Cara Pasang Bracket TV Sendiri dengan Mudah dan Aman

Pemasangan bracket TV adalah proses yang relatif sederhana tetapi memerlukan kehati-hatian. Berikut panduan umum cara pasang bracket TV.

Cara Pasang Bracket TV Sendiri dengan Mudah dan Aman
Image source: Freepik/freepik

Ada banyak cara menempatkan TV dan salah satunya dengan menggantungnya di dinding. Penempatan TV di dinding mengatasi keterbatasan ruangan, menciptakan tampilan yang bersih, dan meningkatkan pengalaman menonton.

Untuk dapat memasang TV di dinding kamu membutuhkan peralatan bernama bracket TV. Namun, pemasangan bracket TV tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Mengapa? Hal ini untuk memastikan TV terpasang dengan baik dan aman.

Apabila kamu memutuskan untuk memasang bracket TV, maka bisa ikuti langkah-langkah cara pasang bracket TV dengan mudah dan aman seperti berikut ini.

Cara Pasang Bracket TV dengan Aman

cara pasang bracket TV
Image Source: Freepik/plpchirawong

Jika melihat restoran dengan monitor yang terpasang di dinding atau pilar, rasanya pasti nyaman dilihat. Kamu juga bisa mendapatkan sudut tampilan yang nyaman dengan mengikuti cara pasang bracket TV berikut ini.

1. Persiapkan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Cara pasang bracket TV yang utama adalah menyiapkan beberapa alat antara lain bor listrik, obeng, meteran, kunci inggris, palu, dan pensil. Setelahnya, siapkan juga bracket yang sesuai dengan ukuran dan berat TV, sekrup, baut, dan perangkat keras yang disertakan dalam pembelian bracket.

2. Tentukan Posisi Pemasangan

Langkah selanjutnya adalah menentukan lokasi dinding mana yang akan kamu pasang TV. Pastikan dinding dalam kondisi kuat, tidak terdapat kabel listrik yang tertanam, atau pipa air. Selain itu, perhatikan juga titik pemasangan dekat dengan stop kontak yang dibutuhkan untuk menyambung kabel.

Apabila dinding rumah kamu terbuat dari gypsum, pastikan bagian belakang gypsum terdapat tiang penyangga seperti baja ringan atau kayu agar dinding dapat menahan beban TV lebih kuat.

3. Tandai Posisi Pemasangan

Setelah mengetahui lokasi dinding, kamu bisa menentukan ketinggian pemasangan, agar bracket tidak dipasang terlalu tinggi atau terlalu rendah sehingga nyaman untuk kamu menonton.

Setelah menemukan ketinggian yang tepat, beri tanda pada dinding menggunakan pensil atau pulpen. Buat empat lubang di dinding sesuai dengan lubang di bagian bracket

4. Bor Lubang Pemasangan

Gunakan bor listrik dengan mata bor yang sesuai untuk membuat lubang di dinding sesuai tanda yang telah dibuat. Pastikan lubang-lubang ini cukup dalam dan sesuai dengan ukuran baut atau sekrup yang digunakan.

5. Masukkan Sekrup Fischer

Pasang sekrup fischer ke lubang yang telah dibuat, lalu pasang piringan bracket dan kencangkan baut menggunakan obeng. Kamu harus memastikan bracket tidak bergoyang dan terpasang dengan kuat.

Taffware Bracket TV Telescopic VESA 100 x 100 for 10-32 Inch TV - HY-210 - Black - JakartaNotebook.com
Taffware Bracket TV Telescopic VESA 100 x 100 for 10-32 Inch TV - HY-210 termurah. Dapatkan dengan mudah Taffware Bracket TV Telescopic VESA 100 x 100 for 10-32 Inch TV - HY-210 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

6. Memasang Tiang Bracket

Usai piringan bracket terpasang dengan kuat, lanjutkan langkah pemasangan dengan menempatkan dua tiang ke lubang di belakang TV. Perhatikan apakah tiang terpasang secara sejajar dengan lubang TV (VESA mount), lalu kencangkan menggunakan obeng.

DN Bracket TV 360 Rotating Hanger VESA 400 x 400 for 26-55 Inch TV - DN04 - Black - JakartaNotebook.com
DN Bracket TV 360 Rotating Hanger VESA 400 x 400 for 26-55 Inch TV - DN04 termurah. Dapatkan dengan mudah DN Bracket TV 360 Rotating Hanger VESA 400 x 400 for 26-55 Inch TV - DN04 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

7. Pasang TV

Sangkutkan tiang bracket yang telah terpasang di TV ke piringan bracket di dinding. Perhatikan posisi TV apakah dalam kondisi miring atau tidak, kemudian kencangkan baut di bagian bawah tiang bracket untuk memastikan TV tidak goyang dan terjatuh.

Bracket TV Table Mount Dual Arm VESA 100 x 100 for 17-27 Inch TV - NB-F160 - Black - JakartaNotebook.com
Bracket TV Table Mount Dual Arm VESA 100 x 100 for 17-27 Inch TV - NB-F160 termurah. Dapatkan dengan mudah Bracket TV Table Mount Dual Arm VESA 100 x 100 for 17-27 Inch TV - NB-F160 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

8. Koneksi Kabel

Sambungkan semua kabel yang diperlukan ke TV, seperti kabel HDMI, kabel listrik, dan kabel antena. Rapikan kabel-kabel dengan baik agar tidak berantakan, jika perlu gunakan kabel ties untuk mengikat kabel.

9. Uji Coba dan Penyesuaian

Sambungkan daya ke TV dan nyalakan. Pastikan semua fungsi berjalan dengan baik. Kini kamu bisa menikmati menonton TV dengan santai yang telah terpasang di dinding.

Itu dia cara pasang bracket TV di dinding dengan aman. Hindari menggunakan bracket yang tidak sesuai ukuran TV. Carilah bracket yang terjamin kualitasnya. Jangan sungkan untuk meminta bantuan teman atau anggota keluarga untuk memasang bracket agar lebih mudah.

Kamu yang sedang mencari bracket TV kualitas tapi dengan harga bersahabat bisa mendapatkannya di JakartaNotebook. Tidak hanya bracket pemasangan dinding, kamu juga bisa menemukan bracket untuk di langit-langit atau plafon rumah dan juga meja.