5 Cara Merapikan Kabel Anti Ribet

Bermasalah dengan kabel yang berantakan? Tak perlu khawatir. Yuk, simak cara merapikan kabel anti ribet berikut!

5 Cara Merapikan Kabel Anti Ribet
Image Source: freepik.com

Kelistrikan merupakan hal yang sangat dekat dengan kita. Tentunya Anda pasti memiliki peralatan elektronik di rumah yang menggunakan kabel. Ketika Anda memiliki elektronik dengan jumlah yang banyak tentunya kabel-kabel akan sangat mengganggu.

Selain kurang enak dipandang, kabel yang dibiarkan berantakan bisa memicu terjadinya konsleting atau arus pendek listrik, lho! Oleh karenanya Anda harus merapikan kabel agar aman dan tidak mengganggu keluarga atau tamu yang berkunjung.

Manfaat Merapikan Kabel

Semakin banyaknya alat listrik tentu membuat jumlah kabel yang berantakan harus diurus. Meski memakan banyak waktu dan tenaga, ternyata merapikan kabel punya beberapa manfaat, diantaranya:

  1. Ruangan terlihat rapi dan indah
  2. Menjaga kondisi kabel agar tidak mudah rusak
  3. Memudahkan mendeteksi kerusakan
  4. Mecegah konsleting atau arus pendek listrik

5 Cara Merapikan Kabel Super Gampang

Setelah mangetahui manfaatnya tentu Anda sudah tidak malas merapikan kabel, bukan? Kini tak perlu lagi berlama-lama berkutat dengan kabel, karena Anda bisa menggunakan beberapa cara merapikan kabel super gampang ala JakartaNotebook berikut:

1. Gunakan Kabel Ties

Gunakan Kabel Ties
Image Source: jakartanotebook.com

Saat memutuskan untuk merapikan kabel elektronik tentunya Anda membutuhkan beberapa alat bantu. Salah satu alat yang banyak digunakan untuk mengatasi masalah kabel berantakan adalah kabel ties.

Kabel ties merupakan alat yang terbuat dari plastik yang berfungsi untuk mengikat kabel atau instrumen kelistrikan lainnya. Penggunaannya yang mudah serta harganya yang terjangkau membuat alat ini sangat umum dipakai.

Berbeda dari pengikat biasa, kabel ties terdiri dari pita bergerigi dan pawl pada bagian ujung. Bentuk yang unik membuat alat ini tidak dapat diurai setelah digunakan.

2. Lebih Praktis dengan Velcro

Lebih Praktis dengan Velcro
Image Source: jakartanotebook.com

Velcro bisa jadi pilihan yang tepat jika Anda kurang cocok dengan alat sebelumnya. Velcro umumnya digunakan sebagai perekat pada pakaian. Namun, saat ini sudah banyak merk aksesoris gadget yang memakai alat ini untuk merapikan kabel.

Velcro lebih fleksibel jika dibandingkan dengan kabel ties karena bisa dilepas pasang sehingga memudahkan Anda yang menggunakan alat elektronik dengan kabel sebagai daily driver. Alat ini tersedia dalam berbagai model yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, salah satunya Velcro Strap.

3. Simpan Dalam Tempat Khusus

Simpan Dalam Tempat Khusus
Image Source: jakartanotebook.com

Jika Anda ingin ruangan terkesan rapi dan bebas dari juntaian kabel, tak ada salahnya menyediakan sedikit ruang tambahan untuk menyimpan kabel di tempat khusus seperti kotak organizer kabel.

Kotak penyimpanan ini didesain khusus yang dapat menyimpan berbagai jenis kabel serta dilengkapi lubang sehingga Anda tetap bisa menggunakan alat elektronik dengan nyaman.

Kotak ini juga dibuat menggunakan material berkualitas sehingga tidak mudah pecah atau meleleh.

4. Beri Label Sesuai Fungsi

Beri Label Sesuai Fungsi
Image Source: Unsplash

Hal yang paling sulit saat menghadapi gulungan kabel adalah menemukan kabel yang sesuai. Banyaknya kabel yang saling membelit membuat Anda harus bekerja ekstra untuk mengurai kabel.

Untuk mencegah hal ini Anda bisa memberikan label sesuai fungsi pada tiap kabel yang ada di stopkontak atau terhubung dengan perangkat. Walau terlihat simpel, cara ini cukup efektif jika Anda tergesa-gesa menggunakan kabel.

5. Kreasikan Menjadi Dekorasi Dinding

Kreasikan Menjadi Dekorasi Dinding
Image Source: Pexels

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk merapikan kabel dan membuat ruangan terlihat estetik adalah mengreasikannya menjadi dekorasi dinding.

Cara ini memang membutuhkan lebih banyak usaha dan kreativitas, tapi Anda bisa menghasilkan berbagai bentuk yang sesuai dengan karakter dan selera. Alat yang dibutuhkan juga sangat simpel, cukup rekatkan kabel pada tembok dengan paku klem.

***

Demikianlah beberapa cara merapikan kabel anti ribet yang bisa jadi inspirasi. Selain aksesoris kabel, Anda juga juga juga bis menemukan berbagai kebuituhan elektronik lainnya, seperti aksesoris USB, CCTV, hingga pendingin ruangan dengan harga murah serta kualitas terbaik hanya di JakartaNotebook.