6 Cara Memilih Hewan Kurban, Tak Boleh Sembarangan

Selain memastian kehalalannya, kamu juga haru memperhatikan cara memilih hewan kurban agar sesuai syariat. Simak selengkapnya di sini!

6 Cara Memilih Hewan Kurban, Tak Boleh Sembarangan
Image Source: Freepik

Jadi salah hari yang dirayakan secara meriah di luar negeri, Hari Raya Idul Adha menjadi salah satui momen yang dinanti-nanti umat Muslim. Hari yang juga dikenal sebagai Lebaran Haji ini jadi waktu yang tepat bagi pemeluk agama Islam untuk mendekatkan diri pada Sang Kuasa.

Tak hanya itu, umat Muslim yang berkecukupan dan memiliki rezeki lebih dianjurkan untuk menyembelih hewan ternak seperti kambing atau sapi sebagai tanda ketaatan pada Allah SWT.

Daging dari hewan yang disembelih ini kemudian akan dibagikan pada orang-orang yang membutuhkan. Hal ini tentu membuat kamu tak boleh sembarangan saat memilih hewan untuk dikurbankan.

Yuk, simak beberapa cara memilih hewan kurban yang baik dan sesuai syariat agar kamu tak salah pilih.

Cara Memilih Hewan Kurban Sesuai Syariat

Image Source: Indonesia Baik

Dalam melaksanakan ibadah berkurban ini, kita juga perlu memperhatikan tata cara dan syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam memilih hewan kurban. Berikut ini adalah beberapa cara memilih hewan kurban yang baik dan sesuai syariat.

1. Ketahui Jenis Hewan

Cara memilih hewan kurban yang baik pertama adalah mengetahui jenis hewan apa saja yang dapat dipilih.

Hewan yang boleh dikurbankan adalah hewan ternak. Hewan ternak ini meliputi unta, sapi, domba, atau kambing. Di Indonesia sendiri, hewan ternak yang umum dikurbankan biasanya sapi, kambing, atau domba.

2. Pilih Hewan yang Sehat

Hewan ternak yang boleh kamu kurbankan haruslah sehat secara fisik. Kamu juga dianjurkan untuk memilih hewan yang bugar, gemuk, dan berjenis jantan. Hewan yang cacat secara fisik tidak boleh kamu kurbankan.

Sebelum membeli hewan kurban, perhatikan baik-baik kondisi tubuhnya, seperti mata yang cerah, hidung yang lembap, bulu yang bersih dan rapi, serta gerakan yang lincah. Pastikan juga tidak ada kecacatan yang memengaruhi kesehatannya.

ALLWIN Pisau Dapur Daging Stainless Steel Forged Cleaver Knife 25cm - AB1 - Silver - JakartaNotebook.com
ALLWIN Pisau Dapur Daging Stainless Steel Forged Cleaver Knife 25cm - AB1 termurah. Dapatkan dengan mudah ALLWIN Pisau Dapur Daging Stainless Steel Forged Cleaver Knife 25cm - AB1 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

3. Perhatikan Usia Hewan

Tips memilih hewan kurban kurban selanjutnya adalah memerhatikan usia hewan. Berdasarkan pendapat para ulama, dapat disimpulkan bahwa usia hewa ternak yang dapat dikorbankan berbeda-beda tergantung jenisnya

Jika kamu ingin mengurbankan unta, pilih hewan yang telah berusia 5 tahun dan sedang masuk ke tahun ke-6. Lain halnya dengan sapi yang bisa dikurbankan bila sudah memasuki usia 2 tahun.

Untuk hewan yang lebih kecil seperti domba, kamu bisa memilih hewan yang berusia minimal 1 tahun atau 6 bulan jika sulit menemukan domba 1 tahun. Sedangkan untuk untuk kambing harus berumur minimal 1 tahun dan telah masuk tahun ke-2 agar dapat dikurbankan.

4. Perhatikan Asal-Usul

Cara memilih hewan kurban yang tidak boleh kamu lupakan adalah memperhatikan asal-usulnya. Pastikan hewan tersebut berasal dari tempat yang halal dan diperoleh secara sah.

Hindari membeli hewan di tempat yang tidak terpercaya karena status hewan yang tidak jelas. Tentu kamu tidak mau uang yang susah payah dikumpulkan justru terpakai untuk membeli hewan kurban dari hasil mencuri atau hal tidak terpuji lainnya, bukan?

5. Perhatikan Kualitas Lingkungan

Pastikan hewan kurban dipelihara dan hidup dalam kondisi lingkungan yang sehat. Hewan yang hidup di lingkungan yang buruk atau tidak mendapatkan perawatan yang memadai cenderung memiliki kualitas daging yang kurang baik.

Sebaiknya pilih hewan kurban dari peternakan ternama yang sudah menerapkan sistem untuk menjaga kesehatan dan kualitas hewan dengan baik.

QASIQ Timer Masak Dapur Magnetic Stand Kitchen Countdown Clock - JS-183 - Black - JakartaNotebook.com
QASIQ Timer Masak Dapur Magnetic Stand Kitchen Countdown Clock - JS-183 termurah. Dapatkan dengan mudah QASIQ Timer Masak Dapur Magnetic Stand Kitchen Countdown Clock - JS-183 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

6. Sesuaikan Kemampuan

Ketika memilih hewan kurban, perhatikan juga harga hewan tersebut. Sesuaikan dengan kemampuan finansial dan jangan ragu untuk membandingkan harga antara penjual satu dan lainnya.

Ingatlah bahwa tujuan kurban bukanlah untuk memamerkan kemampuan finansial, tetapi sebagai bentuk pengorbanan dan ketaatan kepada Allah SWT.

Waktu Dianjurkannya Berkurban

Image Source: Freepik

Jika sudah berniat untuk berkurban, kamu harus memperhatikan waktu penyembelihan yang tepat dan sah. Menurut para ulama, terdapat beberapa waktu yang dianjurkan untuk melaksanakan ibadah kurban.

Hari yang paling utama untuk melaksanakan ibadah kurban adalah pada Hari Raya Idul Adha. Ini merupakan hari yang ditetapkan sebagai waktu pelaksanaan kurban yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah dalam kalender Hijriyah.

Hari tasyrik juga merupakan hari sunnah untuk melaksanakan kurban. Hari tasyrik meliputi tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah. Ini merupakan kesempatan bagi kamu yang tidak bisa melaksanakan kurban pada Hari Raya Idul Adha.

Kitchen Expert Food Processor Penggiling Daging Meat Chopper 2L - YDM-0070 - Silver - JakartaNotebook.com
Kitchen Expert Food Processor Penggiling Daging Meat Chopper 2L - YDM-0070 termurah. Dapatkan dengan mudah Kitchen Expert Food Processor Penggiling Daging Meat Chopper 2L - YDM-0070 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Beberapa poin cara memilih hewan kurban yang baik dan sesuai syariat merujuk pada nilai pengorbanannya pada Allah SWT. Syarat-syarat tersebut juga memastikan bahwa daging kurban halalan toyyiban untuk dikonsumsi nantinya.

Untuk waktu berkurban, urutan idealnya adalah melakukannya pada Hari Raya Idul Adha. Jika ada keterbatasan atau kendala, kamu bisa memilih salah satu dari tiga hari setelahnya.