3 Cara Mengatasi Kulit Belang yang Simpel & Ampuh

Perbaiki pola hidup kamu dengan lakukan 3 cara ini untuk mengatasi kulit belang yang simpel dan ampuh.

3 Cara Mengatasi Kulit Belang yang Simpel & Ampuh
Image Source: freepik

Memiliki warna kulit yang berbeda dalam satu area tubuh, seperti lengan misalnya merupakan hal yang normal, terutama ketika kamu memiliki masalah kulit, terkena paparan sinar matahari, atau bahkan bertambahnya usia.

Kulit belang sendiri memiliki definisi perbedaan warna dari berbagai bagian tubuh di area yang sama. Seperti misalnya di area kulit wajah, kamu mungkin cenderung memiliki warna kening yang lebih gelap dibandingkan area pipi.

Apa yang Menyebabkan Kulit Jadi Belang?

Apa yang Menyebabkan Kulit Jadi Belang?
Image Source: Freepik

Penyebab kulit belang sendiri bisa datang dari berbagai faktor. Simak penjelasan di bawah agar kamu makin paham.

1. Paparan Sinar Matahari

Kondisi lingkungan seperti suhu ekstrem dapat membuat kulit menjadi merah dan kasar.

Selain itu, cuaca seperti paparan sinar matahari dan kulit yang tidak diberikan perlindungan menjadi faktor paling umum yang menyebabkan hiperpigmentasi (flek hitam).

LISM Payung Lipat 3 Tahan Angin Lapisan Anti UV 8 Bones - L8 - Mix Color - JakartaNotebook.com
LISM Payung Lipat 3 Tahan Angin Lapisan Anti UV 8 Bones - L8 termurah. Dapatkan dengan mudah LISM Payung Lipat 3 Tahan Angin Lapisan Anti UV 8 Bones - L8 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

2. Efek Samping Penggunaan Obat

Penggunaan obat yang dapat memberikan reaksi pada tubuh dapat menjadi alasan lain kulit belang, obat kontrasepsi wanita contohnya.

Saat mengonsumsi pil KB atau menggunakan metode KB hormonal lainnya, kadar estrogen dan progesteron akan berubah untuk mencegah kehamilan. Perubahan hormonal ini lah yang dapat memicu produksi melanin berlebih, dan menyebabkan perbedaan warna kulit pada wajah.

Selalu tanyakan efek samping yang Anda alami pada dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

3. Terlalu Sering Mencuci Muka

Mencuci muka terlalu sering dapat menimbulkan iritasi, menyebabkan kulit kasar, dan, menghilangkan kelembapan dan pada akhirnya menyebabkan perbedaan warna pada kulit.

Bagaimana Cara Mengatasi Kulit Belang?

Bagaimana Cara Mengatasi Kulit Belang?
Image Source: Freepik

Setelah paham apa saja penyebabnya tentu kamu penasaran dengan cara mengatasi kulit belang, bukan? Jangan khawatir, JakartaNotebook punya beberapa cara simpel dan ampuh yang bisa kamu lakukan.

1. Gunakan Tabir Surya dan Hindari Paparan Sinar Matahari

Hal paling simpel yang bisa kamu lakukan adalah menghindari paparan sinar matahari.

Aplikasikan tabir surya secara merata pada seluruh tubuh terutama saat kamu melakukan aktivitas di luar rangan, bahkan meskipun di hari yang mendung sekalipun. Penggunaan tabir surya ini wajib hukumnya digunakan oleh berbagai jenis dan warna kulit.

Matahari yang menjadi sumber pencahayaan serta kehidupan, dan bintang terbesar di tata surya ini dapat menimbulkan kerusakan pada kulit, lho!

Selain untuk menghindari kulit belang, tabir surya juga digunakan untuk melindungi kulit kamu dari 3 kanker kulit yang paling umum, yaitu karsinoma sel skuamosa, karsinoma sel basal, dan melanoma.

SANWOOD Topi Pantai Unisex Anti UV Golf Hat Sun Visor Breathable S 48-58 cm - SAN-21 - White - JakartaNotebook.com
SANWOOD Topi Pantai Unisex Anti UV Golf Hat Sun Visor Breathable S 48-58 cm - SAN-21 termurah. Dapatkan dengan mudah SANWOOD Topi Pantai Unisex Anti UV Golf Hat Sun Visor Breathable S 48-58 cm - SAN-21 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

2. Gunakan Pakaian yang Melindungi dari Sinar Matahari

Saat suhu di luar panas, kamu pasti berpikir untuk menggunakan pakaian lengan pendek agar tidak berkeringat. Padahal, kebiasaan ini lah yang jadi salah satu penyebab munculnya kulit belang pada bagian tubuh kamu.

Gunakan pakaian lengan panjang yang melindungi tubuh kamu dari paparan sinar matahari. Selain itu, hindari menggunakan pakaian berwarna gelap.

Pakaian dengan warna gelap nyatanya dapat memudahkan penyerapan sinar matahari, sehingga dapat meningkatkan timbulnya keringat.

3. Minum Banyak Air


Iya, tahu banget deh kalau imbauan ini tuh ada di mana-mana. Kalau ngantuk, kurang konsentrasi, bahkan untuk punya kulit yang cerah berseri pasti ada ada saran untuk minum banyak air.

Selalu memastikan tubuh tetap terhidrasi adalah salah satu cara paling sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan kulit dan tubuh. Ini disebabkan karena kadar air yang cukup bisa mempercepat proses pembentukan sel kulit baru.

Niehaina Botol Minum Olahraga Plastik Sport Water Bottle with Straw 2000 ml - HA437 - Gray - JakartaNotebook.com
Niehaina Botol Minum Olahraga Plastik Sport Water Bottle with Straw 2000 ml - HA437 termurah. Dapatkan dengan mudah Niehaina Botol Minum Olahraga Plastik Sport Water Bottle with Straw 2000 ml - HA437 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Selain cara-cara di atas, kamu juga bisa menggunakan skincare dengan kandungan yang mencerahkan seperti Vitamin C, Niacin, dan Retinol juga dapat membantu mengurangi tampilan kulit belang.

Perbaiki pola hidup kamu seperti menggunakan pakaian yang terlindungi, kenakan warna yang cerah di hari yang terik, mengaplikasikan tabir surya, dan minum air yang cukup adalah cara yang tidak hanya dapat mengurangi, tetapi juga dapat mengatasi munculnya kulit belang.

Namun, jika masalah kulit belang yang kamu alami disebabkan oleh konsumsi obat, pastikan untuk berkonsultasi pada dokter.

Ingat bahwa kulit belang adalah suatu yang normal.

Selalu berusaha untuk menjaga agar kulit kamu tampil sehat adalah langkah kecil yang dapat kamu lakukan untuk menyayangi diri sendiri.


Sumber:

What’s causing your uneven skin tone? | Curology

How to Fix Uneven Skin Tone (fleurandbee.com)

Hyperpigmentation While on Birth Control | Healthfully

The science of sunscreen - Harvard Health

Sunburn - Symptoms and causes - Mayo Clinic