8 Cara Mengatasi Polusi Udara untuk Udara Lebih Bersih

Beberapa cara mengatasi polusi udara yaitu mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, menanam pohon, hingga menggunakan bahan bakar ramah lingkungan.

8 Cara Mengatasi Polusi Udara untuk Udara Lebih Bersih
Sumber: Freepik/Tartila

Apakah kamu merasa kualitas udara akhir-akhir ini semakin memburuk? Polusi udara kini tidak dapat dipungkiri memang telah menjadi masalah lingkungan global yang semakin mendesak untuk diatasi.

Polusi udara terjadi ketika udara di lingkungan terkontaminasi oleh berbagai zat berbahaya yang berasal dari emisi kendaraan bermotor, proses industri, penggunaan pestisida, pembakaran kayu bakar, hingga pembakaran sampah.

Dampak yang dihasilkan dari pencemaran udara pun dapat berakibat serius terhadap kesehatan manusia dan lingkungan seperti gangguan pernapasan hingga rusaknya tatanan ekosistem.

Oleh karena itu, tindakan kolektif dan komprehensif diperlukan guna mengembalikan kualitas udara yang lebih bersih dan sehat bagi generasi saat ini, maupun generasi mendatang.

Cara Mengatasi Polusi Udara

Yuk, simak beberapa cara mengatasi polusi udara yang bisa dilakukan mulai dari diri sendiri hingga perusahaan besar.

1. Pengendalian Emisi Industri

Pengendalian Emisi Industri
Sumber: Freepik/Storyset

Industri memang emiliki peran penting dalam menciptakan kemajuan ekonomi, tetapi juga menjadi salah satu sumber utama polutan udara yang dapat merugikan lingkungan dan kesehatan manusia.

Namun, dengan menerapkan beberapa peraturan, seperti penggunaan teknologi bersih, standar emisi yang ketat, dan pemantauan secara teratur dapat membantu mengurangi emisi berbahaya.

2. Menggunakan Bahan Bakar Ramah Lingkungan

Menggunakan Bahan Bakar yang Ramah Lingkungan
Sumber: Freepik/Storyset

Kendaraan bermotor adalah sumber utama emisi gas yang dapat mencemari udara, apalagi jika jumlah kendaraan bermotor semakin banyak. Belum lagi asap knalpot dari kendaraan yang sudah tidak layak pakai.

Nah, untuk mengatasinya, mulai sekarang kamu dapat beralih ke kendaraan listrik atau bahan bakar bersih. Bila diperlukan, kamu bisa menggunakan sepeda untuk bepergian. Tidak perlu khawatir akan lelah mengayuh karena sepeda kini juga telah ditenagai mesin listrik yang ramah lingkungan.

Xiaomi HIMO C20 Sepeda Listrik Smart Bike Moped 250W 80KM - Black - JakartaNotebook.com
Xiaomi HIMO C20 Sepeda Listrik Smart Bike Moped 250W 80KM termurah. Dapatkan dengan mudah Xiaomi HIMO C20 Sepeda Listrik Smart Bike Moped 250W 80KM murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

3. Menggunakan Produk Ramah Lingkungan

Menggunakan Produk Ramah Lingkungan
Sumber: Freepik/Storyset

Mengurangi penggunaan bahan yang sulit terurai menjadi langkah penting dalam mengatasi polusi udara. Kurangilah penggunaan bahan yang dapat menghasilkan partikel berbahaya, seperti plastik sekali pakai, sedotan plastik, botol plastik, dan bahan plastik lainnya.

Sebagai gantinya, kamu dapat menggunakan produk yang ramah lingkungan seperti tas belanja, sedotan stainless steel, botol tumbler, hingga pembungkus dengan bahan beeswax.

4. Mengurangi Penggunaan Kendaraan Bermotor

Mengurangi Penggunaan Kendaraan Bermotor
Sumber: Freepik/Macrovectro

Kendaraan bermotor menghasilkan emisi gas buang yang berbahaya. Nah, kamu bisa mengurangi produk gas-gas berbahaya ini dengan menggunakan transportasi umum seperti kereta, bus, atau bahkan bersepeda.

Jika tempat yang dituju masih terbilang dekat, cobalah untuk berjalan kaki atau bersepeda alih-alih mengendarai motor. Berjalan kaki tidak hanya mengurangi jejak karbon pribadi, tetapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

Selain mengurangi polusi udara, langkah ini juga dapat berkontribusi dalam mengurangi kemacetan, menghemat energi, dan menciptakan kawasan perkotaan yang lebih baik.

5. Menanam Pohon dan Ruang Terbuka Hijau

Menanam Pohon dan Ruang Terbuka Hijau
Sumber: Freepik/Freepik

Langkah berikutnya adalah penanaman pohon dan ruang terbuka hijau. Seperti yang diketahui, tumbuhan memiliki kemampuan alami untuk menyerap polutan udara dan menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis.

EPOCH Set Sekop Tanaman Shovel Spade Gardening Tools 10 PCS - LXY55 - Green - JakartaNotebook.com
EPOCH Set Sekop Tanaman Shovel Spade Gardening Tools 10 PCS - LXY55 termurah. Dapatkan dengan mudah EPOCH Set Sekop Tanaman Shovel Spade Gardening Tools 10 PCS - LXY55 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Program penanaman pohon massal dan pengembangan ruang terbuka hijau di kawasan perkotaan dapat berkontribusi signifikan dalam membersihkan udara dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat.

6. Hindari Membakar Sampah Sembarangan

Hindari Membakar Sampah Sembarangan
Sumber: Freepik/Freepik

Tahukah kamu? Pembakaran sampah menghasilkan emisi berbahaya seperti partikel halus, gas beracun, dan senyawa kimia berbahaya yang dapat mencemari udara dan merugikan kualitas udara di sekitarnya.

Alih-alih membakar sampah, terdapat opsi yang lebih ramah lingkungan seperti daur ulang, kompos, dan mengikuti gerakan reduce-reuse-recycle.

7. Memasang Alat Penyaring Asap

Memasang Alat Penyaring Asap
Image Source: Freepik/Macrovector

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, limbah asap industri atau pabrik merupakan salah satu penyumbang pencemaran udara terbesar. Oleh karena itu, pihak pabrik perlu memasang filter pada cerobong asap.

Alat ini dirancang untuk menangkap partikel-partikel berbahaya dan polutan udara lainnya yang dapat berdampak negatif terhadap kesehatan manusia sehingga udara yang keluar dari cerobong asap dapat lebih bersih.

Petoneer Pembersih Udara Air Purifier Smart LED Odor - AOE020 - White - JakartaNotebook.com
Petoneer Pembersih Udara Air Purifier Smart LED Odor - AOE020 termurah. Dapatkan dengan mudah Petoneer Pembersih Udara Air Purifier Smart LED Odor - AOE020 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

8. Edukasi dan Kesadaran Masyarakat

Edukasi dan Kesadaran Masyarakat
Sumber: Freepik/Vectorjuice

Ketujuh langkah yang telah disebutkan sebelumnya tentu juga harus dibarengi dengan edukasi dan kesadaran masyarakat tentang betapa bahayanya dampak polusi udara yang tercemar bagi kesehatan manusia dan lingkungan.

Dengan meningkatkan kesadaran akan konsekuensi polusi udara, masyarakat dapat berperan sebagai agen perubahan yang aktif dalam upaya mengurangi tingginya polusi udara.

Ingatlah bahwa mengatasi polusi udara memerlukan waktu dan merupakan tanggung jawab bersama. Tindakan terpadu dari pemerintah, industri, masyarakat, dan organisasi lingkungan sangatlah penting untuk mencapai hasil yang signifikan dalam mengurangi polusi udara.

Let's do it for the better earth!

Nah, jika tidak ingin terganggu dengan udara kotor di rumah, kamu bisa menggunakan perlengkapan hidup sehat dari JakartaNotebook. Di sini kamu bisa menemukan air purifier, humidifier hingga masker anti polusi. Tunggu apa lagi? Yuk, kunjungi JakartaNotebook sekarang!