7 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering: Hello Healthy Skin!

Beberapa cara mengatasi kulit wajah kering antara lain gunakan sabun wajah gentle, gunakan pelembap, lakukan hindari produk beralkohol, dan penuhi nutrisi kulit.

7 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering: Hello Healthy Skin!
Sumber: Open Formula

Apakah kulit wajahmu terasa tertarik setelah mencuci muka? Muncul area kemerahan atau ruam hingga mengelupas? Jika jawabannya ya, berarti kondisi kulit wajahmu sedang kering.

Kulit wajah yang kering adalah masalah umum yang dapat memengaruhi siapa pun, terlepas dari jenis kulit atau usia. Kondisi ini tidak hanya dapat mengganggu penampilan, tetapi juga dapat membuat kulit terasa tidak nyaman.

Faktor seperti paparan lingkungan, produk perawatan kulit yang tidak tepat, kurangnya hidrasi tubuh, gangguan medis, hingga faktor genetik dapat berkontribusi terhadap kondisi ini.

Tak perlu khawatir. Langkah dan pilihan produk yang tepat dapat membantu kamu mengembalikan kelembapan pada kulit wajah.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering

Penasaran dengan cara mentasi masalah ini dengan mudah? Yuk, simak beberapa cara mengatasi kulit wajah kering berikut ini agar wajahmu kembali sehat dan glowing!

1. Gunakan Sabun Wajah yang Gentle

Gunakan Sabun Wajah yang Gentle
Sumber: Byrdie

Pertama-tama, pilihlah pembersih wajah yang gentle dan bebas dari bahan-bahan keras yang dapat menghilangkan minyak alami kulit. Gunakan pembersih wajah dengan formula melembapkan atau dapat menyeimbangkan pH kulit.

Hindari produk sabun yang mengandung bahan-bahan seperti alkohol, pewangi, natrium lauril sulfat (SLS), dietanolamina (DEA), monoethanolamine (MEA), trietanolamina (TEA), dan minyak mineral, termasuk parafin paraben.

KINSEI BEAUTY Sikat Pembersih Wajah Sonic Electric Facial Brush - BR-020 - Blue - JakartaNotebook.com
KINSEI BEAUTY Sikat Pembersih Wajah Sonic Electric Facial Brush - BR-020 termurah. Dapatkan dengan mudah KINSEI BEAUTY Sikat Pembersih Wajah Sonic Electric Facial Brush - BR-020 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Jangan mencuci wajah terlalu sering karena dapat menghilangkan minyak alami pada kulit dan dapat memperburuk kondisi kulit kamu yang kering. Pastikan untuk mencuci wajah maksimal 2 kali dalam sehari saja, ya!

2. Selalu Gunakan Pelembap Wajah

Gunakan Pelembap Wajah
Sumber: Freepik/Freepik

Menggunakan pelembap merupakan step perawatan wajah yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan. Oleskan pelembap segera setelah mencuci wajah untuk membantu mengunci kelembapan.

Pemilihan pelembap sangat penting dalam mengatasi kulit wajah kering. Pilih pelembap dengan formula yang menenangkan dan kaya akan bahan-bahan seperti ceramide, hyaluronic acid, dan glycerin, dan sebagainya.

3. Lakukan Eksfoliasi

Lakukan Eksfoliasi kimia
Sumber: Be Beautiful

Eksfoliasi bertujuan mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit yang dapat menghambat penyerapan produk skincare. Pemilik kulit kering, disarankan untuk menggunakan eksfoliator kimia karena biasanya lebih gentle dan tidak menyebabkan iritasi.

Namun, eksfoliasi sebaiknya dilakukan secara berhati-hati dan hanya 1-2 kali dalam seminggu. Terlalu sering melakukan eksfoliasi atau melakukan eksfoliasi yang terlalu keras dapat merusak lapisan pelindung kulit wajah dan menyebabkan iritasi .

4. Hindari Produk yang Mengandung Alkohol

Hindari Produk yang Mengandung Alkohol
Sumber: Freepik/Freepik

Beberapa produk perawatan wajah mengandung zat yang dapat membuat kondisi kulit kering semakin buruk, salah satunya adalah alkohol. Hal ini karena alkohol memiliki sifat mengeringkan atau menghilangkan kelembapan alami wajah.

Oleh karena itu, periksa label produk sebelum membeli dan ganti produk yang memiliki kandungan alkohol. Gunakan produk yang memiliki zat melembapkan seperti hyaluronic acid, ceramide, glycerin, aloe vera, dan sebagainya.

5. Hindari Mandi Air Panas Terlalu Lama

Hindari Mandi Air Panas Terlalu Lama
Sumber: Glamour Magazine

Kulit wajah kering cenderung memiliki lapisan pelindung yang lemah. Paparan air panas yang berkepanjangan dapat merusak lapisan tersebut sehingga menghilangkan minyak alami kulit dan menyebabkan kulit menjadi kering.

Akademi Dermatologi Amerika menyarankan untuk membatasi mandi air panas, yaitu selama 5 hingga 10 menit saja. Setelah mandi atau cuci muka dengan air panas, segera oleskan pelembap untuk membantu mengunci kelembapan.

Biutte.co Steamer Muka face Humidifier Cleaning Spray Steam - K33C - White - JakartaNotebook.com
Biutte.co Steamer Muka face Humidifier Cleaning Spray Steam - K33C termurah. Dapatkan dengan mudah Biutte.co Steamer Muka face Humidifier Cleaning Spray Steam - K33C murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

6. Gunakan Masker Wajah

Gunakan Masker Wajah
Sumber: Freepik/Nakari Dore

Cara selanjutnya adalah menggnakan masker wajah. Memilih masker wajah yang tepat dapat membantu memberikan kelembapan dan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit wajahmu.

Kamu dapat menggunakan jenis masker wajah seperti sheet mask, masker gel, masker cream, masker overnight, hingga masker berbahan alami seperti aloe vera, rosehip oil, atau ekstrak tanaman lainnya yang dapat melembapkan dan menenangkan kulit.

Pilih masker wajah yang dirancang khusus untuk kulit kering dan mengandung bahan-bahan seperti aloevera, madu, atau kolagen. Gunakan masker secara teratur untuk memberikan ekstra kelembapan pada kulit.

ForeverLily Masker Wajah LED Phototherapy Facial Beauty Mask - AL07 - White - JakartaNotebook.com
ForeverLily Masker Wajah LED Phototherapy Facial Beauty Mask - AL07 termurah. Dapatkan dengan mudah ForeverLily Masker Wajah LED Phototherapy Facial Beauty Mask - AL07 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

7. Penuhi Nutrisi Kulit

Penuhi Nutrisi Kulit
Sumber: MyFitnessPal

Selain perawatan luar, memberi nutrisi dari dalam juga tidak kalah pentingnya dalam menjaga kulit tetap sehat dan lembap. Beberapa hal yang dapat kamu lakukan antara lain:

  • Minum air putih secukupnya
  • Konsumsi makanan yang kaya ontioksidan seperti buah-buahan beri, sayuran berwarna-warni, kacang-kacangan, dan biji-bijian
  • Konsumsi makanan kaya vitamin dan mineral seperti vitamin E, vitamin C, dan selenium untuk mendukung kesehatan kulit
  • Konsumsi sumber protein sehat seperti daging tanpa lemak, ikan, tahu, atau kacang-kacangan untuk membantu dalam pembentukan kolagen
  • Hindari makanan yang dapat menyebabkan dehidrasi seperti makanan yang mengandung gula berlebihan atau kafein.

Mengatasi kulit wajah kering membutuhkan perawatan yang tepat dan konsisten. Jika masalah kulit kering kamu sangat parah atau tidak kunjung membaik, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan saran perawatan yang lebih spesifik.

Kini kamu bisa melakukan perawatan layaknya klinik kecantikan premium di rumah saja dengan aneka pilihan alat perawatan kulit dari JakartaNotebook. Temukan penyedot komedo, sikat wajah, alat IPL, dan masih banyak lagi. Tunggu apa lagi? Yuk, kunjungi JakartaNotebook sekarang!


Sumber:

Medical News Today. How to Get Rid of Dry Skin on The Face: Top 6 Remedies. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324935#medication

Cerave. What Type of Skin Do I Have?. https://www.cerave.com/skin-smarts/skincare-tips-advice/what-skin-type-do-i-have#:~:text=If it feels tight and,you likely have normal skin

Mayo Clinic. Dry Skin. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-skin/symptoms-causes/syc-20353885

Healthline.What Causes Dry Skin and How to Treat It. https://www.healthline.com/health/dry-skin