4 Cara Meningkatkan Kreativitas di Usia Dewasa

Beberapa cara meningkatkan kreativitas ini bisa membantun kamu menemukan banyak ide baru ditengah sibuknya pekerjaan.

4 Cara Meningkatkan Kreativitas di Usia Dewasa
Sumber: storyset

Saat masih kecil, terutama saat di taman anak-anak, pasti kamu sering banget diberi tugas yang berhubungan dengan seni. Mulai dari menganyam, menggunting dan menempel, melukis, hingga menari.

Pernah nggak sih kalian bertanya, kenapa kita diberi tugas-tugas ini?

Selain menyesuaikan dengan kurikulum pendidikan anak yang mayoritas berlajar sambil bermain, tugas ini diberikan sebagai salah satu cara meningkatkan kreativitas.

Apa Pentingnya Kreativitas?

Hal ini karena tugas-tugas ini dapat mendukung rasa ingin tahu anak dengan cara yang menyenangkan. Selama mengerjakan tugas, anak akan menemukan berbagai hal baru yang membuat mereka berkembang.

Kegiatan kreatif ini juga mendorong imajinasi dan mengasah logika. Selain itu, konsentrasi, kemampuan komunikasi, konsentrasi, serta kepercayaan diri juga ikut diasah.

Penyebab Kreativitas Menurun Saat Dewasa

Saat dewasa, mungkin terkadang kamu merasa bahwa kemampuan kreativitas kamu berkurang yang disebabkan berbagai hal.

Mulai dari berubahnya selera atau ketertarikan, kesibukan, orientasi tugas, hingga lingkungan yang tidak lagi mendukung orang dewasa melakukan hal kreatif.

Sebenarnya, nggak ada yang salah dengan perubahan pola hidup dan selera saat menjadi orang dewasa. Dulu bisa aja kamu selalu memesan es krim setiap kali pergi ke mall, tapi sekarang daftar menu kopi terbaik lah yang memenuhi pikiran kamu.

Cara Meningkatkan Kreativitas di Usia Dewasa

Pada dasarnya, manusia memang selalu berubah untuk beradaptasi dan sesuai pada lingkungan sekitar.

Meski normal terjadi mungkin bagi hal ini menimbulkan perntanyaan baru bagi banyak orang. Bagaimana orang dewasa yang menulis novel, komik, atau animasi mempertahankan kreativitasnya?

Jika kamu merasa sudah lama tidak mengasah sisi kreatif, beriku beberapa cara meningkatkan kreativitas yang bisa kamu lakukan untuk membangkitkan imajinasi di usia dewasa.

1. Luangkan Waktu

Langkah yang paling utama dan mungkin paling sulit di usia dewasa ini adalah meluangkan waktu untuk mengisi dengan dengan kegiatan kreatif.

Padatnya aktivitas dan banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan membuat kamu tidak punya waktu untuk membaca beberapa lembar buku atau sekedar berjalan santai di sekitar rumah.

TXL Jam Alarm Digital LCD Modern Desk Clock Adjustable Mode - LW2219 - White - JakartaNotebook.com
TXL Jam Alarm Digital LCD Modern Desk Clock Adjustable Mode - LW2219 termurah. Dapatkan dengan mudah TXL Jam Alarm Digital LCD Modern Desk Clock Adjustable Mode - LW2219 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Agar kreativitas terasah, tentukan waktu dan buatlah jadwal agar kamu bisa melakukan berbagai kegiatan kreatif secara fokus dan konsisten.

2. Keluar dari Rutinitas

Memiliki rutinitas yang sama setiap hari dapat membuat kamu merasa bosan dan menghambat kemampuan kreativitas kamu.

Ubah kebiasaan ini dengan selalu coba untuk melakukan hal baru setiap hari. Mulailah dari hal sederhana, seperti menggunakan transportasi umum berbeda, memilih menu makanan baru, mengganti playlist yang didengarkan, atau berolahraga keluar rumah sambil memperhatikan lingkungan sekitar.

LENTHIMEN Jaket Olahraga Quick-dry Windbreaker XXL - WY-01 - Black - JakartaNotebook.com
LENTHIMEN Jaket Olahraga Quick-dry Windbreaker XXL - WY-01 termurah. Dapatkan dengan mudah LENTHIMEN Jaket Olahraga Quick-dry Windbreaker XXL - WY-01 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Perubahan yang sederhan ini akan melahirkan banyak inspirasi baru untuk mendukung kegiatan kreatif kamu.

3. Mengikuti topik Favorit di Media Sosial

Cara meningkatkan kreativitas yang paling mudah adalah mmebuat media sosial dan mengikuti orang atau topik favorit.

Saat ini sepertinya hampir mustahil bagi orang dewasa, terutama milenial dan Gen Z untuk nggak punya akun media sosial. Kamu bisa mulai mengisinya dengan hal-hal yang kamu suka seperti fotografi, quotes, tanaman, hewan peliharaan, dan banyak lainnya.

Mengelilingi diri dengan hal-hal yang disuka membuat kamu bisa lebih bebas berekspresi. Cara ini juga dapat memperluas koneksi dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan serupa.

4. Ikuti Pameran atau Kelas

Mengunjungi tempat berkumpulnya berbagai karya, seperti pameran dan bazaar bisa jadi cara meningkatkan kreativitas paling mudah.

Cara ini dapat membantu kamu menemukan ketertarikan dan memberikan suasana baru, serta membuat kamu dikelilingi berbagai sumber ide-ide baru.

Selain itu kamu juga bisa mengikuti berbagai kelas yang dapat mengasah kreatvitas seperti kelas kerajinan keramik, kelas membuat parfum, atau kelas-kelas pemula lainnya.

Tlevino Pena Warna Drawing Pen Fine Point Art Watercolor 0.4mm 48 Color - TV4 - Multi-Color - JakartaNotebook.com
Tlevino Pena Warna Drawing Pen Fine Point Art Watercolor 0.4mm 48 Color - TV4 termurah. Dapatkan dengan mudah Tlevino Pena Warna Drawing Pen Fine Point Art Watercolor 0.4mm 48 Color - TV4 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Kedua aktivitas ini tidak hanya menyuguhkan banyak ide baru, tapi juga mjembuat kamu bisa melihat satu hal dari banyak prespektif.

Mengakui bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini tidak dapat berdiri sendiri adalah cara penting lainnya, kelilingi diri kamu dengan inspirasi, karena nothing is original.

Menjadi kreatif, seperti yang dikatakan Steve Jobs, pada dasarnya adalah kemampuan untuk menghubungkan satu hal dengan hal lainnya.

Terus mencoba dan terbiasa akan kegagalan menjadi hal penting yang harus kamu ingat. Selalu konsisten pada setiap proses yang dilakukan dan jangan lupa untuk beristirahat.

Beristirahat dan berhenti sejenak untuk mengistirahatkan otak juga cara mengasah kreativitas yang banyak dilupakan.