5 Cara Mengatasi Insomnia Tanpa Obat

Insomnia bisa diatasi tanpa menggunakan obat yang akan membuatmu ketergantungan. Bagaimana caranya? Simak artikel di bawah ini.

5 Cara Mengatasi Insomnia Tanpa Obat
Image Source: Unsplash

Insomnia merupakan suatu kondisi saat seseorang sulit tertidur atau sulit untuk tetap tidur. Kondisi ini akan memengaruhi kualitas hidup karena dengan kurangnya tidur pastinya akan merasa lelah, tak bertenaga, dan sulit untuk konsentrasi di siang hari.

Orang yang mengalami insomnia sering kali mengeluhkan kesulitan tidur atau sering terbangun di malam hari. Gejala-gejala insomnia bisa bersifat akut jika terjadi sesekali selama beberapa hari, dan bersifat kronis jika terjadi lebih dari tiga kali seminggu selama tiga bulan atau lebih.

Beberapa faktor yang dapat memicu insomnia antara lain stres, kecemasan, depresi, masalah kesehatan mental atau fisik, penggunaan obat-obatan tertentu, kebiasaan tidur yang buruk, seperti tidur terlalu siang atau terlalu pagi, serta konsumsi kafein, alkohol, atau nikotin.

Dengan cara yang tepat, insomnia dapat diatasi dan membantumu untuk tidur lebih cepat dan lelap. Lantas apa saja cara untuk mengatasi insomnia? Berikut JakartaNotebook uraikan 5 cara mengatasi insomnia tanpa obat.

1. Membuat Jadwal Tidur

Image Source: Pexels

Waktu tidur yang berubah-ubah merupakan salah satu pemicu dari insomnia. Hal itu terjadi karena tidur yang tak teratur akan mengganggu ritme sirkadian tubuh. Untuk itu, kamu harus mencoba tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari agar tercipta pola tidur yang baik dan membantu untuk mengatur ritme sirkadian tubuh.

2. Membatasi Konsumsi Kafein

Image Source: Pexels

Kandungan kafein dalam minuman seperti teh, kopi, atau minuman berenergi akan membuat kamu terjaga sehingga sulit untuk tidur. Kamu harus membatasi konsumsi kafein terutama di malam hari agar cepat terlelap.

3. Olahraga dengan Teratur

Image Source: Pexels

Olahraga dapat membantu untuk mengurangi stress dan meningkatkan kualitas tidur kamu. Lakukan olahraga ringan seperti jogging atau berenang. Melakukan olahraga setidaknya 150 menit per-minggu selama 6 bulan dapat membantu mengurangi insomnia. Namun, kamu harus menghindari melakukan olahraga berat pada malam hari karena hal itu akan membuatmu terjaga.

4. Lakukan Relaksasi

Image Source: Pexels

Berbagai teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau pengaturan pernapasan dapat memberikanmu ketenangan dan kenyamanan. Dengan melakukan relaksasi, pikiran pun menjadi tenang sehingga memudahkanmu untuk cepat terlelap.

5. Ciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman

Image Source: Pexels

Lampu yang redup, bantal yang empuk, dan kasur yang nyaman akan membantu kamu untuk terlelap lebih cepat karena lingkungan tidurmu yang mendukung. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aromaterapi untuk efek yang menenangkan. Jika lingkunganmu terdapat suara bising, kamu bisa menggunakan white noise untuk menutupi suara bising yang dapat mengganggu tidurmu.

White noise merupakan beragam suara menenangkan seperti suara hujan, suara jangkrik, deburan ombak atau suara statis dari televisi, yang mampu membuatmu tidur lelap dengan cepat.

***

Itulah beberapa cara untuk mengatasi insomnia. Kamu bisa mengikuti cara di atas dan disarankan untuk tidak mengonsumsi obat tidur karena akan menyebabkan ketergantungan yang kemudian berdampak buruk bagi tubuh.