9 Cara Mengatasi Genteng Bocor, Bukan Cuma Ditambal

Waterproofing dan mengganti seng dengan jenis zincalume bisa menjadi cara mengatasi genteng bocor. Perhatikan juga penyebabnya terlebih dahulu.

9 Cara Mengatasi Genteng Bocor, Bukan Cuma Ditambal
Image Source: Freepik/kwangmoop

Musim hujan sudah tiba. Tetesan hujan di luar rumah mungkin bisa diatasi dengan menggunakan jas hujan ponco, jas hujan setelan, atau jas hujan sepatu. Namun, bagaimana dengan tetesan air hujan di dalam rumah?

Sebenarnya kamu bisa mencegah masalah genteng bocor. Melakukan pengecekan rutin agar dapat mengetahui kerusakan yang dapat menyebabkan kebocoran misalnya.

Jika genteng sudah terlanjur bocor, kamu bisa menyimak beberapa cara mengatasi genteng bocor di bawah ini. Pastikan untuk menyimak setiap poin satu per satu agar informasi yang Anda dapatkan bisa bermanfaat.

Cara Mengatasi Genteng Bocor

Cara Mengatasi Genteng Bocor
Image Source: Freepik/wirestock

Ada berbagai cara mengatasi genteng bocor yang bisa dilakukan. Kamu hanya perlu menemukan cara yang tepat sesuai dengan masalah kebocoran yang dialami.

1. Cat untuk Retakan Kecil

Jika dibiarkan, keretakan kecil dapat bertambah parah. Rembesan air yang masuk bisa menimbulkan kelembapan dan jamur. Kamu bisa mengatasi retakan kecil dengan cat anti bocor.

Ada beberapa jenis cat yang bisa kamu gunakan, seperti cat styrin acrylic untuk daya rekat yang tinggi, cat cementius, dan cat membrane untuk dak beton. Jika atap berjenis pelana kuda, sebaiknya tidak memilih cat berbahan membrane.

2. Rapikan Posisi Genteng

Jika tidak ditemukan retakan, mungkin masalahnya ada pada posisi genteng yang tidak pas. Jika ini penyebabnya, kamu hanya perlu merapikan letak genteng hingga posisinya presisi untuk mengatasi genteng bocor.

3. Tambal dengan Semen

Cara mengatasi genteng bocor selanjutnya sama dengan cara pertama. Namun, bukan menggunakan cat anti bocor, melainkan pasta styrofoam atau semen. Kedua bahan ini terbilang cukup efektif untuk menambal kebocoran.

FRVWALK Lap Microfiber Mobil Cleaning Towel Extra Soft High Absorption 40x60cm - FR64 - Gray - JakartaNotebook.com
FRVWALK Lap Microfiber Mobil Cleaning Towel Extra Soft High Absorption 40x60cm - FR64 termurah. Dapatkan dengan mudah FRVWALK Lap Microfiber Mobil Cleaning Towel Extra Soft High Absorption 40x60cm - FR64 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

4. Waterproofing dan Serat Kasa

Jika kamu kesulitan mengganti genteng dengan bentuk yang sama, bisa gunakan material waterproofing plus serat kassa. Caranya adalah dengan memotong serat kassa pada bidang genteng sesuai ukuran, lalu olesi dengan larutan waterproof.

5. Periksa Nok dan Tambal

Tidak melulu bagian genteng, bisa jadi penyebab kebocoran adalah bagian adukan di bawah nok. Jika bagian tersebut retak, kamu bisa mengatasinya dengan menambal dan beri pelapis anti bocor.

6. Renovasi Konstruksi Atap Rumah

Jika cara mengatasi genteng bocor dengan mengganti dan menambal tidak berpengaruh. Maka yang dapat dilakukan adalah dengan renovasi konstruksi atap. Karena penyebab genteng bocor juga dapat disebabkan oleh konstruksi yang melengkung, tidak sesuai, atau tidak kuat dalam menahan beban.

7. Seng Berkarat Ganti Zincalume

Kamu juga bisa memeriksa bagian seng, karena seng berkarat bisa menjadi penyebab kebocoran. Cara mengatasi genteng bocor karena seng adalah menggantinya dengan jenis zincalume yang lebih tahan karat.

Deco Payung Lipat Buka Tutup Manual Desain Botol Wine Anti UV 97cm - YS06 - Black - JakartaNotebook.com
Deco Payung Lipat Buka Tutup Manual Desain Botol Wine Anti UV 97cm - YS06 termurah. Dapatkan dengan mudah Deco Payung Lipat Buka Tutup Manual Desain Botol Wine Anti UV 97cm - YS06 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

8. Perhatikan Sirkulasi Udara

Tidak hanya genteng bolong saja, kebocoran dapat juga ditimbulkan oleh atap yang terlalu lembap di saat musim hujan. Agar menghindari atap yang keropos pastikan jika di dalam rumah memiliki sistem sirkulasi yang cukup dan baik.

Cara mengatasi genteng bocor dengan menjaga sirkulasi dapat dibangun dengan adanya sebuah jendela atau lubang pada sisi atap atau bawah genteng sehingga ruangan dalam kerangka atap tetap kering.

9. Gunakan Aksesori Atap

Selain dengan menambal dan mengganti, cara mengatasi genteng bocor juga dapat dilakukan dengan menggunakan tambahan aksesori anti bocor seperti genteng double.

Ini merupakan jenis genteng yang dibuat untuk menghalau air untuk meresap ke dalam plafon. Dua genteng akan membuat air mengalir ke palang dan bila terjadi rembesan maka tidak akan langsung mengenai atap.

Itu dia 9 penyebab sekaligus cara mengatasi genteng bocor yang bisa kamu lakukan. Sebelum melakukan perbaikan, pastikan terlebih dahulu apa penyebab dari tetesan air hujan yang masuk ke rumah, ya!