5 Cara Mengatasi Keringat Berlebih, Dijamin Makin Pede!

Sedang bermasalah dengan keringat berlebih? Tak perlu khawatir karena kamu bisa simak beberapa cara mengatasi keringat berlebih ala JakartaNotebook!

5 Cara Mengatasi Keringat Berlebih, Dijamin Makin Pede!
Image Source: Pexels

Saat beraktivitas di cuaca panas atau di luar ruangan tubuh akan mengeluarkan keringat yang membantu menurunkan suhu. Tak hanya itu, keringat juga berfungsi untuk mengeluarkan sisa metabolisme yang sudah tidak diperlukan dan berbahaya untuk tubuh.

Meski punya fungsi yang penting, nyatanya keringat yang keluar seringkali membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Apalagi kalau bermasalah dengan produksi keringat berlebih. Jangan khawatir karena kamu bisa intip beberapa cara mengatasi keringat berlebih dari JakartaNotebook.

Tapi sebelum itu, ada baiknya kamu tahu apa saja penyebab keringat berlebih terlebih dahulu.

Penyebab Keringat Berlebih

Keringat berlebih atau hiperhidrosis bisa disebabkan oleh banyak hal. Pada umumnya kelenjar di lapisan kulit akan memproduksi keringat ketika tubuh melakukan aktivitas berat, konsumsi makanan pedas, serta cuaca panas.

Kondisi ini kemudian dibagi menjadi dua jenis, yakni keringat berlebih primer (focal hyperhidrosis) dan keringat berlebih sekunder (generalized hyperhidrosis).

Keringat berlebih primer terjadi pada bagian wajah, ketiak, tangan, dan telapak kaki yang dipicu oleh aktivitas berat, stres, cemas, hingga gugup. Sedangkan keringat berlebih sekunder merupakan tanda berbagai penyakit serius, seperti diabetes, serangan jantung, gangguan tiroid, dan banyak lainnya yang terjadi di seluruh bagian tubuh.

Cara Mengatasi Keringat Berlebih

Setelah mengetahui apa saja yang menyebabkan kondisi ini, sekarang saatnya kamu simak cara mengatasi keringat berlebih yang mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

1. Hindari Makanan yang Meningkatkan Produksi Keringat

Hindari Makanan yang Meningkatkan Produksi Keringat
Image Source: Pexels

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, mengonsumsi makanan pedas dapat meningkatkan produksi keringat. Namun, nyatanya masih ada makanan lain yang menyebabkan kondisi ini.

Cara mengatasi keringat berlebih pertama adalah menghindari makanan pedas dan mengandung kafein.

Makanan pedas memiliki sifat panas sehingga tubuh berusaha menurunkan suhunya dengan mengeluarkan keringat. Sedangkan konsumsi kafein mempengaruhi otak untuk meningkatkan detak jantung dan merangsang keringat keluar.

Meski dilarang bukan berarti kamu tidak boleh mengonsumsi kedua makanan ini, ya! Pastikan kamu tidak mengonsumsinya secara berlebihan atau pada saat-saat penting agar keringat yang keluar tak mengganggu.

2. Aplikasikan Antiperspirant Sebelum Tidur

Aplikasikan Antiperspirant Sebelum Tidur
Image Source: Unsplash

Antiperspirant merupakan obat yang berfungsi untuk mengurangi produksi keringat. Obat ini bekerja dengan cara memblokir kelenjar keringat sehingga banyak direkomendasikan pada orang yang bermasalah dengan keringat berlebih.

Kamu bisa menggunakan antiperspirant pada ketiak atau area tubuh lain dengan masalah yang sama. Aplikasikan produk ini pada malam hari sebelum tidur agar kamu bisa langsung beraktivitas dengan tenang di keesokan harinya.

3. Pilih Pakaian yang Nyaman dan Menyerap Keringat

Pilih Pakaian yang Nyaman dan Menyerap Keringat
Image Source: Pexels

Tinggal di negara tropis seperti Indonesia rasanya kita sudah tak asing lagi dengan cuaca panas sepanjang tahun. Berhubungan dengan cuaca panas, cara mengurangi keringat berlebih selanjutnya adalah memilih pakaian yang nyaman dan menyerap keringat.

Pakaian yang terlalu tebal dapat membuat gerah apalagi jika digunakan di luar ruangan. Hal ini menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak keringat untuk menurunkan suhunya.

Untuk mencegah hal ini terjadi, pilih pakaian dari bahan yang nyaman dan menyerap keringat seperti katun, rayon, atau jersey. Selain itu, usahakan untuk menggunakan baju dengan warna terang agar tidak menyerap panas dari sinar matahari.

4. Manajemen Stres

Manajemen Stres
Image Source: Pexels

Stres adalah sumber dari berbagai masalah kesehatan, tak terkecuali keringat berlebih. Stres merupakan respon tubuh saat menghadapi ancaman atau situasi berbahaya lainnya.

Kondisi ini menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon adrenalin dan kortisol yang membuat detak jantung dan tekanan darah meningkat. Inilah yang menyebabkan kamu berkeringat sebelum presentasi atau melakukan hal penting lainnya.

Maka pastikan kamu bisa mengatur stres dengan baik. Cara mengatasi stres simpel yang bisa kamu lakukan adalah dengan berlatih teknik pernapasan 4-7-8.

5. Kurangi Aktivitas di Luar Ruangan

Kurangi Aktivitas di Luar Ruangan
Image Source: Pexels

Cara mengatasi keringat berlebih yang terakhir adalah dengan mengurangi aktivitas di luar ruangan. Meski terlihat sederhana, cara ini terbukti efektif untuk menjaga tubuh tetap bersih dari keringat dan kulit belang akibat panas matahari.

Jika kamu terpaksa harus ke luar ruangan, pastikan kamu menggunakan payung serta membawa kipas angin portable agar tubuh tetap sejuk dan tidak berkeringat.

Sarmocare Kipas Leher Portable 2 in 1 Hand Held LED Display 4000mAh - D9 - Black - JakartaNotebook.com
Sarmocare Kipas Leher Portable 2 in 1 Hand Held LED Display 4000mAh - D9 termurah. Dapatkan dengan mudah Sarmocare Kipas Leher Portable 2 in 1 Hand Held LED Display 4000mAh - D9 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Keringat berlebih memang jadi salah satu masalah yang bisa membuat rasa percaya diri kita hilang, tapi bukan berarti tidak bisa diatasi. Semoga cara mengatasi keringat berlebih ala JakartaNotebook bisa membantu.

Jangan ragu untuk konsultasi ke dokter atau tenaga kesehatan terdekat jika kondisi ini diikuti dengan gejala lainnya, ya!