6 Cara Masak Daging Sapi yang Enak dan Cepat Empuk

Marinasi, slow cooking, dan teknik memotong daging yang tepat adalah cara masak daging sapi yang enak dan cepat empuk.

6 Cara Masak Daging Sapi yang Enak dan Cepat Empuk
Image source: Freepik/mdjaff

Idul Adha identik dengan penyembelihan dan pembagian daging dari hewan kurban. Namun, tantangan muncul ketika kamu menerima jatah daging kurban dan harus mengolahnya saat itu juga.

Karena daging kurban yang segar perlu diperlakukan secara khusus, terlebih daging sapi agar teksturnya tidak keras atau sulit dikunyah. Cara yang biasa dilakukan oleh para ibu di rumah agar daging lebih cepat empuk adalah memasak menggunakan panci presto.

Namun, bagaimana untuk kamu yang gak punya panci presto di rumah. Apakah ada cara masak daging sapi yang enak dan cepat empuk yang bisa diterapkan?

Tips Masak Daging Sapi Enak dan Empuk

Artikel ini, akan memberikan tips plus teknis cara masak daging sapi yang enak dan cepat empuk, sehingga kamu bisa menyajikan hidangan daging sapi sempurna yang menggugah selera bagi keluarga dan kerabat.

1. Jangan Cuci Daging

Salah satu cara agar daging sapi yang kamu miliki terjaga keempukannya adalah dengan tidak mencuci daging. Yup, daging kurban yang telah kamu terima disarankan untuk langsung diolah.

Mencuci daging akan menyebabkan hilangnya kelembapan alami dan lemak pada permukaan yang membantu daging tetap empuk dan beraroma ketika dimasak.

Alasan lain mengapa kegiatan ini dilarang adalah karena mencuci daging mentah bisa menyebarkan bakteri berbahaya seperti Salmonella dan E.coli ke permukaan peralatan dapur atau makanan lainnya.

2. Bungkus Daging dengan Daun Pepaya

Bungkus Daging dengan Daun Pepaya
Image source: happyfresh.id

Langkah kedua adalah dengan membungkus daging menggunakan daun pepaya. Daun pepaya dikenal mengandung enzim papain, yang bisa memecah protein dan serat otot dalam daging, sehingga daging akan lebih empuk.

Caranya mudah, kamu cukup menyiapkan beberapa lembar daun pepaya yang telah dicuci bersih dan dikeringkan, lalu remas-remas daun pepaya dan bungkus potongan daging dengan daun pepaya. Pastikan setiap potongan daging terbungkus dengan rapat.

Diamkan daging selama 3o menit hingga 2 jam. Setelahnya, kamu bisa membilas daging dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa enzim papain dan rasa pahit dari daun pepaya.

3. Marinasi Menggunakan Nanas

Marinasi Menggunakan Nanas
Image source: Freepik/freepik

Para ibu mungkin sudah tidak asing lagi dengan tips satu ini, yaitu memanfaatkan buah nanas untuk melunakkan daging. Buah nanas mengandung enzim bromelain, yang diketahui bisa memecah protein dalam daging sehingga daging akan terasa lebih lembut.

Kamu bisa mengolah nanas menjadi jus dan melumurinya ke potongan daging. Tutup daging dengan plastik wrap dan diamkan selama sekitar 30 menit hingga 1 jam.

Setelah proses marinasi selesai, bilas daging dengan air bersih dan keringkan dengan tisu dapur. Setelahnya daging sudah siap kamu masak sesuai resep yang diinginkan.

ALLWIN Pisau Dapur Daging Stainless Steel Forged Cleaver Knife 25cm - AB1 - Silver - JakartaNotebook.com
ALLWIN Pisau Dapur Daging Stainless Steel Forged Cleaver Knife 25cm - AB1 termurah. Dapatkan dengan mudah ALLWIN Pisau Dapur Daging Stainless Steel Forged Cleaver Knife 25cm - AB1 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

4. Rendam dengan Baking Powder

Merendam daging dengan baking powder juga diketahui dapat membuat daging menjadi lebih empuk. Baking powder, membantu mengempukkan daging dengan mengubah pH permukaan daging dan memecah serat otot.

Untuk menerapkan tips ini, kamu cukup menyiapkan 1 sendok teh baking powder yang dilarutkan ke dalam 1 cangkir air. Masukkan potongan daging ke dalam larutan baking powder dan diamkan selama 15-20 menit.

Setelah selesai, bilas daging dengan air bersih dan keringkan menggunakan tisu dapur. Saat menggunakan metode ini, pastikan kamu tidak menggunakan baking powder secara berlebih ya, agar tidak memengaruhi rasa daging nantinya.

5. Potong Berlawanan Serat Daging

Potong Berlawanan Serat Daging
Image source: Freepik/javi_indy

Cara memotong daging ternyata turut memengaruhi tingkat keempukan, lho. Sehingga saat akan mengolah daging pastikan untuk tidak memotongnya secara asal-asalan.

Kamu harus memotong daging berlawanan dengan serat otot. Mengapa? Hal ini bertujuan agar daging jadi lebih empuk. Jadi, saat akan memotong daging, perhatikan serat memanjang yang terdapat pada daging, lalu potong daging berlawanan arah dengan serat daging. Metode ini akan memutus serat otot menjadi potongan-potongan kecil.

Lalu apa yang terjadi jika memotong daging sejajar dengan serat otot? Jika kamu mempertahankan panjang serat otot yang utuh saat memotong daging, hal ini bisa membuat daging terasa lebih kenyal namun sulit dikunyah.

Jadi pastikan kamu selalu memperhatikan arah serat daging ya, agar mendapatkan potongan yang empuk.

TaffHOME Wadah Penyimpan Beras Makanan Rice Container Moistureproof 5kg - A2105 - White - JakartaNotebook.com
TaffHOME Wadah Penyimpan Beras Makanan Rice Container Moistureproof 5kg - A2105 termurah. Dapatkan dengan mudah TaffHOME Wadah Penyimpan Beras Makanan Rice Container Moistureproof 5kg - A2105 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

6. Gunakan Metode Slow Cooking

Gunakan Metode Slow Cooking
Image source: Unsplash/Xingchen Yan

Cara yang biasanya digunakan oleh ibu-ibu agar daging sapi yang dimasak enak dan empuk adalah masak menggunakan api kecil selama beberapa jam atau yang dikenal dengan istilah slow cooking.

Memasak dengan api kecil akan secara bertahap memecah serat otot pada daging, sehingga daging akan terasa lebih empuk dan lembut. Hal ini dikarenakan panas yang dihasilkan oleh kompor akan meresap ke daging secara perlahan. Selain itu, bumbu akan meresap secara menyeluruh.

Metode slow cooking ini bisa kamu terapkan untuk daging dengan tekstur keras seperti brisket, lamb shoulder, atau chuck roast, yang membutuhkan waktu lama untuk memecah serat ototnya.

Setelah melihat tips dan teknik cara memasak daging sapi yang enak dan empuk di atas, apakah kamu sudah tahu mau dimasak apa daging kurban nanti? Jangan lupa siapkan segala peralatan memasak agar kamu tidak repot dan bingung nantinya ya.

Jika kamu mencari peralatan penunjang dapur seperti kompor listrik, panci anti lengket, atau gunting daging, kamu bisa mencarinya di JakartaNotebook. Di sini, kamu akan mendapatkan beragam peralatan pelengkap dapur berkualitas dengan harga terjangkau.

Selamat mencoba~