5 Cara Mengkilapkan Body Motor Agar Tampilannya Makin Keren

Ada banyak cara mengkilapkan body motor yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Apa saja? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

5 Cara Mengkilapkan Body Motor Agar Tampilannya Makin Keren
Image Source: Pexels/IvanOboleninov

Memiliki motor yang bersih, mengkilap, dan terawat adalah dambaan setiap pecinta kendaraan bermotor. Kilauan mengesankan pada body motor bukan hanya tentang estetika, tetapi juga melindungi permukaan cat dari kerusakan dan mempertahankan nilai kendaraan.

Tentunya motor dengan tampilan yang bersih dan mengkilap akan terlihat lebih menarik untuk dilihat. Karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara mengkilapkan body motor sehingga kamu bisa tampil lebih keren saat berkendara.

Cara Mengkilapkan Body Motor

Lalu, apa saja langkah-langkah atau cara mengkilapkan body motor? Jika kamu ingin mengetahuinya, yuk, simak caranya di bawah ini.

1. Rutin Mencuci Motor

Rutin Mencuci Motor
Image Source: Pexels/IvanOboleninov

Mencuci motor merupakan cara mengkilapkan body motor pertama. Saat mencuci motor secara rutin, kamu secara berkala menghilangkan kotoran, debu, serangga, dan partikel kecil lainnya yang menempel pada cat. Ini memungkinkan kilap cat motor tetap terlihat.

Pastikan juga kamu mencuci motor dengan langkah yang benar. Gunakan air bersih dan sabun khusus untuk body motor. Hindari menggunakan detergen untuk mencuci body motor karena detergen mengandung bahan kimia yang tidak cocok untuk body motor yang dapat melunturkan warnanya.

2. Pilih Tempat Parkir yang Teduh

Pilih Tempat Parkir yang Teduh
Image Source: Pexels/AleksandrNeplokhov

Pemilihan lokasi parkir motor juga perlu dipertimbangkan. Pasalnya, jika motor parkir di bawah sinar matahri secara langsung, hal tersebut akan menyebabkan body motor cepat kusam. Untuk itu, saat ingin memarkir motor, pastikan di tempat yang terduh dan tidak terpapar sinar matahari.

V-SMART Sarung Penutup Cover Pelindung Motor Bahan Polietilene L 230 x100 x130 cm - CV330 - No Color - JakartaNotebook.com
V-SMART Sarung Penutup Cover Pelindung Motor Bahan Polietilene L 230 x100 x130 cm - CV330 termurah. Dapatkan dengan mudah V-SMART Sarung Penutup Cover Pelindung Motor Bahan Polietilene L 230 x100 x130 cm - CV330 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Jika terpaksa memarkirkan motor di bawah sinar matahari, kamu bisa menutupnya menggunakan cover atau sarung motor agar body tidak kusam.

3. Poles untuk Menghilangkan Goresan

Poles untuk Menghilangkan Goresan
Image Source: Youtube/Cars with Sonduren

Goresan halus seringkali muncul pada cat motor akibat paparan debu, pasir, atau partikel kecil lainnya selama penggunaan sehari-hari. Goresan ini dapat membuat permukaan cat tampak kusam dan tidak rata.

Kamu bisa memolesnya menggunakan polisher atau compound yang diformulasikan khusus untuk mengikis lapisan tipis pada cat dan menghilangkan goresan tersebut.

OTOHEROES Car Polisher Waxing Poles Body Mobil 220V 700W - DWE6401 - Black/Yellow - JakartaNotebook.com
OTOHEROES Car Polisher Waxing Poles Body Mobil 220V 700W - DWE6401 termurah. Dapatkan dengan mudah OTOHEROES Car Polisher Waxing Poles Body Mobil 220V 700W - DWE6401 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Polisher tidak hanya menghilangkan goresan, tetapi juga memberikan kilau yang tahan lama pada cat motor. Ini akan membuat motor terlihat bersinar dan lebih menarik.

4. Aplikasikan Pengkilap Motor

Aplikasikan Pengkilap Motor
Image Source: Louis

Mengaplikasikan pengkilap motor adalah langkah penting dalam merawat dan mempertahankan penampilan motor. Pengkilap motor memberikan kilau yang mempesona pada permukaan cat. Hal ini membuat motor terlihat lebih bersinar dan menarik.

HGKJ Cairan Protective Crystal Coating Liquid Car Polish 20ml - HGKJ-15 - No Color - JakartaNotebook.com
HGKJ Cairan Protective Crystal Coating Liquid Car Polish 20ml - HGKJ-15 termurah. Dapatkan dengan mudah HGKJ Cairan Protective Crystal Coating Liquid Car Polish 20ml - HGKJ-15 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Pengkilap motor biasanya juga mengandung bahan khusus yang membentuk lapisan pelindung di atas cat. Lapisan ini berfungsi sebagai perisai yang melindungi cat motor dari paparan sinar UV, polusi udara, hujan asam, noda burung, dan kotoran.

Tanpa perlindungan yang memadai, cat motor dapat terkena kerusakan dan penuaan yang lebih cepat.

5 . Sering Mengelap Body Motor

Sering Mengelap Body Moto
Image Source: TRO

Selama di perjalanan, body motor akan terpaparan oleh debu dan kotoran. Jika belum ingin mencuci motor, kamu bisa mengelap body motor menggunakan kain yang lembut seperti lap microfiber. Hindari menggunakan kain dengan tekstur yang kasar agar tak membuat body motor tergores atau baret.

Nah, itu dia tadi cara mengkilapkan body motor. Dengan berbagai cara yang mudah dan simple, kamu bisa tetap menjaga penampilan motor agar tampak selalu memukau.