Cara Nonton MotoGP Mandalika 2024, Siap Berangkat!

I wonder if you know
How they live in Tokyo
If you seen it, then you mean it
Fast and furious (drift, drift, drift)

Mendengar kata Pertamina Mandalika International Street Circuit, atau yang biasa dikenal sebagai sirkuit Mandalika, lagu Tokyo Drift milik Teriyaki Boyz yang menjadi official soundtrack dari film Fast and Furious mungkin terlintas di benak kamu.

Terletak di Kuta Lombok, Nusa Tenggara Barat, sirkuit Mandalika dikelilingi dengan bukit-bukit hijau dan tepi pantai yang indah, sehingga menjadikannya sebagai area balap sekaligus destinasi yang menarik banyak wisatawan.

Terlebih sirkuit ini memiliki kapasitas penonton mencapai 60.000 orang di tribun, dan total sekitar 150.000 penonton jika memasukkan area standing di sekitar sirkuit.

Pembangunan sirkuit Mandalika sendiri dimulai dari tahun 2019 dan selesai dibangun pada 2021 ini dirancang untuk menyelenggarakan ajang balap kelas dunia, seperti MotoGP dan World Superbike (WSBK).

Salah satu ajang balap bergengsi, yaitu MotoGP 2024 akan kembali diadakan pada 27 - 28 - 29 September 2024 di sirkuit Mandalika. JakartaNotebook telah merangkum panduan lengkap nonton MotoGP Mandalika 2024, mulai dari pembelian tiket hingga tips untuk menikmati acara secara maksimal!

Cara Nonton MotoGP Mandalika 2024

Image Source: Wikipedia

Setelah sukses dengan edisi sebelumnya, Indonesia kembali berkesempatan menjadi tuan rumah MotoGP yang akan menghadirkan berbagai pembalap dunia, seperti Luca Marini, Jack Miller, Pecco Bagnaia dan masih banyak lagi.

SHOPRIME Tas Motor Touring Samping Anti Air Side Saddle Bag - SH58L - Black - JakartaNotebook.com
SHOPRIME Tas Motor Touring Samping Anti Air Side Saddle Bag - SH58L termurah. Dapatkan dengan mudah SHOPRIME Tas Motor Touring Samping Anti Air Side Saddle Bag - SH58L murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

1. Pahami Jadwal MotoGP 2024

Image Source: motogpmandalika

Langkah pertama untuk nonton MotoGP 2024 di sirkuit Mandalika adalah mengetahui jadwal balapan. MotoGP Mandalika 2024 akan berlangsung pada bulan September, dari tanggal 27–29 selama 3 hari, mulai dari sesi latihan bebas, kualifikasi, hingga balapan utama di hari Minggu.

Selain balapan utama kelas MotoGP, ada juga balapan pendukung seperti Moto2 dan Moto3 yang tidak kalah seru untuk disaksikan. Pastikan untuk mengatur jadwal dengan baik agar tidak melewatkan sesi-sesi penting.

Untuk memastikan kamu tidak ketinggalan, kunjungi situs resmi MotoGP atau pantau media sosial penyelenggara guna mengetahui update terkini, serta mengantisipasi perubahan yang terjadi.

2. Membeli Tiket MotoGP 2024

Image Source: motogpmandalika

Pembelian tiket adalah langkah berikut yang bisa kamu lakukan. Tiket MotoGP Mandalika 2024 bisa dibeli melalui situs resmi MotoGP di motogpmandalika.com atau platform penjualan tiket yang terpercaya.

Tiket biasanya dibagi dalam beberapa kategori berdasarkan lokasi tempat duduk, fasilitas, dan aksesibilitas. Tiket MotoGP 2024 di sirkuit Mandalika menyediakan Festival - General Admission, Regular Grandstand (zona C, D, E, F, G, H, I), Premium Grandstand (zona A, B, J, K), dan VIP.

Pastikan kamu memilih tiket sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pribadi Berikut beberapa perbedaan keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari tiket yang dipilih:

  • Festival - General Admission

Tiket ini memberikan akses ke area terbuka dengan pemandangan lintasan yang ditentukan, tetapi tidak memiliki akses pada Grandstand apa pun. Namun, tiket ini lebih terjangkau, dan kamu perlu datang lebih awal untuk mendapatkan posisi terbaik.

  • Grandstand

Kategori ini menawarkan tempat duduk di tribun dengan pemandangan yang lebih baik dan fasilitas lebih nyaman. Lokasinya biasanya dekat tikungan strategis di sirkuit sesuai dengan zona yang ditentukan, dengan Regular Grandstand yang terbuka dan Premium Grandstand yang tertutup.

  • VIP

Jika kamu ingin merasakan pengalaman nonton yang mewah, VIP adalah pilihan yang tepat. Dengan tiket ini, kamu mendapatkan akses selama 3 hari dan area eksklusif dengan fasilitas seperti makanan dan minuman, serta kesempatan untuk bertemu dengan pembalap saat melakukan sesi Pitline Walk.

V-SMART Sarung Penutup Cover Pelindung Motor Bahan Polietilene L 120x230cm - CV330 - No Color - JakartaNotebook.com
V-SMART Sarung Penutup Cover Pelindung Motor Bahan Polietilene L 120x230cm - CV330 termurah. Dapatkan dengan mudah V-SMART Sarung Penutup Cover Pelindung Motor Bahan Polietilene L 120x230cm - CV330 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

3. Tentukan Transportasi Menuju Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sebaiknya, atur transportasi lebih awal untuk menghindari lonjakan harga dan keterbatasan ketersediaan kendaraan selama periode balapan.

Untuk menuju ke sana, ada beberapa pilihan transportasi yang bisa kamu pilih:

  • Pesawat

Bandara Internasional Lombok (LOP) adalah pintu masuk utama bagi pengunjung dari luar pulau. Banyak penerbangan domestik dan internasional yang melayani rute menuju Lombok. Dari bandara, sirkuit berjarak sekitar 40 menit berkendara.

  • Transportasi Darat

Setelah tiba di Lombok, kamu bisa menggunakan taksi, sewa mobil, atau ojek online untuk menuju sirkuit. Selain itu, banyak penyedia jasa transportasi lokal atau jasa paket perjalanan yang menawarkan paket antar-jemput ke sirkuit Mandalika selama acara berlangsung.

  • Feri

Jika kamu datang dari Bali, kamu bisa memilih perjalanan via feri. Perjalanan ini membutuhkan waktu beberapa jam, dan merupakan pilihan yang lebih murah dibandingkan pesawat.

4. Akomodasi di Lombok Selama MotoGP 2024

Selama di sana, kamu wajib mempertimbangkan untuk menginap di mana. Lombok adalah destinasi wisata yang populer, sehingga tersedia banyak pilihan akomodasi, mulai dari hotel bintang lima hingga homestay yang lebih ramah anggaran.

Beberapa area yang bisa kamu pilih untuk menginap seperti Mataram sebagai Ibu kota Lombok yang memiliki banyak hotel, Kuta Mandalika yang dekat dengan sirkuit dan memiliki banyak pilihan hotel dan vila, atau Senggigi yang terletak sedikit lebih jauh dari sirkuit Mandalika, tapi menawarkan pemandangan pantai yang indah dan suasana lebih tenang.

Persiapan Sebelum Menghadiri MotoGP 2024

Image Source: Wikipedia

Sebelum berangkat ke sirkuit, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar pengalaman nonton MotoGP di sirkuit Mandalika 2024 kamu berjalan lancar:

  1. Jangan lupa membawa tiket fisik atau e-ticket, serta kartu identitas yang mungkin diperlukan untuk verifikasi.
  2. Sirkuit Mandalika berada di area terbuka, jadi bawalah perlengkapan seperti topi, kacamata hitam, sunblock, dan payung untuk melindungi diri dari panas. Selain itu, bawa botol minum untuk tetap terhidrasi.
  3. Kenakan pakaian yang nyaman, terutama jika kamu duduk di area luas, seperti General Admission yang membutuhkan berjalan kaki jauh. Sepatu yang nyaman juga penting karena area sirkuit cukup besar.
  4. Meskipun sebagian besar penjual menerima pembayaran elektronik atau QRIS, ada baiknya membawa uang tunai untuk berjaga-jaga selama melakukan perjalanan.
Rhinowalk Tas Ransel Motor Touring Back Seat Tail Storage Bag 20L 20L - MT21620 - Black - JakartaNotebook.com
Rhinowalk Tas Ransel Motor Touring Back Seat Tail Storage Bag 20L 20L - MT21620 termurah. Dapatkan dengan mudah Rhinowalk Tas Ransel Motor Touring Back Seat Tail Storage Bag 20L 20L - MT21620 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Tips Nonton MotoGP Mandalika 2024

Agar pengalaman menonton MotoGP Mandalika 2024 semakin seru, berikut beberapa tips tambahan yang bisa kamu ikuti, diantaranya:

1. Datang Lebih Awal

Selama periode balapan, kemacetan bisa terjadi, terutama di sekitar sirkuit. Pastikan kamu memperhitungkan waktu tempuh dengan baik agar tidak terlambat ke balapan.

Tentunya karena antusiasme penggemar MotoGP di Indonesia sangat besar, jadi datanglah lebih awal agar dapat parkir dengan mudah dan untuk mendapatkan tempat atau spot terbaik, terutama jika kamu memegang tiket General Admission atau Festival.

2. Ikuti Aturan dan Protokol yang Berlaku

Patuhi aturan yang diberlakukan oleh penyelenggara terkait keamanan dan keselamatan. MotoGP biasanya memiliki protokol ketat terkait barang yang boleh dibawa masuk ke dalam sirkuit. Kamu juga bisa mengetahui peraturan lebih lengkah dengan mengunjungi situs resmi MotoGP 2024 di motogpmandalika.com.

3. Perhatikan Kesehatan

Pastikan untuk mengisi perut dan tetap terhidrasi dengan membawa botol air minum yang bisa diisi ulang, terutama di cuaca panas untuk menghindari rasa pusing atau bahkan pingsan. Kamu juga bisa membawa obat-obatan pribadi dan menyimpannya di dalam kotak obat jika dibutuhkan.

MotoGP Mandalika 2024 tidak boleh dilewatkan, terutama bagi kamu pecinta balap motor. Pastikan untuk mempersiapkan segala keperluan mulai dari tiket, transportasi, akomodasi, aturan yang berlaku, hingga perlengkapan pribadi agar kamu bisa menikmati MotoGP dengan nyaman dan aman.

JakartaNotebook punya berbagai rekomendasi perlengkapan hobby terbaik, seperti aksesori motor seperti charger aki motor, braket hp motor, hingga tas touring yang bisa kamu dapatkan dengan kualitas dan harga promo terbaik!