9 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Baju, Dijamin Ampuh!

Baju yang berbau apek memang hal menjengkelkan yang sering dialami banyak orang. Mandi dan memakai parfum akan sia-sia kalau baju kamu berbau apek. Selain bisa membuat tidak nyaman pemakainya, baju yang apek juga bisa tercium oleh orang lain.

Bau apek biasanya terjadi pada baju dengan bahan katun, polyester, campuran katun dan polyester, wol, serta spandex. Bahan katun, meskipun nyaman dan menyerap keringat, juga dapat menimbulkan bau jika tidak dicuci dan dikeringkan dengan baik.

Tahukah kamu? Bau apek yang berasal dari bakteri dan jamur dapat menyebabkan iritasi kulit atau infeksi juga, lho. Oleh karena itu, sangat penting untuk merawat semua jenis bahan dengan baik agar pakaianmu tetap segar dan bebas dari bau apek.

Kenapa Baju Bau Apek?

Image Source: Lifestyle Clothesline

Tidak hanya baju kotor, ternyata baju yang bersih juga bisa menimbulkan bau apek. Ada beberapa penyebab utama timbulnya bau apek pada baju, antara lain:

  • Terlalu banyak menggunakan detergen.
  • Pakaian tidak kering.
  • Pakaian tidak langsung dijemur.
  • Pakaian terlalu lama di keranjang laundry.
  • Pakaian kotor tercampur dengan baju lain.
  • Mesin cuci jarang dibersihkan.
  • Pakaian tidak cocok dengan detergen.
  • Pakaian terlalu banyak dicuci.
  • Pakaian tidak langsung dimasukkan ke mesin cuci.
  • Pakaian dicuci dengan air panas.
  • Pakaian direndam terlalu lama.
  • Pakaian disimpan di lemari pakaian yang lembap.

Cara Menghilangkan Bau Apek pada Baju

Image Source: Freepik

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bau apek pada baju, mulai dari metode sederhana menggunakan bahan alami hingga produk pembersih khusus untuk menghilangkan bau. Yuk, simak caranya berikut ini.

1. Cuci dengan Air Lemon

Image Source: Food Republic

Punya lemon di rumah? Kamu bisa memerasnya dan menggunakan airnya sebagai cara menghilangkan bau apek pada baju. Berikut cara mencuci baju dengan campuran air lemon:

  1. Campurkan satu sendok detergen dengan satu gelas air perasan lemon, lalu tuang detergen ke dalam bak atau ember.
  2. Rendam baju di dalamnya selama 15–30 menit.
  3. Lanjutkan proses cuci dan bilas seperti biasa.
  4. Kamu bisa menambahkan pengharum pakaian sebelum pakaian dijemur.
  5. Jemur pakaian hingga benar-benar kering.

2. Campurkan Cuka

Image Source: The Spruce

Cara menghilangkan bau apek pada baju selanjutnya yang mudah adalah dengan mencampurkan cuka putih. Tidak hanya menghapus noda pakaian, cuka juga ampuh untuk mengempaskan bau tidak sedap pada baju serta melembutkan serat kain.

Untuk menghilangkan bau apek, cukup tambahkan ΒΌ gelas cuka putih ke dalam mesin cuci saat mencuci pakaian. Cuka juga dapat ditambahkan langsung pada proses pembilasan untuk membantu menetralisir bau yang menempel dengan lebih efektif.

Jika bau apek sangat kuat, kamu harus merendam pakaian terlebih dahulu ke dalam campuran air dan cuka selama 30 menit sebelum mencucinya seperti biasa. Hal ini akan memberikan waktu lebih lama bagi cuka untuk bekerja menghilangkan bau.

3. Menggunakan Baking Soda

Image Source: Groomed Home

Selain perasan lemon dan cuka, bahan lain yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau apek pada baju adalah dengan baking soda. Baking soda aman digunakan untuk berbagai jenis kain dan tidak akan merusak serat atau warna baju.

Langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Gunakan media datar, seperti meja atau koran untuk meletakkan baju.
  2. Bentangkan pakaian, kemudian taburkan 3–5 sdm baking soda di atasnya.
  3. Diamkan pakaian yang telah ditabur baking soda selama semalam.
  4. Esoknya bersihkan pakaian dari sisa baking soda dengan sikat.
  5. Jemur kembali baju atau diangin-anginkan.

4. Bilas dengan Air Garam

Image Source: Paisley Sparrow

Air garam adalah solusi lainnya yang efektif sebagai cara menghilangkan bau apek pada baju. Garam memiliki sifat antibakteri yang mampu membunuh bakteri penyebab bau, serta membantu melarutkan sisa keringat yang menempel pada serat-serat kain.

Campurkan beberapa sendok makan garam ke dalam air hangat dan rendam pakaian selama 30 menit hingga satu jam untuk menghilangkan bau apek. Setelah direndam, bilas baju dengan air bersih dan lanjutkan mencuci seperti biasa dengan deterjen.

SHENG JUAN Alas Setrika Pelapis Pakaian Tahan Panas 40x90cm - T10-1 - Mix Color - JakartaNotebook.com
SHENG JUAN Alas Setrika Pelapis Pakaian Tahan Panas 40x90cm - T10-1 termurah. Dapatkan dengan mudah SHENG JUAN Alas Setrika Pelapis Pakaian Tahan Panas 40x90cm - T10-1 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

5. Gunakan Pewangi Alami

Image Source: Alodokter

Ternyata bahan pewangi alami bisa digunakan untuk menghilangkan bau apek pada baju, lho. Menggunakan bahan-bahan alami tidak hanya efektif, tetapi juga lebih aman untuk kulit dan lingkungan karena terbebas dari berbagai bahan kimia yang keras.

Kamu bisa memanfaatkan essential oil misalnya lavender, tea tree, atau lemon, yang dapat membantu membasmi mikroorganisme penyebab bau. Campurkan 5–10 tetes minyak ke dalam air bilasan atau ke dalam pelembut pakaian alami buatan sendiri.

Selain itu, juga bisa menggunakan bubuk kopi atau kulit jeruk yang dikeringkan. Cukup masukkan salah satu bahan ke dalam kertas dan gantung di tempat menyimpan baju atau di dekat baju yang bau apek. Kedua bahan akan menetralisir bau tidak sedap.

6. Gunakan Pengharum Terbaik

Image Source: Steamery

Selain memanfaatkan cara alami, perhatikan juga pengharum pakaian yang digunakan untuk mencuci pakaian. Produk pengharum pakaian ini tersedia dalam berbagai bentuk, seperti cairan pelembut, lembaran pengharum, hingga semprotan khusus.

Saat menyetrika baju pun disarankan untuk menggunakan pengharum pakaian. Kamu juga bisa menggunakan lembar pengharum yang digantung di dalam lemari pakaian. Pilihlah produk yang memiliki kandungan anti-kuman untuk meminimalisir bau apek.

7. Simpan Baju dengan Benar

Image Source: Betta Wardrobes

Menyimpan baju dalam tempat yang kering dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur yang menyebabkan bau apek. Hal ini karena kelembapan yang tinggi dapat menyebabkan baju lembap, yang dapat memperburuk masalah bau pada baju.

Tempat penyimpanan yang memiliki sirkulasi udara yang baik bisa membantu mengurangi kelembapan dan mencegah bau apek pada baju. Gantunglah baju dengan jarak yang cukup menggunakan hanger baju untuk pertukaran udara yang optimal.

CLOTHESLINE Jemuran Baju Praktis Indoor Model Tali Retractable - ZB20 - White - JakartaNotebook.com
CLOTHESLINE Jemuran Baju Praktis Indoor Model Tali Retractable - ZB20 termurah. Dapatkan dengan mudah CLOTHESLINE Jemuran Baju Praktis Indoor Model Tali Retractable - ZB20 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

8. Gunakan Silica Gel

Image Source: Electrody

Oleh karena salah satu penyebab baju menjadi bau apek adalah kelembapan, maka menggunakan pengisap kelembapan bisa menjadi solusi. Gunakan saja silica gel yang bisa ditemukan di pasaran untuk menyerap kelembapan dan mencegah bau apek.

Silica gel bekerja dengan menyerap uap air di sekitar baju, sehingga area penyimpanan pakaian tetap kering dan terhindar dari jamur. Letakkanlah beberapa kantong silica gel di antara tumpukan pakaian di dalam lemari atau di dalam laci penyimpanan.

9. Jemur Baju Kembali di Area Terbuka

Image Source: The Guardian

Tahukah kamu? Salah satu faktor munculnya bau apek pada baju adalah karena terlalu lama disimpan di dalam lemari. Menjemur baju di area terbuka yang terkena sinar matahari langsung merupakan cara alami dan efektif untuk mengatasi masalah ini.

Jemurlah pakaian di bawah sinar matahari langsung selama beberapa jam. Jika matahari tidak terlalu terik atau cuaca mendung, Anda tetap bisa menjemur baju di area yang memiliki ventilasi udara yang baik, seperti di balkon atau teras rumah.

Itulah sederet cara menghilangkan bau apek pada baju yang bisa kamu lakukan dengan mandiri di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu dapat dengan efektif menghilangkan bau apek dari baju dan menjaga pakaian favorit tetap segar.

Nah, agar baju kesayanganmu semakin terawat dan tahan lama, kamu bisa menggunakan beberapa aksesoris seperti setrika uap, lint remover, pembatas pakaian, kantong pakaian, cover pakaian, hingga vakum baju.