7 Cara Mengatasi Rambut Lepek, Mudah & Murah!

Bermasalah dengan rambut lepek yang susah diatur? Yuk, simak beberapa cara mengatasi rambut lepek ala JakartaNotebook. Bye bye bad hair day!

7 Cara Mengatasi Rambut Lepek, Mudah & Murah!
Image Source: Unsplash

Rambut lepek. Dua kata ini sudah cukup membuat banyak ladies merasa kesal. Tidak hanya membuat penampilan terlihat kucel, kondisi rambut yang kurang oke juga dapat menyebabkan mood kamu hancur seharian.

Kalau sudah mengalami bad hair day, pasti kamu harus menghabiskan banyak waktu untuk mempersiapkan diri agar rambut tetap terlihat paripurna. Jangan resah, jangan gelisah. Kamu tetap bisa tampil cantik sepanjang hari dengan mempraktekkan beberapa cara mengatasi rambut lepek ala JakartaNotebook.

Tapi sebelum itu, kenalan dulu dengan apa itu rambut lepek, yuk!

Apa Itu Rambut Lepek?

Rambut lepek adalah istilah untuk menyebut kondisi rambut yang berminyak dan tidak bervolume. Kondisi ini biasanya ditandai dengan helaian rambut yang menempel satu sama lain meski sudah disisir.

Tak hanya itu, rambut lepek biasanya juga lebih sulit diatur karena lebih ‘berat’ dari rambut biasa sehingga kamu membutuhkan lebih banyak hairspray agar modelnya tidak berubah. Di sisi lain, penggunaan produk rambut terlalu banyak justru membuat rambut terlihat semakin berminyak.

Penyebab Rambut Lepek

Jadi masalah rambut yang dialami banyak orang, penyebab rambut lepek bisa datang dari berbagai faktor.

Faktor utama yang menyebabkan rambut lepek adalah produk minyak berlebih pada kulit kepala. Banyaknya minyak yang menempel pada kulit kepala dan rambut membuat kotoran lebih mudah menempel pada rambut.

Faktor eksternal seperti polusi, cuaca panas, bilasan yang kurang bersih, hingga salah pilih produk juga dapat membuat rambut kempis dan berminyak.

Cara Mengatasi Rambut Lepek

Setelah mengetahui definisi dan penyebabnya, sekarang saat kamu simak beberapa cara mengatasi rambut lepek yang mudah dan murah. Tentunya cara-cara ini bisa langsung kamu praktekkan di rumah.

1. Memanfaatkan Bedak Bayi

Memanfaatkan Bedak Bayi
Image Source: babycenter

Berbicara tentang rambut lepek, pasti kamu pernah mendengar banyak orang merekomendasikan dry shampoo. Meski efektif untuk mengurangi minyak pada rambut, produk ini biasanya dibanderol dengan harga yang tidak murah.

Nah, khusus para sobat hemat, kamu bisa memanfaatkan bedak bayi sebagai alternatif dry shampoo yang lebih ekonomis. Kedua produk ini punya cara kerja yang sama, yakni menyerap kelebihan minyak pada kulit kepala dan rambut.

Cara menggunakannya juga sangat mudah, cukup tuangkan bedak bayi ke telapak tangan, kemudian aplikasikan ke pangkal rambut.

2. Cuci Rambut Secara Rutin

Cuci Rambut Secara Rutin
Image Source: Pexels

Apakah kamu suka merasa malas mencuci rambut? Jika iya, sekarang saatnya kamu mengubah kebiasaan ini.

Walau terlihat sepele, mencuci rambut secara rutin jadi cara mengatasi rambut paling efektif. Pasalnya shampo dan gerakan menggosok di kulit kepala dapat membersihkan minyak dan debu yang menempel.

Umumnya kita dianjurkan untuk mencuci rambut setiap 2-3 hari sekali agar tetap bersih dan tidak kering.

Aihogard Sisir Kepala Pijat Head Scalp Massage Brush - MTF1121 - Green - JakartaNotebook.com
Aihogard Sisir Kepala Pijat Head Scalp Massage Brush - MTF1121 termurah. Dapatkan dengan mudah Aihogard Sisir Kepala Pijat Head Scalp Massage Brush - MTF1121 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

3. Perhatikan Penggunaan Conditioner

Perhatikan Penggunaan Conditioner
Image Source: Pexels

Penggunaan produk perawatan rambut satu ini memang sedikit tricky. Berfungsi untuk menjaga kelembapan batang rambut, menggunakan conditioner pada pangkal rambut justru bisa menyebabkan kulit kepala berminyak dan berketombe.

Maka pastikan kamu hanya menggunakan conditioner pada bagian tengah hingga ujung batang rambut untuk mencegah masalh rambut ini terulang.

4. Ganti Produk dengan Kandungan Silikon

Ganti Produk dengan Kandungan Silikon
Image Source: Pexels

Cara mengatasi rambut lepek berikutnya adalah dengan mengganti produk perawatan rambut yang mengandung silikon.

Meski banyak digunakan sebagai bahan utama di produk perawatan kulit dan kosmetik, penggunaan silikon pada shampoo dan conditioner justru membuat rambut semakin berat dan berminyak.

Hindari penggunaan produk yang memiliki kandungan amodimethicone, dimethicone, dan cyclomethicone.

5. Keringkan Rambut Sebelum Tidur

Keringkan Rambut Sebelum Tidur
Image Source: Pexels

Tahukah kamu, ternyata tidur dengan rambut basah tidak hanya membuat rambut kusut, tapi juga cepat lepek.

Bantal atau selimut yang menutupi bagian kepala saat tidur membuat rambut lembap dan tidak bisa kering dengan sempurna. Sisa air ini kemudian bercampur dengan minyak alami dari kulit kepala. Akibatnya rambut jadi lebih berminyak dan memicu munculnya ketombe.

aHome Handuk Pengering Rambut Kepala Hair Wrap Quick Drying Towel - AH50 - Multi-Color - JakartaNotebook.com
aHome Handuk Pengering Rambut Kepala Hair Wrap Quick Drying Towel - AH50 termurah. Dapatkan dengan mudah aHome Handuk Pengering Rambut Kepala Hair Wrap Quick Drying Towel - AH50 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

6. Hindari Keramas Menggunakan Air Hangat

Hindari Keramas Menggunakan Air Hangat
Image Source: Pexels

Setelah sibuk beraktivitas, pasti kamu ingin menutup hari dengan mandi dan keramas menggunakan air panas. Sayangnya hal ini justru membuat rambut makan berminyak.

Mencuci rambut dengan air hangat dapat menghilangkan lapisan minyak alami yang ada pada kulit kepala. Akibatnya. Kulit kepala justru memproduksi lebih banyak minyak untuk melindungi rambut agar tidak kering.

Tak hanya itu, penggunaan akhir hangat secara terus menerus juga dapat membuat folikel rambut lemah dan akhirnya rontok.

7. Gunakan Produk Khusus Rambut Lepek

Gunakan Produk Khusus Rambut Lepek
Image Source: Pexels

Cara mengatasi rambut lepek terakhir adalah dengan menggunakan produk khusus untuk rambut lepek.

Saat ini kamu bisa menemukan aneka shampoo, conditioner, masker, toner, hingga vitamin rambut dengan label ‘volumizing’ yang diformulasikan khusus untuk menambah volume dan mengurangi produksi minyak berlebih.

SOOCAS Hair Dryer Pengering Rambut Ion Negatif 1800W - H5 - White/Silver - JakartaNotebook.com
SOOCAS Hair Dryer Pengering Rambut Ion Negatif 1800W - H5 termurah. Dapatkan dengan mudah SOOCAS Hair Dryer Pengering Rambut Ion Negatif 1800W - H5 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Itu dia beberapa cara mengatasi rambut lepek yang bisa kamu lakukan di rumah. Selain cara-cara di atas, jangan lupa pastikan untuk membilas rambut hingga bersih agar tidak ada sisa produk yang tertinggal di kulit kepala.

Selamat mencoba ladies!