS01DM - White - JakartaNotebook.com
Xiaomi Mijia Kipas Angin Lantai Standing Fan Adjustable Smart App - BPLDS01DM termurah. Dapatkan dengan mudah Xiaomi Mijia Kipas Angin Lantai Standing Fan Adjustable Smart App - BPLDS01DM murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Kipas angin memang salah satu cara agar kamar tidak pengap. Namun, penting untuk tidak sembarangan meletakkan kipas angin di dalam kamar, karena penempatan yang tidak tepat justru dapat menyebabkan kamar terasa lebih panas.

Disarankan untuk menempatkan kipas angin di dekat pintu masuk kamar kos. Atau, Anda dapat mengarahkan kipas angin ke dinding yang berlawanan dengan tempat tidur, sehingga hembusan udara menyebar ke seluruh ruangan.

Selain itu, menggunakan kipas angin gantung atau kipas langit-langit jika sudah tersedia bisa menjadi cara agar kamar tidak pengap.

Pastikan rotasnya searah jarum jam di musim hujan untuk mendorong udara hangat turun dari langit-langit, dan berlawanan arah jarum jam di musim panas untuk membantu menjaga ruangan tetap sejuk.

9. Minimalisir Penggunaan Barang

 Minimalisir Penggunaan Barang
Image Source: Freepik/rawpixel.com

Banyak orang cenderung menyatukan semua perabotan rumah dalam satu ruangan. Namun, perlu diingat bahwa semakin banyak perabotan yang ditumpuk, semakin besar kemungkinan kamar tersebut terasa lembap dan panas

Oleh karena itu, cara agar kamar tidak pengap adalah dengan menyortir barang-barang dan hanya menyimpan yang benar-benar diperlukan di dalam kamar. Ruang lebih untuk sirkulasi udara pun tercipta untuk hilangkan pengap.

10. Pilih Perabotan Multifungsi

Pilih Perabotan Multifungsi
Image Source: Freepik/rizkiwanggono

Masih berkaitan dengan cara agar kamar tidak pengap sebelumnya. Salah satu cara untuk mencegah ruangan terasa pengap adalah dengan menggunakan furniture multifungsi. khususnya untuk ruangan sempit.

Dengan furniture multifungsi, kamu dapat mengoptimalkan ruang tanpa perlu menambah banyak perabotan. Misalnya, menggunakan ranjang yang memiliki bagian bawah sebagai tempat penyimpanan baju.

11. Gunakan Wall Bookshelf

Gunakan Wall Bookshelf
Image Source: Freepik/srirajoen

Alih-alih menumpuk buku secara acak, ide yang baik adalah menempatkan buku-buku tersebut di wall bookshelf atau rak buku dinding. Dengan cara ini, buku-buku dapat diatur dengan rapi dan memberikan kesan ruangan yang lebih teratur.

Selain itu, selain buku, kamu juga dapat menempatkan pernak-pernik lainnya pada rak dinding tersebut. Selain memberikan kesan visual yang lebih menarik, sirkulasi udara juga lancar untuk mencegah ruangan terasa pengap.

12. Rutin Membuka Pintu Kamar

Rutin Membuka Pintu Kamar
Image Source: Freepik/Freepik

Menjaga sirkulasi udara yang baik adalah kunci untuk mencegah ruangan terasa pengap, terutama pada kamar yang mungkin memiliki sistem ventilasi yang terbatas.

Dengan membuka pintu secara teratur, kamu memungkinkan udara segar dari luar masuk ke dalam kamar, menggantikan udara yang mungkin sudah terakumulasi dan memberikan sirkulasi udara yang lebih baik.

Dengan menerapkan cara agar kamar tidak pengap di atas, menjaga sirkulasi udara, menggunakan furniture multifungsi, dan menjaga keteraturan ruangan, kamarmu dapat tetap segar dan nyaman, tanpa terasa pengap.