Cara Membuat Lampion Sederhana di Rumah dengan Mudah

Temukan cara membuat lampion sederhana di rumah dengan mudah dalam artikel berikut ini.

Cara Membuat Lampion Sederhana di Rumah dengan Mudah
Image source: Freepik/Kerfin7

Salah satu benda yang identik dengan perayaan Tahun Baru China atau Imlek adalah lampion. Kamu bisa menemukan beragam lampion dengan bentuk unik dan cantik yang menghiasi berbagai sudut toko atau rumah ketika perayaan besar masyarakat Tionghoa berlangsung.

Kehadiran lampion pada perayaan Imlek nyatanya tidak hanya sebagai aksesoris semata, akan tetapi melambangkan sebuah makna kuat yaitu kemakmuran, kesatuan, dan rezeki.

Cara Membuat Lampion di Rumah

Nah, untuk kamu yang tertarik memasang lampion di setiap sudut rumah namun ingin membuatnya secara pribadi bisa mengikuti tutorial cara membuat lampion di rumah dengan bahan-bahan yang ada di sekitar yang pastinya simpel dan juga mudah di bawah ini.

1. Cara Membuat Lampion dari Kertas

Cara Membuat Lampion dari Kertas
Image soure: Freepik/freepik

Membuat lampion dari kertas tidaklah rumit. Hal pertama yang perlu kamu siapkan adalah kertas berwarna merah dan kuning, gunting atau cutter, lem, double tip, tali atau benang, lampu LED, dan spidol.

Langkah Pembuatan:

a. Potong kertas berwarna merah menjadi bentuk lingkaran atau bulat berdiameter 8 cm. Kamu bisa menggunakan alat bantu seperti penggaris busur untuk membuat lingkaran.

b. Apabila ingin membuat lampion dengan tampilan lucu dan unik, kamu bisa membuat pola pada kertas mulai dari pola geometris, gambar hewan, bunga, atau apa pun yang disukai menggunakan spidol.

b. Selanjutnya, lipat kertas menjadi dua bagian atau membentuk setengah bulan dengan bagian berpola berada di sisi dalam lipatan.

c. Siapkan kertas berwarna kuning berukuran 10 x 17 cm sebagai alas, kemudian berikan lem secara vertikal di atas kertas.

d. Tempatkan bagian yang terlipat dari kertas bulat ke atas lem, dan beri untuk setiap kertasnya sekitar 1 cm. Ulangi hal ini hingga seluruh kertas bulat habis.

e. Setelah semua kertas bulat terpasang, beri lem pada salah satu ujung kertas alas, dan pertemukan setiap ujung kertas alas hingga membentuk lingkaran. Pastikan keduanya saling menempel dengan baik.

f. Apabila kamu ingin membuat lampion yang menyala, maka buat penutup untuk bagian bawah lampion. Potong kertas membentuk lingkaran dengan diameter sesuai alas kertas, lalu beri lem pada sisi dalam kertas penutup, dan tempatkan di bagian bawah lampion.

g. Pasang double tip ke bagian bawah lampu LED, kemudian masukkan lampu LED ke dalam lampion. Jangan lupa untuk menyalakan lampu LEDnya terlebih dahulu ya.

h. Langkah berikutnya adalah membuat lubang untuk penyangga tali. Buat masing-masing satu lubang pada sisi kanan dan kiri lampion, kemudian masukkan tali melalui kedua lubang tersebut.

i. Setelahnya, gantung lampion ke setiap sudut rumahmu.

2. Cara Membuat Lampion dari Botol Bekas

Cara Membuat Lampion dari Botol Bekas
Image source: talita-rahma.com

Selain dari kertas, lampion juga bisa dibuat dari bahan yang sering digunakan yaitu botol plastik. Kamu perlu menyiapkan kertas warna-warni, lem, gunting, tali, pembolong kertas, lilin atau lampu LED, dan botol bekas berukuran 2 liter.

Langkah Pembuatan:

a. Pertama-tama, pilih botol plastik bekas yang masih dalam kondisi baik, lalu cuci bersih dan keringkan. Pastikan kamu melepas label dan tutup botol.

b. Bentuk pola dan potong kertas warna-warni sesuai kreativitasmu.

c. Potong botol sesuai dengan desain yang telah kamu tentukan, seperti membuat potongan dengan ukuran yang besar atau kecil.

d. Selanjutnya, oleskan lem ke bagian luar botol secara merata, kemudian tempelkan kertas warna-warni yang telah kamu pola ke badan botol.

e. Gunakan gunting atau cutter untuk membuat lubang pada bagian-bagian potongan botol. Lubang ini berfungsi sebagai tempat keluarnya cahaya.

g. Setelah itu, tempatkan lampu LED atau lilin ke dalam botol. Pastikan lampu dalam posisi aman dan terpasang dengan baik.

h. Buat lubang di sisi atas tepatnya pada bagian kanan dan kiri botol sebagai slot tali gantung, lalu pasang tali ke lubang yang telah kamu buat. Pastikan tali terpasang dengan kuat dan aman.

i. Terakhir, gantung lampion botol bekas ke tempat yang kamu inginkan.

3. Cara Membuat Lampion Terbang dari Kertas Minyak

Cara Membuat Lampion Terbang dari Kertas Minyak
Image source: Unsplash/Hisu lee

Jika sebelumnya kamu telah menyimak langkah membuat lampion dari kertas biasa, kini saatnya kamu mengetahui cara membuat lampion yang bisa kamu terbangkan dari kertas minyak.

Kamu perlu menyiapkan beberapa bahan seperti kertas minyak, kawat, lem, gunting, lilin, tang, cutter, dan bambu untuk membuat lampion jenis ini.

Langkah Pembuatan:

a. Potong bambu dengan lebar sekitar 1 cm menggunakan cutter, lalu tekuk atau bengkokkan bambu menjadi bentuk lingkaran.

b. Siapkan kertas minyak, lalu potong menjadi persegi panjang dan bentuk menjadi tabung atau silinder sesuai dengan ukuran bambu.

c. Setelahnya, ukur diameter kertas minyak yang telah kamu bentuk dan potong kertas minyak lainnya sesuai ukuran tersebut sebagai penutup atas.

d. Siapkan 4 buah kawat dan kaitkan ke bambu. Gunakan tang untuk merangkai kawat dengan lebih mudah dan pastikan kawat kokoh agar dapat menopang lilin.

e. Tempelkan ujung kertas minyak yang terbuka ke bambu menggunakan lem. Pastikan kertas minyak terpasang dengan rapi dan kencang.

f. Pasang lilin ke bagian tengah kawat dengan kuat. Gunakan lilin berukuran kecil dan ringan untuk memastikan lilin tidak menyentuh kertas secara langsung.

g. Lampion selesai dibuat, pastikan semua elemen terpasang dengan aman. Untuk menerbangkannya kamu cukup menyalakan lilin.

Pastikan kamu menerbangkan lampion di tempat terbuka yang aman dari bahan mudah terbakar ya. Jangan menerbangkan lampion di area yang berdekatan dengan pepohonan, gedung, atau benda lain yang bisa terbakar. Utamakan keselamatan.

Setelah menyimak langkah-langkah di atas, kini kamu bisa coba membuat lampion yang simpel dan juga unik di rumah dengan mudah serta menyenangkan. Kamu bahkan bisa mengajak keluarga dan kerabat untuk membuatnya.

Tapi sebelum membuat lampion, jangan lupa untuk mempersiapkan segala jenis peralatannya ya. Kamu bisa dengan mudah membeli gunting, tang, cutter, lilin, dan peralatan lampion lainnya di JakartaNotebook.

Selamat mencoba!