8 Cara Menyimpan Daging Sapi di Kulkas, Jangan Dicuci!

Dengan mengikuti cara menyimpan daging sapi di kulkas yang benar berikut, kamu bisa mencegah kontaminasi dan menjaga kualitasnya dalam waktu lama.

8 Cara Menyimpan Daging Sapi di Kulkas, Jangan Dicuci!
Image Source: Freepik

Apakah kamu meat lover yang senang menstok daging sapi? Salah satu cara agar stok daging tetap segar dan awet adalah tentu saja dengan menyimpannya di dalam kulkas. Namun, menyimpan daging sapi di kulkas juga tidak bisa sembarangan begitu saja, lho.

Menyimpan daging sapi di kulkas dengan benar adalah langkah penting untuk menjaga keamanan dan keawetan daging. Dengan langkah yang tepat, kamu dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang bisa menyebabkan keracunan makanan.

Daging sapi yang disimpan dengan baik juga akan tetap terasa empuk saat dimasak sehingga hasil masakan pun memuaskan. Selain itu, kamu bisa lebih menghemat pengeluaran karena daging sapi akan tetap segar dalam waktu yang lebih lama.

Cara Menyimpan Daging Sapi di Kulkas

Walaupun tersimpan di dalam kulkas, daging sapi tidak boleh begitu saja dibiarkan berceceran di dalam lemari pendingin. Untuk menjaga keawetan daging sapi, kamu bisa mengikuti cara menyimpan daging sapi di kulkas agar tetap segar berikut ini.

1. Jangan Mencuci Daging

Jangan Mencuci Daging
Image Source: T2Conline

Mencuci daging sapi sebelum menyimpannya tidaklah dianjurkan. Pasalnya mencuci daging dapat menimbulkan bakteri baru penyebab makanan busuk. Jika kondisi daging basah sebelum dibekukan atau disimpan di dalam freezer, hal ini bisa meningkatkan risiko freezer burn, yaitu pembentukan kristal es yang bisa merusak kualitas daging (dehidrasi dan oksidasi makanan). Sebaiknya, cuci daging hanya saat akan dimasak.

2. Potong Daging Sapi

Potong Daging Sapi
Image Source: Cutco

Tahukah kamu? Sering memindahkan daging pada suhu yang berbeda dapat merusak kualitasnya. Untuk mengatasinya, potonglah daging menjadi bagian-bagian kecil sebelum disimpan agar nantinya kamu bisa mengambil sesuai jumlah dibutuhkan tanpa harus mengeluarkan sisanya. Selain itu, memotong daging dengan pisau daging juga meningkatkan fleksibilitas dalam memasak jumlah sesuai dengan kebutuhan.

3. Segera Masukkan ke Kulkas

Segera Masukkan ke Kulkas
Image Source: Taste of Home

Jangan biarkan daging sapi mentah berada terlalu lama di suhu ruangan sebelum memasukkannya ke dalam kulkas. Hal ini dapat menurunkan kualitasnya sehingga kurang lezat saat dimasak. Upayakan untuk segera menyimpan daging sapi dalam waktu 1–2 jam. Pastikan daging disimpan di bagian kulkas yang paling dingin, seperti bagian bawah, jauh dari produk lainnya untuk mencegah kontaminasi silang.

4. Bungkus dengan Benar

Bungkus dengan Benar
Image Source: depositphotos

Jika kamu mengemas daging sapi menggunakan plastik vacuum makanan, biarkan daging tetap dalam kemasannya sampai kamu ingin memasaknya. Menyimpan daging dalam plastik vacuum makanan dapat memperpanjang umur simpan daging. Nah, jika kamu menyimpan daging sapi di luar kemasan, letakkan daging di atas piring dan bungkus dengan plastik untuk mencegah kelembapan berlebih dan kontaminasi. Pastikan untuk membungkusnya dengan rapat untuk menghindari freezer burn.

TFALO Mesin Vacuum Sealer Makanan Automatic Air Sealing Dual Mode - FK-7912 - White - JakartaNotebook.com
TFALO Mesin Vacuum Sealer Makanan Automatic Air Sealing Dual Mode - FK-7912 termurah. Dapatkan dengan mudah TFALO Mesin Vacuum Sealer Makanan Automatic Air Sealing Dual Mode - FK-7912 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

5. Beri Tanggal Penyimpanan

Beri Tanggal Penyimpanan
Image Source: dansellvs

Sebelum menyimpannya, penting untuk mencatat tanggal pembelian atau tanggal kadaluwarsa pada daging sapi yang disimpan, terutama jika Anda membekukannya. Cara menyimpan daging di kulkas ini bisa membantu kamu mengawasi umur simpan dan memastikan bahan makanan digunakan sebelum melewati batas penyimpanan. Kamu bisa memberikan label yang telah ditulis tanggal di bagian luar kemasan.

6. Jangan Bekukan Kembali

Cara Menyimpan Daging Sapi di Kulkas
Image Source: Freepik

Jika ingin membekukan daging sapi, pastikan untuk menggunakan seluruh bagiannya setelah mengeluarkannya dari kulkas atau suhunya diturunkan. Membekukan kembali daging sapi yang sudah dikeluarkan dapat mengurangi kualitasnya dan meningkatkan risiko kontaminasi bakteri. Jika ingin menyimpan sisa daging, disarankan untuk menyimpannya dalam kulkas dan segera konsumsi sesegera mungkin.

7. Jaga Kebersihan Kulkas

Jaga Kebersihan Kulkas
Image Source: freeiplmk

Pastikan kulkas tetap bersih dan teratur untuk mencegah kontaminasi silang. Pastikan kulkas dalam kondisi kering sebelum menyimpan daging untuk mencegah tumbuhnya bakteri. Segera bersihkan tumpahan atau bercak yang ada di dalam kulkas, terutama di area tempat daging disimpan. Kamu bisa menggunakan kulkas sterilizer untuk menghilangkan bau tidak sedap pada kulkas.

8. Atur Suhu Kulkas

Atur Suhu Kulkas
Image Source: choice.com

Menjaga suhu kulkas yang tepat adalah salah satu langkah penting dalam menyimpan daging sapi. Pastikan suhu kulkas selalu berada di bawah 5 °C untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang berbahaya pada daging mentah. Suhu yang terlalu tinggi dapat mempercepat pembusukan daging. Jika daging sapi tidak akan dimasak dalam waktu dekat, sebaiknya simpan di dalam freezer hingga beku dengan suhu -18 °C.

TaffHOME Toples Wadah Makanan Food Storage Container 700 ml - YF0086 - Transparent - JakartaNotebook.com
TaffHOME Toples Wadah Makanan Food Storage Container 700 ml - YF0086 termurah. Dapatkan dengan mudah TaffHOME Toples Wadah Makanan Food Storage Container 700 ml - YF0086 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Umur Simpan Daging Sapi di Kulkas

Umur Simpan Daging Sapi di Kulkas
Image Source: Freepik

Potongan daging sapi yang berbeda memiliki masa simpan yang berbeda pula di dalam kulkas. Simak informasi tentang umur daging berikut ini agar membantu kamu merencanakan durasi simpan dan jadwal memasak daging sapi dengan tepat.

  • Daging cincang, steak tipis, dan potongan dadu biasanya bisa bertahan hingga 2 hari.
  • Steak dan daging panggang bertulang biasanya bisa bertahan 2–3 hari.
  • Daging panggang (tulang dalam) bisa bertahan 3–4 hari.
  • Daging kornet segar bisa bertahan hingga 1 minggu.
  • Daging sapi yang dikemas dalam plastik vacuum makanan bisa bertahan hingga 6 minggu jika belum dibuka.

Sementara itu, di dalam freezer, daging sapi bisa disimpan lebih lama dengan suhu di bawah -18°C.

  • Steak dan daging panggang bisa bertahan hingga 6 bulan di freezer.
  • Steak sapi yang lebih tipis bisa bertahan hingga 4 bulan.
  • Daging cincang atau daging sapi giling bisa bertahan hingga 3 bulan di freezer.

Itulah deretan cara menyimpan daging sapi di kulkas yang tepat. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kamu dapat menyimpan daging sapi dengan benar sehingga daging pun bisa lebih tahan lama dan tetap segar saat akan dimasak.