5 Cara Menghilangkan Trauma Masa Lalu yang Efektif

Cara menghilangkan trauma masa lalu dapat dimulai dengan terapi psikologis, aktivitas fisik, hingga menjaga keseimbangan hidup.

5 Cara Menghilangkan Trauma Masa Lalu yang Efektif
Image Source: Freepik

Trauma masa lalu dapat memiliki dampak yang serius pada kehidupan seseorang. Hal ini dapat mempengaruhi kesehatan mental, emosi, dan bahkan fisik. Namun, mengatasi trauma bukanlah tugas yang mudah.

Dalam artikel ini, JakartaNotebook membagikan beberapa cara menghilangkan trauma masa lalu. Dengan menerapkan metode ini, kamu dapat memulai perjalanan menuju kesembuhan dan kehidupan yang lebih baik.

Cara Menghilangkan Trauma Menurut Terapis

Cara Menghilangkan Trauma Menurut Terapis
Image Source: Freepik

Untuk menghilangkan trauma masa lalu, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan. Menurut Andrea Brandt, Ph.D., seorang terapis pernikahan dan keluarga di Amerika Serikat cara-cara yang bisa dilakukan, diantaranya:

  1. Gunakan pakaian nyaman dan duduk di tempat yang nyaman dan tenang agar dapat fokus sembari menutup mata.
  2. Cobalah mengingat kembali situasi atau peristiwa yang membuat kesal dan temukan apa yang memicu emosi tersebut. Bayangkan diri Anda ada di masa lalu dan rasakan emosi yang muncul saat itu.
  3. Bernapaslah dalam-dalam untuk kembali tenang. Biarkan tubuh merasakan emosi tersebut. Amati dan fokus pada respon fisik yang muncul, seperti kesemutan atau sakit kepala.
  4. Hubungkan emosi dengan sensasi fisik yang dirasakan, seperti perasaan cemas yang membuat dada sesak. Jelaskan secara detail apa yang dirasakan oleh tubuh.
  5. Terimalah semua emosi yang dirasakan. Katakan pada diri sendiri bahwa Anda menyukai dan merangkul semua emosi ini.
  6. Biarkan emosi dan sensasi tersebut mengalir tanpa menahannya. Berikan tubuh kebebasan untuk merespons emosi dengan cara yang diperlukan.
  7. Cermati apakah emosi yang dirasakan berkaitan dengan trauma masa lalu atau trauma masa kecil. Carilah pesan moral yang dapat Anda ambil dari emosi tersebut.
  8. Ceritakan perasaan Anda kepada seseorang yang dapat dipercaya. Jika tidak ada yang dapat diajak berbagi, tuliskan perasaan dan pengalaman Anda terkait trauma masa kecil.
  9. Lakukan ritual untuk melepaskan emosi dan trauma masa lalu. Anda dapat membakar surat atau membuang benda yang terkait dengan trauma tersebut.
DingDongTu Buku Diary 365 Hari Hardcover Agenda Planner Book - DDT-4083 - Gray - JakartaNotebook.com
DingDongTu Buku Diary 365 Hari Hardcover Agenda Planner Book - DDT-4083 termurah. Dapatkan dengan mudah DingDongTu Buku Diary 365 Hari Hardcover Agenda Planner Book - DDT-4083 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Cara Menghilangkan Trauma yang Bisa Dilakukan Sendiri

Cara Menghilangkan Trauma yang Bisa Dilakukan Sendiri
Image Source: Freepik

Untuk menunjang cara menghilangkan trauma masa lalu pada bagian sebelumnya, Anda bisa melakukan berbagai cara berikut. Metode berikut ini meliputi aspek kehidupan secara keseluruhan.

1. Latihan Relaksasi dan Meditasi

Latihan relaksasi dan meditasi dapat membantu meredakan gejala trauma, seperti kecemasan dan stres. Melalui teknik pernapasan yang tepat dan latihan pemusatan pikiran, Anda dapat menciptakan kedamaian dalam diri.

2. Aktivitas Fisik dan Olahraga

Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan produksi endorfin, hormon yang bertanggung jawab untuk perasaan bahagia dan mengurangi stres. Pilihlah jenis olahraga yang Anda sukai dan buatlah jadwal rutin untuk beraktivitas fisik.

VKTECH Roller Alat bantu Yoga Hollow Column Foam Gym Massage Exercise - D334 - Light Blue - JakartaNotebook.com
VKTECH Roller Alat bantu Yoga Hollow Column Foam Gym Massage Exercise - D334 termurah. Dapatkan dengan mudah VKTECH Roller Alat bantu Yoga Hollow Column Foam Gym Massage Exercise - D334 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

3. Menjaga Keseimbangan Hidup

Prioritaskan waktu untuk beristirahat, tidur yang cukup, dan mengisi kehidupan dengan kegiatan yang Anda nikmati. Menjaga pola makan yang sehat juga penting, karena keseimbangan gizi dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental.

4. Mendapatkan Dukungan Sosial

Cara menghilangkan trauma masa lalu selanjutnya adalah dengan berbagi pengalaman dan emosi dengan orang-orang yang dapat dipercaya. Cara ini bisa membuat Anda merasa didengar dan didukung.

5. Terapi Psikologis

Terapi psikologis merupakan salah satu cara menghilangkan trauma masa lalu terbaik. Terdapat beberapa jenis terapi yang efektif, seperti terapi kognitif-perilaku, terapi EMDR, dan terapi bicara.

Terapis yang berpengalaman akan membantu Anda mengidentifikasi dan memproses emosi terkait dengan trauma. Terapi ini juga akan membantu Anda mengembangkan strategi coping yang sehat untuk menghadapi situasi menantang.

Cara menghilangkan trauma masa lalu adalah proses yang membutuhkan waktu dan dedikasi. Dengan menggabungkan aspek medis, fisik, sosial, dan mental, Anda dapat memulai perjalanan pemulihan Anda.

Jangan ragu untuk mencari bantuan profesional jika Anda merasa kesulitan dalam mengatasi trauma. Ingatlah bahwa Anda tidak sendirian, serta ada harapan untuk masa depan yang lebih baik dan lebih bahagia.


Sumber:

Psychology Today. 9 Steps to Healing Childhood Trauma as an Adult. https://www.psychologytoday.com/us/blog/mindful-anger/201804/9-steps-healing-childhood-trauma-adult