7 Cara Membasmi Rayap di Rumah yang Mudah dan Ampuh

Apakah perabotanmu di rumah terutama yang terbuat dari kayu sering dimakan rayap? Hal ini tentu sangat menjengkelkan. Rayap bisa merusak perabotan tanpa disadari karena mereka hidup dan berkembang biak di tempat yang tersembunyi.

Kehadiran rayap bisa mengurangi kekuatan kayu pada bangunan, furnitur, dan peralatan lainnya, sehingga kerusakannya bisa lebih parah atau bahkan hancur jika hewan yang suka dengan tempat lembap ini tidak segera dibasmi sepenuhnya.

Untuk mengatasi rayap, diperlukan langkah-langkah yang tepat dan efektif. Banyak metode yang bisa digunakan, mulai dari cara alami hingga penggunaan bahan kimia. Tenang saja, beberapa cara sederhana bisa kamu lakukan secara mandiri di rumah.

Cara Membasmi Rayap

Hewan kecil pemakan kayu ini memang bisa menjadi masalah serius jika dibiarkan. Yuk, simak beberapa cara membasmi rayap di rumah yang mudah dan ampuh yang tidak akan merusak furnitur atau perabotan berikut ini.

1. Gunakan Air Sabun

Image Source: Kompas

Menggunakan air sabun adalah cara membasmi rayap di rumah yang sederhana dan efektif. Air sabun bisa mengganggu sistem pernapasan rayap yang bisa membunuh mereka. Metode ini aman digunakan karena tidak meninggalkan residu berbahaya.

Caranya cukup mudah, bahan yang dibutuhkan pun tersedia di hampir setiap rumah. Untuk memulai, campurkan satu sendok makan sabun cuci piring dengan satu liter air hangat dalam botol semprot. Kocok campuran ini agar sabun dan air tercampur rata.

Semprotkan larutan air sabun ini ke area yang terdapat rayap, seperti pada dinding, lantai, atau furnitur kayu. Fokuskan pada area yang terlihat rayap atau jejak-jejak mereka. Ulang langkah ini secara berkala hingga semua rayap benar-benar hilang.

2. Gunakan Minyak Jeruk

Image Source: PopMama

Cara membasmi rayap yang satu ini memiliki aroma segar sehingga ramah lingkungan serta aman untuk manusia dan hewan peliharaan. Minyak ini mengandung senyawa yang diketahui dapat membunuh rayap dengan cara merusak lapisan eksoskeletonnya.

Pertama, identifikasi tempat rayap bersarang seperti kayu yang berlubang atau ada tanda-tanda rayap di sekitar rumah. Selanjutnya teteskan beberapa tetes minyak jeruk langsung ke area tersebut. Aplikasikan secara teratur untuk membasmi koloni rayap.

Jika sarangnya lebih dalam, gunakan suntikan untuk menyuntikkan minyak jeruk ke dalam lubang yang dibuat rayap. Minyak ini juga bisa digunakan sebagai pencegah karena rayap cenderung menjauhi area yang telah disemprot dengan minyak jeruk.

3. Buat Cairan dari Garam Dapur

Image Source: Alodokter

Garam memiliki sifat desinfektan dan dehidrasi yang bisa membantu mengatasi hadirnya rayap. Untuk membuat cairan ini, campurkan satu cangkir garam dapur dengan satu liter air hangat, lalu aduk hingga garam larut sepenuhnya dalam air.

Setelah garam larut dalam air, tuangkan campuran tersebut ke dalam botol spray, lalu semprotkan larutan garam pada area tempat rayap berada, seperti pada kayu, dinding, atau tempat lain yang menunjukkan tanda-tanda serangan rayap.

4. Semprotan Cairan Cuka dan Lemon

Image Source: the AsianParent

Membasmi rayap dengan campuran cuka dan lemon adalah metode alami yang cukup efektif dan mudah dilakukan. Cuka memiliki sifat asam yang dapat merusak sistem saraf rayap dan lemon mengandung senyawa asam sitrat sebagai penolak serangga.

Cara membuatnya cukup sederhana. Kamu hanya perlu mencampur setengah cangkir cuka putih dengan perasan dua hingga tiga buah lemon. Setelah itu, tuang campuran cuka dan lemon tersebut ke dalam botol semprot agar penyemprotan lebih mudah.

Untuk membasmi rayap, semprotkan langsung cairan ini ke area yang dihinggapi rayap, seperti kayu atau furnitur yang menjadi sarang rayap. Kamu juga bisa menyemprotkan ke celah-celah dinding atau lantai di mana rayap sering muncul.

Jinmeiqi Alat Peras Jeruk Lemon Squeezer Pressed Clip Stainless Steel - JQ005 - Silver - JakartaNotebook.com
Jinmeiqi Alat Peras Jeruk Lemon Squeezer Pressed Clip Stainless Steel - JQ005 termurah. Dapatkan dengan mudah Jinmeiqi Alat Peras Jeruk Lemon Squeezer Pressed Clip Stainless Steel - JQ005 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

5. Gunakan Kapur Barus

Image Source: ruparupa

Kapur barus memiliki bau yang sangat kuat dan tidak disukai oleh rayap dan cara membasmi rayap ini aman dan cukup efektif. Kapur barus juga mengandung zat kimia yang bisa mengusir serta mencegah rayap datang kembali ke area yang digerogotinya.

Cara penggunaannya sangat mudah. Cukup tempatkan beberapa butir kapur barus di area yang terinfestasi rayap, seperti di sudut-sudut lemari atau di bawah furnitur yang terbuat dari kayu atau di tempat tersembunyi seperti celah dinding atau lantai.

Kamu juga bisa menumbuk kapur barus menjadi bubuk, lalu menaburkannya di sekitar area yang sering dilalui rayap untuk memastikan mereka tidak kembali. Pastikan untuk menjauhkan kapur barus dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan ya.

6. Cairan dari Daun Mint

Image Source: Kompas

Cara membasmi rayap berikutnya yaitu menggunakan daun mint yang juga dianggap ampuh karena rayap sangat tidak menyukai aroma kuat dari tanaman ini, sehingga efektif untuk menghempas rayap tanpa harus menggunakan bahan kimia berbahaya.

Pertama, ambil beberapa helai daun mint segar, lalu tumbuk atau blender sampai halus. Setelah itu, campurkan dengan air, lalu saring untuk mendapatkan larutan mint yang siap digunakan. Selanjutnya tuangkan larutan ini ke dalam botol semprot.

Semprotkan ke area yang terdapat rayap, seperti furnitur kayu, lantai, atau celah dinding. Kamu juga bisa meletakkan daun mint kering di area yang sering didatangi rayap untuk mencegah mereka kembali atau menanam mint di sekitar rumah.

Leygothy Pemotong Sayur Elektrik Food Veggie Chopper Portable 4in1 - LE40 - Green - JakartaNotebook.com
Leygothy Pemotong Sayur Elektrik Food Veggie Chopper Portable 4in1 - LE40 termurah. Dapatkan dengan mudah Leygothy Pemotong Sayur Elektrik Food Veggie Chopper Portable 4in1 - LE40 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

7. Taburkan Asam Borat

Image Source: Halodoc

Menggunakan asam borat adalah cara membasmi rayap yang cukup efektif dan sering digunakan karena sifatnya yang beracun bagi serangga. Namun, penggunaannya harus hati-hati karena zat ini beracun jika tertelan oleh manusia atau hewan peliharaan.

Pastikan untuk menaburkannya dengan merata di sepanjang jalur yang sering dilewati oleh rayap agar mereka tidak bisa menghindari kontak dengan zat ini di sekitar furnitur kayu, lantai, atau celah-celah dinding yang sering menjadi sarang rayap.

Selain menaburkannya langsung, kamu juga bisa mencampurkan asam borat dengan air untuk membuat semprotan. Campurkan bubuk asam borat dengan air secukupnya, lalu tuangkan ke dalam botol semprot dan semprotkan ke area tempat rayap berada.

Itulah deretan cara membasmi rayap yang mudah dan ampuh. Untuk mencegah agar rayap tidak bersarang kembali, pastikan rumah atau bangunan, serta furnitur kayu tetap kering dan tidak lembap. Hal ini karena rayap menyukai tempat yang basah.

Periksa dan perbaiki kebocoran air, terutama di area kayu, serta pastikan ada sirkulasi udara yang cukup. Hindari menumpuk kayu di dekat rumah atau di dalam tanah, dan jika perlu, gunakan kayu yang sudah diawetkan atau dilapisi bahan anti-rayap.

Nah, agar rumah kamu semakin nyaman dan terhindar dari berbagai pernyakit yang disebabkan oleh serangga, kamu bisa menggunakan alat pembasmi serangga seperti raket nyamuk, lampu anti nyamuk, racun serangga, hingga perangkap lalat.