4 Cara Memilih Brankas Terbaik, Dijamin Aman & Sesuai!

Barang berharga dijamin aman setelah kamu simak beberapa cara memilih brankas terbaik dari JakartaNotebook ini. Baca selengkapnya di sini!

4 Cara Memilih Brankas Terbaik, Dijamin Aman & Sesuai!
Image Source: HuffPost

Apakah kamu familiar dengan kata brankas atau safety box? Mungkin kamu pernah mendengar kata tersebut di film atau series yang ada di TV. Namun, tahukah kamu apa itu brankas berserta fungsi dan cara memilihnya?
Jika belum, yuk, kenalan dengan benda yang identik dengan orang kaya ini!

Apa Itu Brankas?

Apa Itu Brankas?
Image Source: Brangkas.ID

Bankas atau safety box adalah lemari dari besi atau baja yang digunakan untuk menyimpan uang dan barang berharga lainnya. Kata brankas berasal dari bahasa Belanda, brandkast yang artinya lemari tahan kebakaran.

Brankas dilengkapi dengan sistem pengunci keamanan, sehingga tidak semua orang bisa mengakses atau membukanya.

Selain itu, penggunaan benda ini juga berfungsi untuk meminimalisir risiko tercecer atau hilangnya berbagai dokumen penting jika terjadi suatu peristiwa tak terduga, seperti kebakaran atau bencana alam.

Alasan Kita Perlu Memiliki Brankas di Rumah

Alasan Kita Perlu Memiliki Brankas di Rumah
Image Source: Boston Globe

Berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang berharga, tentu tempat penyimpanan ini jadi benda yang wajib ada di rumah. Selain itu, terdapat beberapa alasan lain yang membuat kamu kamu perlu memiliki brankas, diantaranya:

1. Akses Terbatas

Beberapa tipe brankas menawarkan fitur penguncian ganda dengan kunci manual dan sidik jari. Penggunaan sidik jari atau fingerprint membatasi jumlah orang yang dapat mengakses tempat penyimpanan ini sehingga isinya tetap aman.

Kehadiran alarm juga memberikan proteksi tambahan karena akan otomatis berbunyi jika ada orang yang salah memasukkan kode atau mencoba membuka secara paksa.

2. Tidak Mudah Dibobol

Material kokoh seperti besi dan baja yang digunakan jadi salah satu alasan kenapa kamu perlu memiliki tempat penyimpanan ini di rumah

Rangka solid yang tahan bor dan gergaji merupakan kelebihan dari brankas sehingga tidak mudah dibongkar dan dibobol. Kini kamu tak perlu lagi merasa was was meninggalkan barang berharga di rumah.

3. Berkas dan Barang Berharga Tidak Berantakan

Jika kamu adalah tipe orang yang suka meletakkan segala macam barang di sembarang tempat dan berakhir pusing sendiri saat mencarinya, maka brankas bisa menjadi solusi.

Simpanlah semua barang yang penting dan berharga di dalam brankas. Selain aman, penggunaan alat ini juga memudahkan kamu mencari barang saat dibutuhkan.

Cara Memilih Brankas Terbaik

Cara Memilih Brankas Terbaik
Image Source: InvestBro

Banyaknya tipe dan jenis brankas yang ada di pasaran mungkin membuat kamu bingung menemukan produk terbaik. Tak perlu khawatir karena kamu bisa simak punya beberapa cara memilih brankas terbaik dari JakartaNotebook berikut.

1. Benda Yang Akan Disimpan

Sebelum kamu terburu-buru ingin membeli kotak penyimpanan ini, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan kegunaan dari brankas.

Pastikan benda apa saja yang akan disimpan di dalamnya, seperti emas, uang, dokumen penting, atau sebagainya. Selain itu pertimbangkan juga berapa banyak barang yang akan disimpan di dalamnya.

2. Ukuran dan Kapasitas Penyimpanan

Cara memilih brankas terbaik selanjutnya adalah perhatikan ukurannya dan kapasitasnya.

Dapat digunakan dalam jangka waktu panjang, usahakan untuk memilih penyimpanan dengan kapasitas besar. Hal ini dilakukan karena barang berharga yang disimpan akan bertambah seiring berjalannya waktu.

Ukuran brankas juga wajib kamu pertimbangkan karena berhubungan dengan tempat untuk peletakkannya. Jika kamu memiliki ruangan terbatas, pilih produk dengan ukuran kecil, begitu pula sebaliknya.

3. Cermati Fitur yang Ditawarkan

Digunakan untuk menyimpan berbagai barang berharga, tentunya kamu ingin memilih brankas dengan level keamanan tertinggi, bukan? Nah, untuk penyimpanan ini melindungi secara maksimal, kamu bisa cermati fitur-fitur yang ditawarkan.

Tempat penyimpanan jenis ini umumnya sudah dilengkapi fitur alarm dan penguncian analog atau digital. Namun, tak ada salahnya kamu memilih fitur tambahan seperti tahan api dan air agar barang yang tersimpan aman dari segala bahaya yang mengintai.

4. Material yang Digunakan

Cara memilih brankas terbaik yang terakhir adalah memperhatikan materialnya. Pilih material yang telah teruji durabilitasnya seperti besi dan besi karena tahan api dan karat.

Selain itu usahakan tempat penyimpanan ini telah lolos standar ketahan internasional (UL) dan Jepang (JIS).

Jadi kunci keamanan barang-barang berharga, pastikan kamu menyimak dan mempraktekkan beberapa cara memilih brankas terbaik ala JakartaNotebook agar tidak salah memilih kotak penyimpanan ini, ya!