Cara Tepat Mencegah & Mengobati Cacar Monyet (Monkeypox)

Kasus monkeypox atau cacar monyet di Indonesia semakin bertambah. Jangan panik! Mari cari tahu cara mencegah dan menanganinya.

Cara Tepat Mencegah & Mengobati Cacar Monyet (Monkeypox)
Image source: Freepik/stefamerpik

Kasus cacar monyet atau monkeypox kini tengah menghebohkan Indonesia. Update terakhir Senin, 1 November 2023 telah ditemukan 27 kasus, di mana 21 kasus terkonfirmasi di wilayah DKI dan sisanya tersebar di Bandung, Tangerang Selatan, Kota Tangerang, dan Kabupaten Tangerang.

Kabar baiknya, pasien pertama cacar monyet di Indonesia sudah dinyatakan sembuh dan dapat beraktivitas normal. Berbagai tindakan dilakukan oleh pemerintah untuk meminimalisir potensi penyebaran cacar monyet dan masyarakat juga diharapkan bisa berpartisipasi dalam upaya pencegahan penularan.

Lalau bagaimana langkah mencegah dan mengobati cacar monyet?

Cara Mencegah Cacar Monyet

Cara Mencegah Cacar Monyet
Image source: Freepik/freepik

CDC atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit memberikan panduan mencegah penularan dan penyebaran cacar monyet pada setiap individu seperti berikut:

1. Dapatkan vaksinasi

Kementerian Kesehatan Indonesia telah memulai vaksinasi cacar monyet terkhusus di wilayah DKI Jakarta untuk kelompok rentan tertular. Bagi kamu yang termasuk dalam kelompok tersebut disarankan agar segera mendaftarkan diri untuk mendapatkan vaksin. Dapatkan dua dosis vaksin dengan selang waktu 4 minggu.

2. Hindari Kontak Erat

Jika kamu berisiko tetapi belum menerima dua dosis vaksin, untuk sementara waktu hindari berkegiatan di luar rumah. Jangan lakukan kegiatan seperti mencium, memeluk, berpelukan, atau berhubungan seks dengan penderita cacar monyet.

Apabila kamu merasa muncul ruam pada tubuh atau melihat ruam pada tubuh orang lain, pertimbangkan untuk meminimalisir kontak antar kulit. Ruam mungkin dapat muncul di alat kelamin atau area tubuh lain seperti tangan, kaki, dada, wajah, atau mulut. Jangan menyentuhnya. Hindari juga kontak dengan hewan yang terinfeksi (terutama hewan yang sakit atau mati).

3. Hindari Penggunaan Peralatan Bersama

Gunakan barang pribadi, usahakan untuk tidak berbagi peralatan seperti handuk, sikat gigi, pakaian, bantal, atau tempat tidur. Jangan berbagai peralatan makan atau cangkir dengan pasien cacar monyet.

Apabila kamu tinggal bersama dengan pengidap monkeypox, jangan lupa untuk membersihkan dan mendesinfeksi rumah secara berkala.

4. Rajin Mencuci Tangan

Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air, atau gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol, terutama sebelum makan atau menyentuh wajah, dan setelah menggunakan kamar mandi. Mencuci tangan adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi diri kamu, keluarga, dan juga teman dari penyakit.

5. Gunakan Alat Pelindung Diri

Apabila kamu harus merawat orang yang terkena cacar monyet, maka gunakan alat pelindung diri (APD) mulai dari masker yang menutupi mulut dan hidung serta sarung tangan.

Cara Mengobati Cacar Monyet

Cara Mengobati Cacar Monyet
Image source: Freepik/freepik

Ketika berita cacar monyet terkonfirmasi di Indonesia, mulai muncul beberapa pertanyaan seperti, "Apakah cacar monyet dapat disembuhkan dan adakah obat penyembuhnya?".

Melansir dari beberapa sumber, monkeypox biasanya dapat sembuh sendiri atau tanpa pengobatan dengan gejala yang berlangsung antara dua hingga empat minggu. Namun, hingga saat ini belum ada pengobatan spesifik yang diklaim mampu menyembuhkan cacar monyet.

Pasien dengan gejala berat disarankan untuk langsung berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis profesional agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat. Umumnya kamu akan diberi obat khusus untuk cacar dengan dosis tertentu yang disesuaikan dengan kondisi atau keparahannya.

Sementara untuk pasien dengan gejala ringan, infeksi cacar monyet akan berkurang dengan sendirinya dalam kurun waktu empat minggu dengan syarat pasien harus istirahat dengan cukup dan konsumsi vitamin yang mampu merangsang pertumbuhan antibodi. Perawatan dini penting dilakukan untuk membantu mengelola gejala dan menghindari masalah lebih lanjut.

Langkah pengobatan selanjutnya adalah segera lakukan vaksinasi monkeypox untuk mencegah infeksi dalam waktu 4 hari apabila kamu kontak dengan penderita cacar monyet atau 14 hari jika tidak ada gejala. Begitu pula orang dengan risiko tinggi, dianjurkan untuk mendapatkan vaksinasi untuk mencegah terjadinya infeksi.

Kamu juga bisa melakukan beberapa usaha seperti banyak minum air putih untuk menjaga hidrasi tubuh, minum obat antibiotik yang diresepkan oleh dokter untuk mencegah infeksi sekunder pada kulit, minum obat penghilang rasa sakit atau penurun demam untuk mengurangi nyeri dan demam. Terakhir, jangan menggaruk atau memecahkan ruam pada kulit untuk mencegah risiko infeksi dan bekas luka.

Meski cacar monyet atau monkeypox telah masuk ke Indonesia, masyarakat diminta untuk tidak khawatir namun tetap waspada dan berhati-hati. Jika mendapati gejala atau tanda baik pada diri atau orang di sekitar kamu, pastikan untuk segera melapor ke fasilitas kesehatan terdekat agar dapat penanganan dengan tepat.


Cleveland Clinic. Mpox. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/22371-monkeypox

CDC. Mpox. Protect Yourself. https://www.cdc.gov/poxvirus/mpox/prevention/protect-yourself.html

WHO. Mpox (monkeypox). https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/monkeypox