Simak! Cara Menghitung Berat Badan Ideal yang Benar

Yuk, cari tahu berat badan ideal milikmu dengan mengikuti rumus perhitungannya yang bisa kamu simak dalam artikel ini.

Simak! Cara Menghitung Berat Badan Ideal yang Benar
Image source: Freepik/V.ivash

Memiliki berat badan ideal adalah impian semua orang, terutama kaum hawa. Sebab, bukan hanya soal standar kecantikan atau ikut-ikutan tren, berat badan yang ideal ternyata mengacu pada kondisi tubuh. Memiliki berat badan ideal jadi salah satu cara memonitor kesehatan dan menerapkan gaya hidup yang seimbang.

Perlu kamu tahu, kelebihan berat badan akan meningkatkan risiko penyakit serius, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes melitus. Sementara, badan yang terlalu kurus juga dapat meningkatkan risiko malnutrisi, anemia, osteoporosis, dan gangguan pertumbuhan.

Seperti pengertiannya, berat badan ideal merupakan berat badan yang dianggap paling menyehatkan bagi seseorang dengan mengacu pada tinggi badan yang dimilikinya. Untuk itu kamu perlu melakukan perhitungan agar mengetahui berapa berat pada tubuhmu saat ini, apakah sudah ideal atau belum.

Lalu, bagaimana cara menghitungnya? Simak langkah di bawah ini!

Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus Broca

Cara pertama untuk menghitung berat badan yang ideal adalah dengan menggunakan rumus Broca.

Rumus yang ditemukan oleh Paul Broca ini merupakan perhitungan untuk membedakan berat badan pria dan wanita karena adanya perbedaan komposisi tubuh. Di mana pria memiliki masa otot lebih banyak daripada wanita, sedangkan wanita memiliki lemak lebih tinggi.

Rumus Broca:

  • Berat badan ideal wanita (kilogram) = [tinggi badan (sentimeter) - 100] - [(tinggi badan (sentimeter) - 100) x 15%]
  • Berat badan ideal pria (kilogram) = [tinggi badan (sentimeter) - 100] - [(tinggi badan (sentimeter) - 100) x 10%]

Misalnya, untuk pria yang memiliki tinggi 185 cm, cara menghitungnya adalah [185 - 100] - [(185-100) x 10%] = 85 - 8.5 = 76.5. Jadi, berat badan ideal untuk pria dengan tinggi 185 cm adalah 76.5 kilogram.

Sementara, untuk wanita yang memiliki tinggi 160 cm, cara menghitungnya adalah [160-100] - [(160-100) x 15%] = 60 - 9 = 51. Jadi, berat badan ideal wanita dengan tinggi 160 cm adalah 51 kilogram.

Cara Menghitung Berat Badan dengan Kalkulator BMI

Perhitungan berat badan yang populer di kalangan masyarakat dan sering ditemui adalah dengan metode kalkulator BMI atau Body Mass Index, yaitu menghitung berat badan ideal berdasarkan tinggi dan berat badan.

Berbeda dengan cara perhitungan sebelumnya, BMI dibedakan berdasarkan usia sehingga cara ini hanya dapat digunakan oleh seseorang yang sudah menginjak usia 20 tahun.

Meski bertujuan untuk mengetahui apakah kamu masuk dalam kategori berat badan ideal atau tidak, nyatanya perhitungan dengan cara ini menimbulkan kesalahpahaman bagi orang-orang yang bertujuan untuk membentuk masa otot karena BMI tidak mempertimbangkannya.

Sebelum kamu mencoba kalkulator BMI, ada baiknya untuk mengetahui beberapa fakta mengenai BMI berikut ini:

  • Angka BMI normal berada di kisaran 18.5 - 25
  • Jika BMI lebih dari 25, itu menandakan berat badanmu berlebih.
  • Jika BMI di bawah 18, itu menandakan berat badanmu kurang.
  • Namun, jika BMI melebihi 40 itu menandakan kamu memasuki morbid obese (tanda bahaya) dan membutuhkan penanganan profesional.

Rumus kalkulator BMI:

  • Berat badan ideal = Berat badan (kilogram) : Tinggi badan (meter)²

Jika berat badanmu adalah 43 kg dengan tinggi badan 150 cm, maka nilai BMI kamu adalah 43 : (1.5)² = 19.1. Jadi, nilai BMI kamu adalah 19.1 dan termasuk berat ideal.

Nah, kini kamu sudah paham cara menghitung berat badan yang ideal, kan Sejatinya ada faktor lain yang harus kamu pertimbangkan saat mengukur berat badan, seperti komposisi tubuh seperti persentase lemak dan massa otot.

Jenis kelamin juga penting dipertimbangkan karena pria dan wanita memiliki komposisi tubuh yang bereda. Terakhir, adalah usia, sebab kebutuhan kalori dan komposisi tubuh dapat berubah seiring pertambahan usia.

Selain menghitung berat yang ideal, kamu juga perlu menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga baik di dalam maupun di luar rumah menggunakan alat fitness yang simpel. Setelahnya, jangan lupa pantau berat badanmu dengan timbangan badan digital agar pengukuran semakin akurat.

Semakin hemat karena kamu bisa menggunakan promo Merdeka Belanja dengan diskon hingga 78% untuk pembelian sepeda dan aksesorisnya. Dapatkan alat penunjang untuk mengukur dan mendapatkan berat badan ideal versimu di JakartaNotebook.