5 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Mengelupas

Sering menghadapi masalah bibir kering? Ikuti 5 langkah mudah cara mengatasi bibir kering dan mengelupas berikut ini.

5 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Mengelupas
Image Source: AVERRAglow

Bibir kering dan mengelupas bisa menjadi masalah yang mengganggu dan tidak nyaman. Tidak hanya membuat penampilan terganggu, tetapi juga bisa membuat perasaan tidak percaya diri.

Bibir yang kering dan mengelupas biasanya terjadi saat cuaca terlalu dingin atau terlalu panas. Selain itu, adanya banyak faktor penyebab bibir kering. Yuk, simak penjelasannya di bawah!

Penyebab Bibir Kering

Penyebab Bibir Kering
Image Source: Women'sHealth

Bibir kering dan mengelupas bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Yang pertama karena dehidrasi atau kurangnya asupan air yang dapat mengakibatkan kehilangan kelembapan pada bibir.

Faktor selanjutnya adalah karena kebiasaan menjilat bibir di mana air liur mengandung enzim yang bisa merusak lapisan pelindung bibir sehingga membuat bibir lebih rentan mengelupas.

Penggunaan produk kosmetik yang tidak cocok juga dapat mempengaruhi kondisi bibir. Beberapa kosmetik bibir mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi atau alergi pada bibir. Pewarna, parfum, dan bahan kimia tertentu dalam lipstik, lip gloss, dan kosmetik pewarna bibir lainnya bisa menjadi penyebab bibir kering dan mengelupas jika Anda memiliki sensitivitas terhadapnya.

Mungkin kamu berpikir bahwa merawat bibir tak terlalu penting, bukan? Nyatanya kurangnya perawatan pada bibir seperti jarang menggunakan pelembap bibir merupakan salah satu faktor utama dari bibir yang kering dan pecah-pecah.

5 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Mengelupas

Setelkah mengetahui berbagai penyebabnya, mungkin sekarang kamu mulai mencari bagaimana cara mengatasi bibir kering dan mengelupas. Tak usah khawatir karena JakartaNotebook sudah menyiapkan beberapa tips dan cara ampuh yang bisa kamu lakukan.

1. Rutin Menggunakan Pelembap Bibir

Rutin Menggunakan Pelembap Bibir
Image Source: Pexels

Cara pertama bisa kamu lakukan untuk mengatasi bibir kering adalah dengan menggunakan pelembap bibir. Pelembap seperti lip balm, lip mask, dan lip oinment bisa menghidrasi dan mencegah hilangnay kelembapan pada bibir.

Pilih pelembap bibir yang mengandung bahan-bahan alami, mulai dari lidah buaya, minyak almond, shea butter, hingga vitamin E. Oleskan pelembap bibir secara teratur, terutama sebelum tidur dan saat bibir terasa kering.

2. Jangan Menggigit atau Menjilat Bibir

Jangan Menggigit atau Menjilat Bibir
Image Source: Pexels

Banyak dari kita yang sering menggigit atau bibir secara tidak sadar. Tahukah kamu, nyatanya kebiasaan ini justru bisa merusak lapisan pelindung bibir dan membuatnya semakin kering.

Pada level yang lebih parah, beberapa orang bahkan sampai mengelupas kulit mati pada bibir yang menyebabkan luka dan infeksi.

Jika terlanjur melakukannya, coba hentikan kebiasaan ini dengan mengidentifkasi penyebabnya. Kemudian, alihkan kebiasaan ini dengan menggunakan stress toy seperti squishy atau fidget spinner.

3. Minum Air yang Cukup

Minum Air yang Cukup
Image Source: Pexels

Kekurangan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi, termasuk pada bibir. Air merupakan kunci untuk menjaga kesehatan organ rubuh, mulai dari otak, ginjal, hingga bibir.

Memastikan tubuh meminum air yang cukup sebanyak 2 liter per hari jadi cara mengatasu bibir kering dan mengelupas paling mudah yang bisa kamu lakukan. Tak hanya itu, cara ini juga bisa membuat kulit wajah terlihat lebih sehat, lho!

4. Gunakan Scrub Bibir

Gunakan Scrub Bibir
Image Source: Pexels

Cara mengatasi bibir kering selanjutnya adalah dengan menggunakan scrub bibir secara teratur. Produk ini berisi butiran-butiran lembut yang bisa membantu menghilangkan kulit mati pada bibir.

Kamu juga bisa membuat scrub bibir sendiri dari bahan alami menggunakan madu dan gula halus yang dicampur menjadi pasta.

Gosokkan scrub secara lembut pada bibir dengan gerakan memutar, lalu bilas dengan air hangat dan aplikasikan pelembap bibir.

5. Gunakan Humidifier Pada Ruangan

Gunakan Humidifier Pada Ruangan
Image Source: Pexels

Salah satu manfaat utama penggunaan humidifier adalah meningkatkan kelembapan udara di dalam ruangan. Udara yang kering dapat menyebabkan kulit, termasuk bibir, menjadi kering dan pecah-pecah. Dengan meningkatkan kelembapan udara, humidifier dapat membantu menjaga kelembaban bibir Anda dan mencegahnya menjadi kering serta mengelupas.

Pencarian produk humidifier | JakartaNotebook.com
Hasil pencarian humidifier. humidifier yang termurah dan terlengkap hanya ada di JakartaNotebook.com.

Nyatanya cara mengatasi bibir kering dan mengelupas tidak harus dilakukan dengan produk yang mahal. Kamu dapat memulainya dari hal-hal sederhana yang bisa dilakukan di rumah. Namun, pastikan kamu konsisten agar bisa melihat hasilnya.

Selain beberapa cara di atas, pastikan kamu juga menjaga makanan yang masuk ke tubuh, karena makanan yang dikonsumsi bisa berpengaruh pada kesehatan bibir.