Bagaimana Cara Hempaskan Bau Badan?

Bau badan menurunkan rasa percaya diri dan mengganggu kenyamanan orang lain. Jaga kebersihan diri untuk hempaskan bau tidak sedap pada tubuh.

Bagaimana Cara Hempaskan Bau Badan?
Image Source: Freepik

Bau badan adalah masalah yang dapat menurunkan rasa percaya diri dan pastinya mengganggu kenyamanan orang lain. Bau tidak sedap ini biasanya muncul ketika badan berkeringat. Tapi tahukah kamu kalau keringat itu tidak berbau? Lantas kenapa orang yang berkeringat terkadang merasa badannya menjadi berbau?

Bau badan muncul ketika bakteri yang hidup di kulit bercampur dengan keringat. Selain campuran bakteri dan keringat, bau tidak sedap turut dipengaruhi oleh hormon, makanan yang dikonsumsi, penggunaan obat-obatan, beberapa kondisi medis serta penyakit yang dimiliki seperti diabetes dan stres.

Namun, jumlah keringat yang dikeluarkan anggota tubuh tidak serta merta memengaruhi bau badan, ya. Sebagian orang yang memiliki bau badan tidak sedap justru tidak berkeringat. Sedangkan ada juga orang yang punya keringat berlebih tapi tidak bermasalah dengan bau badan.

Cara Hempaskan Bau Badan

Nah, jika kamu memiliki masalah terkait bau badan, berikut beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menghempaskan bau tidak sedap dari tubuh:

1. Mandi Teratur

Mandi Teratur
Image Source: Freepik

Menjaga kebersihan tubuh adalah salah satu kunci untuk menghindari bau badan. Mandi secara teratur 1-2 kali sehari setelah berolahraga atau melakukan kegiatan yang menyebabkan kamu banyak berkeringat adalah cara paling mudah untuk menghempaskan bau pada badan.

Pastikan kamu membersihkan area yang paling banyak mengeluarkan keringat, seperti area ketiak dengan baik menggunakan shower puff atau sikat mandi.

2. Memakai Sabun Antibakteri

Memakai Sabun Antibakteri
Image Source: Pexels

Jika biasanya kamu pakai sabun yang hanya mengandung detergent dan parfum, kini saatnya kamu beralih ke produk dengan kandungan antiseptik yang biasanya dipasarkan sebagai 'sabun antibakteri'.

Sabun jenis ini bekerja dengan membasmi mikroorganisme yang menempel pada permukaan kulit sehingga bisa mengendalikan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau badan.

3. Tidak Menggunakan Pakaian Ketat

Tidak Menggunakan Pakaian Ketat
Image Source: Unsplash

Melansir dari berbagai sumber, pakaian yang terlalu ketati salah satu penyebab bau badan.

Kenakan pakaian yang tidak membuat tubuh gerah, menyerap keringat, dan pastinya bersih. Pilihlah pakaian berbahan katun daripada poliester, nilon, dan rayon agar kulit dapat bernapas. Kamu juga bisa merapkan hal ini untuk pakaian dalam, ya!

4. Mencukur Rambut Berlebih

Mencukur Rambut Berlebih
Image Source: Unsplash

Kelenjar apokrin atau kelenjar keringat terpusat di bagian yang ditutupi oleh rambut, termasuk ketiak dan kemaluan.

Kelenjar ini menjadi aktif setelah seseorang mencapai usia pubertas dan menghasilkan keringat yang berbau jika bersentuhan dengan bakteri di kulit.

Rambut atau bulu dapat menahan keluarnya keringat serta jadi tempat yang nyaman bagi bakteri berkembang. Mencukur rambut atau bulu dapat membantu mengurangi bau badan.

5. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi
Image Source: Pexels

Cara hempaskan bau badan yang paling mudah dilakukan adalah dengan memerhatikan makanan yang kita konsumsi. Coba luangkan waktu sejenak untuk mengingat apa saja jenis atau kandungan makanan yang dikonsumsi selama ini.

Pasalnya beberapa jenis makanan, seperti bawang putih, bawang bombai, dan alkohol merupakan pemicu produksi keringat berlebih yang bisa jadi penyebab bau badan.

Kini hempaskan bau badan semakin mudah karena kamu bisa menggunakan produk dari JakartaNotebook. Di sini kamu bisa menemukan berbagai perlengkapan mandi terlengkap seperti berikut:

BWOHOPS Alat Bantu Mandi Sikat Gosok Punggung Silicone Scrub Back Bath Brush - BW60 - Blue - JakartaNotebook.com
BWOHOPS Alat Bantu Mandi Sikat Gosok Punggung Silicone Scrub Back Bath Brush - BW60 termurah. Dapatkan dengan mudah BWOHOPS Alat Bantu Mandi Sikat Gosok Punggung Silicone Scrub Back Bath Brush - BW60 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.
SOULMAN Spons Mandi Shower Sponge Scrub Cleaning Bath - LO14 - White - JakartaNotebook.com
SOULMAN Spons Mandi Shower Sponge Scrub Cleaning Bath - LO14 termurah. Dapatkan dengan mudah SOULMAN Spons Mandi Shower Sponge Scrub Cleaning Bath - LO14 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.
Xiaomi Qualitell Sarung Tangan Wash Cloth Sponge Mandi Shower Cleaning Bath - Mix Color - JakartaNotebook.com
Xiaomi Qualitell Sarung Tangan Wash Cloth Sponge Mandi Shower Cleaning Bath termurah. Dapatkan dengan mudah Xiaomi Qualitell Sarung Tangan Wash Cloth Sponge Mandi Shower Cleaning Bath murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Yuk, coba terapkan tips di atas untuk menghempaskan bau tidak sedap pada tubuh. Menjaga kebersihan tubuh akan membuat kamu jadi lebih percaya diri dan pastinya tidak mengganggu orang di sekitar.